Wisata Non-Pantai di Wisata Lombok



Wisata Lombok dikenal dengan pantainya yang indah tiada tara. Ombaknya tidak terlalu besar, biru lautnya memikat mata, pasir pantainya putih bersih, hingga keindahan alam bawah lautnya yang menyejukkan mata. Tempat wisata seperti Gili Trawangan, Gili Air, Gili Nanggu, Gili Meno, dan pantai Senggi, adalah sedikit dari wisata bahari yang mengundang decak kagum pengunjung. Bukan hanya pengunjung lokal, pengunjung mancanegara pun banyak yang mengakuinya.

Selain wisata bahari, wisata Lombok memiliki tempat wisata baik yang berupa gunung, bukit, taman, dan lainnya. Panduanwisata.net akan memandu Anda menuju tempat-tempat wisata Lombok yang tidak kalah menarik dengan pantai-pantainya. Dijamin Anda tidak akan kecewa.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile (foto:yukpergi.com)

Air Terjun Sendang Gile adalah wisata Lombok bukan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang cukup besar. Uniknya, air terjun ini seperti memiliki beberapa anak air terjun dengan air terjun utama di bagian tengahnya. Bagian bawah air terjun yang berupa kolam, sering digunakan pengunjung untuk mandi atau sekedar bermain-main air. Sebagaimana khasnya udara pegunungan, suasana di air terjun Sendang Gile juga sangat sejuk dan nyaman.

Air Terjun Sendang Gile terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di desa Senaru, kecamatan Bayan, Lombok Utara. Jalur terdekat menuju air terjun ini adalah melewati jalur Pusuk. Di pusuk juga terdapat beberapa daerah wisata yang memiliki ciri khas monyet-monyet kecil yang berkeliaran. Dari pintu gerbang, menuju air terjun dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan berjalan kaki. Air terjun ini belum banyak dikunjungi wisatawan dari luar, jadi suananya masih sangat alami.

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok adalah sebuah taman yang memiliki nilai wisata cukup tinggi di Lombok. Dari sisi fasilitas, Taman Narmada memilikinya dengan lengkap mulai dari taman itu sendiri, kolam, fasilitas tempat duduk, parkir, dan yang menarik adalah beberapa mata air indah yang sumbernya langsung dari Gunung Rinjani. Taman Narmada dikenal sangat nyaman dan tenang dengan beragam pohon yang ditata rapi. Selain itu, Taman Narmada juga dikenal memiliki sejarah yang lekat dengan kerajaan Karangasem, Bali.

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok (foto:waskitoadhi.blogspot.com)

Sebagaimana namanya, objek wisata Lombok ini terdapat di daerah Narmada, tepatnya berada di desa Lembuak, kecamatan Narmanda, kabupaten Lombok Tengah. Sekitar 10 km dari kota Mataram dengan menggunakan jalan darat. Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan dikenakan biaya sekitar Rp. 4000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000 per orang. Cukup murah, dibandingkan dengan keindahan tamannya.

Kawasan Ampenan Kuno

Kawasan Ampenan Kuno adalah kota tuanya Lombok. Ampenan dalam bahasa Lombok berarti tempat singgah. Dulu kala kawasan ini digunakan Belanda sebagai pelabuhan untuk menandingi dominasi kerajaan-kerajaan di Bali. Di sinilah cikal bakal sejarah Lombok modern dirajut pada tahun 1800-an. Bangunan-bangunan modern hingga kini masih kokoh berdiri menandakan kemegahannya sejak dulu kala. Kawasan Ampenan Kuno berada di kota Mataram sehingga mudah diakses bagik oleh kendaraan umum maupun ojeg.

Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk adalah objek wisata Lombok yang juga menarik untuk dikunjungi. Hutan ini berada di kawasan Rinjani. Pusuk berarti puncak, hal tersebut merujuk pada letaknya yang ada di puncak Gunung Rinjani. Di Pusuk, monyet-monyet kecil hilir mudik tanpa takut, menunggu makanan yang diberikan oleh pengendara yang melewati tempat ini. Jalanan di Pusuk, suasananya mirip-mirip dengan puncak di Bogor dengan jalan yang lebih berliku dengan suasana hutan lindung yang lebih rimbun.

Wisata Lombok

Seorang Anak Sedang Bermain Dengan Monyet di Hutan Monyet Pucuk (foto:Ipunk Anwar at panoramio.com)

Itulah beberapa objek wisata Lombok yang bukan pantai namun memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik dibandingkan pantainya. Jika Anda berkunjung ke Lombok, tempat-tempat wisata tersebut bisa menjadi alternatif wisata Anda. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment