Wisata Kuliner Jakarta Khas Betawi Paling Mantap



Wisata Kuliner Jakarta tidak bisa dilepaskan dari makanan khas Betawi yang dikenal lezat. Menjamurnya kuliner di ibu kota termasuk kuliner dari berbagai negara, tidak menghilangkan makanan khas Betawi dari peredaran. Walaupun nyarinya agak sulit, lebih mudah cari makanan khas Jepang, China, Eropa dan sebagainya, namun makanan khas Betawi tetap mendapat maqam yang terhormat di hati masyarakat Indonesia terutama pecinta kuliner Nusantara.

Wisata Kuliner Jakarta

Sejumlah Pedagang Kerak Telor Berjualan Saat Pembukaan Pekan Rakyat Jakarta (PRJ) Monas 2014 di halaman Monas (foto:viva.co.id)

Ada banyak sekali makanan, minuman, dan kue-kue (untuk selanjutnya disebut makanan saja) khas Betawi yang dikenal di masyarakat. Sebut saja asinan betawi, soto betawi, gabus pucung, sayur babanci, nasi kebuli, nasi uduk, es selendang mayang, es goyang, bir pletok, kue cucur, kue kembang goyang, dodol betawi, roti buaya, kerak telor, dan sebagainya. Makanan ini biasanya siap saji ketika ada acara besar seperti nikahan atau sunatan. Namun jangan khawatir, di beberapa tempat di ibu kota, ada penjual makanan khas Betawi ini.

Panduanwisata.net kali ini akan memandu Anda ke beberapa tempat yang menjual makanan khas betawi sebagai sajian wisata kuliner Jakarta. Simak terus ya!!!

Kerak Telor

Kerak Telor adalah makanan khas Betawi paling ternama. Mengunjungi ibu kota, tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba makanan khas wisata kuliner Jakarta ini. Salah satu ciri khas kerak telor adalah pikulannya. Walaupun berada di suatu tempat yang tetap, kerak telor tetap dihadirkan dengan pikulannya. Kerak telor terbuat dari ketan, parutan kelapa, udang kering, garam, merica, dan telor. Pembuatan kerak telor cukup unik. Adonan yang sudah siap diratakan di atas wajan, setelah itu wajan dibalik sehingga menghadap ke bara api. Setelah matang, kerak telor siap dinikmati.

Wisata Kuliner Jakarta

Seorang Pedagang Sedang Memasak Kerak Telor Dengan Membalik Wajan, Inilah Keunikan Dari Kerak Telor (foto:budaya-indonesia.org)

Cukup banyak tempat di Jakarta yang menjual makanan kerak telor. Setiap ada acara tahunan seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ), kerak telor selalu hadir. Beberapa tempat yang menjual kerak telor adalah kawasan Monas, Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Kota Tua Jakarta, dan sebagainya. Namun menurut penelusuran kami, kerak telor yang paling maknyus ada di Jl. H.O.S Cokroaminoto, Menteng. Tepatnya di depan masjid Al-Hakim, Menteng. Di sini ada penjual kerak telor yang biasanya mangkal dari pukul 17:00 sampai 22:00. Harga kerak telor cukup murah berkisar antara Rp. 12.000 sampai Rp. 20.000 saja.

Bir Pletok

Bir Pletok adalah salah satu kuliner khas Betawi yang wajib dicoba ketika Anda melakukan wisata kuliner Jakarta. Walaupun namanya bir, jangan anggap minuman ini mengandung alkohol sebagaimana lazimnya bir. Minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Minuman khas ini terbuat dari rempah-rempah seperti cengkeh, lada hitam, kayu manis, kapulaga dan jahe merah. Tidak heran, minuman ini memiliki rasa manis agak pedas. Minuman ini juga berhasiat untuk melancarkan peredaran darah.

Wisata Kuliner Jakarta

Bir Pletok dan Bahan-Bahan Untuk Membuatnya (foto:suara.com)

Bir pletok biasanya dijual di acara-acara rutin pesta rakyat maupun Pekan Raya Jakarta (PRJ). Di hari-hari biasa, ada beberapa tempat yang menjual bir pletok terutama di daerah Setu Babakan, Jakarta Selatan. Di sana lumayan banyak penjual minuman berwarna kemarehan ini. Setu Babakan dikenal sebagai perkampungan budaya Betawi. Ada beragam kuliner khas Betawi yang dapat dijumpai di sini. Bir pletok dijual dengan harga sekitar Rp. 12.000 per botol atau Rp. 3000 setiap gelasnya.

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang adalah salah satu kuliner khas Betawi yang wajib dicoba ketika melakukan wisata kuliner Jakarta. Mungkin belum banyak pemirsa yang tahu dengan kuliner satu ini. Es Selendang Mayang terbuat dari sagu aren dan tepung beras sebagai bahan selendang mayang serta gula putih, gula merah dan santan sebagai perasanya.

Wisata Kuliner Jakarta

Es Selendang Mayang (foto:detik.com)

Minuman khas ini dapat dijumpai di sekitar kawasan Kota Tua Jakarta dan Setu Babakan. Ada juga penjual yang berkeliling, salah satunya di kawasan Pasar Minggu. Jika Anda beruntung, mungkin bisa menemukannya. Harga kuliner ini hanya Rp. 5000 saja.

Itulah beberapa kuliner khas betawi yang bisa kami sajikan pada kesempatan ini. Jangan lupa juga nikmati beberapa makanan dan minuman khas seperti lontong sayur betawi, gado-gado betawi, soto betawi dan sebagainya. Cintai tanah air kita, cintai kuliner Nusantara. Selamat menikmati gurihnya makanan khas betawi di wisata kuliner Jakarta! (sk)

Share this post:

Related Posts

One Comment

  1. fajar says:

    Indonesia memiliki beragam budaya dan kuliner yang sangat menarik, saya sangat tertarik dengan artikel seputar indonesia.

Leave a Comment