Wisata Keluarga di Kebun Binatang Ragunan



Kebun Binatang Ragunan yang terletak di kawasan Jakarta Selatan adalah tempat wisata di Jakarta yang paling banyak dikunjungi terutama oleh mereka yang telah berkeluarga. Walaupun demikian, muda-mudi juga ternyata banyak yang mengunjungi tempat wisata ini walaupun dalam prosentase yang lebih sedikit.

Kebun Binatang RagunanKebun binatang pertama di Indonesia ini dibangun pada tahun 1864 yang awalnya bernama En Dierentuin yang berarti Tanaman dan Kebun Binatang. Kebun binatang ini awalnya berlokasi di daerah Cikini, Jakarta Pusat, dan dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna. Namun pada tahun 1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, seperti yang ada saat ini.

Kebun Binatang Ragunan ibarat oase di padang sahara, di tengah panasnya kota Jakarta ada sebuah kawasan yang rimbun dengan pepohonan. Suasananya yang sejuk dengan hamparan kawasan yang luas, banyak dimanfaatkan warga Jakarta sebagai tempat liburan keluarga. Tidak sedikit dari mereka yang datang untuk sekedar makan bersama dengan menggelar tikar yang banyak disewakan di tempat ini.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang yang diresmikan tahun 1966 oleh Gubernur Ali Sadikin kala itu, memiliki luas sekitar 147 hektar. Dengan area seluas itu, Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi sekitar 2000 ekor satwa dan lebih dari 50.000 jenis tumbuhan. Pantas saja jika Kebun Bintang Ragunan dinobatkan sebagai salah satu kebun bintang terbesar di dunia. (Menarik Untuk Dibaca: Wujudkan Mimpi di Taman Impian Jaya Ancol)

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Untuk menambah suasa hangat bersama keluarga, pengunjung tidak ada salahnya menyambangi beragam hewan yang menjadi koleksi kebun binatang ini. Dari jenis mamalia, pengunjung dapat melihat hewan seperti anoa, banteng, beruang madu, binturong, gajah Sumatra, harimau putih, rusa Timor, rusa tutul, sitatunga, jaguar, macan tutul Srilangka, dan masih banyak lagi.

Dari jenis reptil, pengunjung dapat melihat satwa seperti ular sendok raja, sanca kembang, kadal lidah biru, biawak Maluku, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa melihat jejeran hewan dari jenis burung seperti nuri coklat, puyuh mahkota sengayang, merak biru, kasuari gelambir, kakatua raja, elang Irian, dan masih banyak lagi. Jangan lupa mengunjungi juga koleksi hewandari jenis ikan yang juga merupakan koleksi Kebun Binatang Ragunan. (Baca Juga: Monas, Wisata Murah Tapi Tidak Murahan)

Menuju Kebun Binatang Ragunan

Mengunjungi tempat wisata di Jakarta paling favorit ini sangat mudah, baik dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Menggunakan kendaraan pribadi, jika Anda datang dari arah Bekasi, Bandung, atau sekitarnya bisa menggunakan tol luar kota kemudian keluar di pintu tol Ragunan. Selanjutnya belok kiri, lurus terus hingga menemukan pintu gerbang kebun binatang di hadapan Anda.

Menggunakan kendaraan umum lebih mudah lagi, Anda dapat menggunakan TransJakarta koridor 6 tujuan Dukuh Atas 2 – Ragunan. Shelter Dukuh Atas 2 juga berdekatan dengan stasiun Sudirman, jadi mereka yang datang dari Bekasi, Tangerang, atau daerah sekitar Jakarta lainnya dapat menggunakan KRL kemudian beralih ke TransJakarta. Transjakarta ini berakhir tepat di muka gerbang Kebun Binatang Ragunan.

Tapi ingat, jika Anda ingin mengunjungi Kebun Binatang Ragunan, jangan datang pada hari Senin. Sebab hari Senin adalah hari spesial bagi beragam satwa yang ada di sini. Pengelola menetapkan hari Senin sebagai hari libur dan kebun binatang ditutup untuk pengunjung.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Kebun Bintang Ragunan dikenal sebagai kebun binatang paling lengkap di Indonesia. Dalam pengelolaannya, manajemen membebankan tarif berbeda antara tiket masuk dan penggunaan fasilitas. Selain itu terdapat pusat primata yang harus membayar kembali jika ingin mengunjunginya. Berikut adalah tarif ketika Anda ingin mengunjungi Kebun Binatang Ragunan.

No.

Keterangan

Tarif

1. Tarif masuk pengunjung

Dewasa

Anak

 

Rp. 4.000,-/orang

Rp. 3.000,-/orang

2. Tarif penitipan kendaraan (Parkir)

Sedan, minibus/sejenis, pick up kecil

Sepeda motor

 

Rp. 6.000,-/orang

Rp. 3.000,-/orang

3. Penggunaan wahana/fauna

Kuda tunggang

Onta tunggang

Gajah tunggang

Taman satwa anak

 

Rp. 5.000,-/satu keliling

Rp. 7.500,-/satu keliling

Rp. 7.500,-/satu keliling

Rp. 2.500,-/satu keliling

4. Tarif Masuk Pusat Primata Schmutzer

Senin s/d Jumat

Sabtu, Minggu dan hari libur

 

Rp. 6.000,-/satu keliling

Rp. 7.500,-/satu keliling

Tiket yang dibebankan kepada pengunjung sangat murah bukan? Tidak sebandung dengan suasanya yang sangat menyenangkan. Tidak diragukan lagi, Kebun Binatang Ragunan sangat cocok bagi mereka yang ingin berlibur murah meriah bersama keluarga. Selamat berlibur! (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment