Wisata Edukasi di Museum Satria Mandala



Museum Satria Mandala merupakan salah satu ikon perjuangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya. Museum yang terletak di Jl. Gatot Subroto, Jakarta, ini syarat akan sejarah perjuangan TNI (dulu bernama ABRI) dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Museum ini memang dibangun untuk menyimpan, mengabadikan dan memamerkan peristiwa-peristiwa bersejarah serta benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan bangsa Indonesia dari sisi pertahanan dan keamanan nasional.

Museum Satria Mandala

Helikopter Salah Satu Koleksi Museum Satria Mandala (foto:kotawisataindonesia.com)

Well, museum merupakan suatu tempat yang menyimpan peristiwa dan benda-benda bersejarah. Dan sejarah memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia di masa depannya karena sejarah merupakan landasan dan pijakan manusia untuk menjalani hari ini dan merencanakan kehidupan di masa depan. So, sudah sepantasnya Museum Satria Mandala menjadi salah satu agenda wisata yang wajib anda kunjungi!

Berbicara mengenai sejarah Museum Satria Mandala, nama ‘Satria Mandala’ sendiri berasal dari Bahasa Sansakerta yang artinya lingkungan keramat para ksatria. Menurut catatan historis, dahulu gedung ini bernama ‘Wisma Yaso’ dan gedung ini merupakan tempat kediaman Nyonya Ratna Sari Dewi Sukarno, salah satu istri Presiden Sukarno. Gagasan untuk mendirikan museum ini sendiri dicetuskan oleh oleh Drs. Nugroho Notosusanto, Kepala Pusat Sejarah ABRI saat itu. Dan pada tanggal 5 Oktober 1972 gedung ini diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Museum Satria Mandala

Koleksi Senjata di Museum Satria Mandala (foto:ceriwis.com)

Apa menariknya museum ini? Jangan dulu alergi dengan kata museum, sebab Museum Satria Mandala menawarkan Anda koleksi-koleksi bersejarah yang lekat dengan masa-masa perjuangan. Di museum ini, pengunjung dapat mengunjungi beberapa ruangan seperti Ruang Panji, Ruang Jenderal Soedirman, Ruang Jenderal Oerip Soemoharjo dan sebagainya. Setiap ruangan memiliki benda-benda sejarah tertentu yang berbeda satu sama lain.

Museum Satria Mandala

Jenis torpedo Whiskey Class di Museum Satria Mandala (foto: indomiliter.com)

Adapun koleksi sejarah yang ada di Museum Satria Mandala di antaranya berupa naskah bersejarah, diorama, miniatur, foto-fot kejadian penting, dokumentasi, dan berbagai koleksi peralatan perang Indonesia dari masa lampau sampai modern seperti rudal, ranjau, meriam, tank, torpedo, bahkan helikopter dan pesawat terbang.

Sejarah Museum Satria Mandala

Tandu yang digunakan oleh Jenderal Sudirman saat memimpin perang gerilya dalam keadaan sakit (foto:komhukum.blogspot.com)

Museum Satria Mandala juga memamerkan berbagai replika kapal seperti B-25 J. Mitchel, P-51 Mustang, RI 001 Seulawah, Helikopter MI-4 dan AT Museum Satria Mandala -16 Harvard dari AS yang dipamerkan dalam bentuk asli. Kapal-kapal tersebut merupakan kapal bersejarah pada jamannya.

Museum ini juga menyimpan berbagai benda bersejarah seperti jenis senjata berat dan ringan, atribut ketentaraan, serta koleksi panji dan lambang di lingkungan TNI.

Yang menarik adalah, di Museum Satria Mandala terdapat tandu yang digunakan untuk mengusung Panglima Besar Jenderal Soedirman saat beliau bergerilya dalam keadaan sakit melawan Belanda pada era 1940-an.

Tahukan bagaimana sejarah Jenderal Soedirman yang diarak pasukannya dalam bertempur memperjuangkan kemerdekaan? Jika penasaran, bagaimana tandu asli yang digunakan Jenderal besar itu, datanglah ke Museum Satria Mandala.

Masih di komplek Museum Satria Mandala, di sana terdapat Gedung Waspada Purbawisesa yang menyajikan diorama yang menggambarkan perjuangan TNI bersama rakyat Indonesia dalam menumpas gerombolan separatis DI/TII.

Menuju Museum Satria Mandala

Letak Museum Satria Mandala sangat strategis dan mudah diakses dari berbagai sudut kota Jakarta. Museum Satria Mandala berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, berdampingan dengan Kantor Pusat LIPI dengan ciri keberadaan sebuah roket yang menjulang seolah menantang langit di samping sebuah pesawat helikopter.

Pengunjung bisa memasuki Kompleks Museum Satria Mandala yang dikelola oleh Pusat Sejarah TNI ini melalui gerbang utama di sisi kiri pelataran. Yup, dengan harga tiket Museum Satria Mandala yang super murah yaitu Rp. 2.500,- untuk pengunjung dewasa dan Rp.1.500,- untuk anak-anak, pengunjung bisa belajar banyak tentang sejarah Indonesia. So, lets go to Museum Satria Mandala! (ls)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment