Wisata di Bogor Bertarif Murah Meriah



Wisata di Bogor tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Ada banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi namun tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Kesempatan ini, panduanwisata.net akan memandu Anda menuju objek wisata di Bogor yang murah meriah baik berupa wisata budaya, wisata alam, maupun wisata sejarah. Yang jelas, semuanya murah-meriah. (Baca Juga: Pilihan Wisata Bogor yang Memikat Hati)

Puncak

Puncak menjadi tempat wisata di Bogor yang murah meriah namun menawarkan pesona yang indah dan menyenangkan. Berwisata di kawasan puncak tidak membutuhkan biaya banyak alias murah-meriah. Ibaratnya, bermodal parkir saja sudah bisa menikmati keindahan perkebunan teh yang menghampar sejauh mata memandang. Hijaunya perkebunan teh selalu meneduhkan mata. Apalagi sambil menikmati jajanan yang berjejer sepanjang kawasan puncak.

Wisata di Bogor

Suasana Pemandangan di Puncak, Nampak Hamparan Kebun Teh Yang Asri

Menjelang matahari terbenam, suasana sunset khas Puncak merupakan sajian menarik yang tidak boleh dilewatkan. Warna hijau muda perkebunan teh berbalut keemasan cahaya matahari menimbulkan gradasi warna yang indah. Malam menjelang, tempat wisata murah meriah ini tidak usang ditinggal pengunjung. Jika malam tiba, jagung bakar khas Puncak merupakan jajanan andalan yang banyak dijual. Begitupun makanan lain ataupun barang-barang cinderamata banyak dijual di sekitar sini. (Baca Juga: Tempat Wisata di Puncak Yang Wajib Didatangi)

Curug Cilember

Curug Cilember

Curug Cilember

Curug Cilember semakin hari semakin banyak dikunjungi wisatawan. Untuk berkunjung ke air terjun in,i tidak dibutuhkan banyak dana alias murah meriah. Cukup membayar 6000 rupiah. Menariknya, di Curug Cilember, pengunjung ditantang untuk mengunjungi tujuh buah curug yang ada di kawasan tersebut.

Tingkat kesulitan mengunjungi curug pun berbeda, dimana curug ketujuh sebagai curug yang paling mudah dicapai. Sedangkan curug kesatu ditetapkan sebagai curug yang paling sulit dicapai karena letaknya berada paling atas. 

Curug Cilember terletak di kec. Megamendung atau sekitar 19 km dari Bogor. Fasilitas yang terdapat di tempat ini seperti lahan parkir, toilet, mushala, taman kupu-kupu, villa, dan tentu saja air terjun. Jika datang dari arah Gadog, Curug Cilember terletak sebelum kawasan Taman Safari. Segera saja nikmati objek wisata di bogor ber-genre alam ini.

Curug Kembar

Curug Kembar juga menjadi objek wisata di Bogor yang tidak butuh banyak biaya untuk mengunjunginya. Sepasang air terjun ini terdapat di desa Batulayang, kec. Cisarua atau berjarak sekitar 26 km dari Bogor. Jika Curug Cilember dikelola oleh KBM WBU Perhutani, Curug Kembar dikelola oleh Perhutani KPH Bogor. Fasilitas yang tersedia di sini seperti toilet, area parkir, air terjun, jalur tracking dan area kemping.

Curug Kembar

Curug Kembar (foto:wisatapanorama.com)

Berwisata ke Curug Kembar bersama keluarga atau bersama sahabat tentu akan sangat menyenangkan sekali. Bogor yang dikenal sebagai dataran tinggi, memiliki udara yang sejuk dengan air yang jernih. Begitupun ketika Anda berada di Curug Kembar, suasana seperti itu akan dirasakan sendiri. Sebetulnya, ada banyak air terjun di kawasan Bogor seperti Curug Luhur di desa Gunung Malang, Curug Cigamea, Curug Seribu, Curug Ngumpet yang semuanya berada di kecamatan Pamijahan, dan beberapa air terjun lainnya.

Prasasti Ciaruteun 

Prasasti Ciaruteun adalah lokasi sejarah yang banyak dikunjungi wisatawan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa pada akar sejarahnya. Itulah mengapa lokasi sejarah yang terletak di desa Ciaruteun Ilir, kecamatan Bungbulang, kabupaten Bogor, ini selau masif dikunjungi. Di prasasti ini terdapat sepasang pandatala (jejak kaki) yang menunjukan tanda kekuasaan Sang Raja. Mungkin seperti tanda tangan pada saat ini.

Prasasti Ciaruteun

Prasasti Ciaruteun Yang Asli di Ciaruteun Hilir, Kecamatan Cibungbulang, Bogor

Prasasti Ciaruteun terbuat dari batu alam dan diperkirakan berasal dari masa kerajaan Tarumanagara, salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang berdiri pada abad ke-4 hingga abad ke-7 masehi. Berdasarkan sejarah, prasasti ini merupakan tanda dimulainya penggalian Sungai Candrabaga dan Sungai Gomati. Dengan demikian, keberadaan prasasti ini menjadi bukti sahih, bahwa nenek moyang kita sudah mengenal kebudayaan yang tinggi sejak dahulu kala.

Itulah beberapa objek wisata di Bogor yang murah meriah namun tidak kalah menarik dibandingkan tempat wisata lain. Jika hari libur tiba, jangan sungkan untuk mengunjunginya. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment