Trik Penting dalam Memilih Sepatu Gunung



Pada artikel kali ini Panduanwiasata akan memberikan tips dan trik penting dalam memilih sepatu gunung. Perlu pembaca ingat, menggunakan perlengkapan mendaki gunung yang memadai sangatlah penting dan harus dipersiapkan secara matang demi kenyamanan dan keamanan kegiatan yang dilakukan.

Sepatu gunung

Ilustrasi. (Sumber Foto: www.bukalapak.com)

Salah satu kebutuhan penting yang harus diperhatikan ketika mendaki gunung adalah sepatu yang digunakan. Pastikanlah sepatu gunung yang Anda pakai adalah sepatu yang tepat dan efektif untuk menunjang kenyamanan perjalanan atau pendakian yang dilaksanakan sehingga aktivitas dapat berjalan dengan lancar. Untuk mendapatkan sepatu yang cocok dan tepat, perhatikanlah beberapa trik penting yang ada di bawah, antara lain:

1. Tentukan jenis sepatu yang digunakan

Menentukan jenis sepatu yang akan dipakai untuk naik gunung sangatlah penting dan perlu disesuaikan dengan medan yang akan ditelusuri. Apabila medan pendakian yang akan ditempuh tidak terlalu berat, sebaiknya pilihlah jenis sepatu leher pendek sehingga kegiatan yang dilakukan menjadi lebih nyaman. Sedangkan jika medan pendakian relatif berat, maka pilihlah sepatu leher panjang sehingga bagian mata dan pergelangan kaki dapat terlindung dengan baik untuk mencegah terjadinya cidera. Dengan memilih jenis sepatu yang tepat, pendakian gunung akan berjalan dengan maksimal.

2. Perhatikan bahan sepatu

Sepatu gunung yang baik adalah sepatu yang memiliki bahan material yang nyaman di kaki dan tahan segala macam medan yang di daki sekaligus dapat menghadapi perjalanan jarak jauh yang penuh rintangan. Sepatu yang dipilih sebaiknya terbuat dari kulit sintetis karena cenderung memiliki sirkulasi udara yang lebih baik sehingga penggunaannya lebih nyaman ketika mendaki. Selain itu, sepatu yang dipilih juga harus tahan air dan tidak mudah robek supaya keamanan dan kenyamanan kaki selama melakukan perjalanan mendaki gunung semakin terjamin.

3. Cermati kekuatan sol dan ukuran sepatu

Memilih sepatu yang cocok untuk melakukan perjalanan jauh dengan medan yang sulit harus dilakukan dengan baik. Pilihlah sepatu yang memiliki sol berkualitas tinggi, kokoh dan kuat sesuai bentuk kaki sehingga perjalanan yang ditempuh berjalan secara efektif. Selain itu, perhatikan juga ukuran sepatu yang dibeli sesuai kebutuhan agar terasa nyaman di kaki. Sebaiknya, pilihlah sepatu dengan ukuran sedikit longgar agar tidak menimbulkan lepuhan pada beberapa bagian kaki selama berjalan jauh dan mendaki.

 Selain ketiga tips di atas, memilih sepatu gunung juga perlu dilakukan dengan mempertimbangkan merk dan harga sepatu yang akan dibeli. Pilihlah merk yang cocok dan memiliki kualitas yang baik sehingga sepatu yang didapatkan semakin efektif untuk menunjang kegiatan mendaki. Di samping itu, Anda juga perlu mempertimbangkan harga sepatu dengan baik dan menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki sehingga kebutuhan pendakian gunung dapat tertunjang secara efektif. Agar sepatu yang dipilih adalah sepatu terbaik, Anda juga bisa menyesuaikan model sepatu berdasarkan selera sehingga penampilan ketika mendaki terlihat menarik. Selamat Mendaki!

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment