Tempat Wisata di Surabaya Paling Ternama



Tempat wisata di Surabaya memiliki ragam yang tidak kalah jumlahnya daripada tempat wisata di daerah lain. Ibu kota provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Gelar yang disandang sebagai kota besar tentu saja menjadi magnet bagi jutaan pencari kerja dari pelosok Surabaya dan sekitarnya.

Tempat Wisata di SurabayaSurabaya yang merupakan kota metropolitan, tentu saja memiliki kesibukan yang  luar biasa. Tercatat, Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Asia Tenggara. Bagaimana tidak, letaknya yang berada di pesisir utara menjadi jalur utama sirkulasi berbagai kebutuhan masyarakat. Pantas saja jika kemudian Surabaya menjadi jantung perekonomian di wilayah timur Indonesia.

Walaupun demikian, kota yang akrab disebut sebagai kota pahlawan ini memiliki beragam tempat wisata yang wajib dikunjungi. Apa saja tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi? Mari kita menelusurinya satu per satu.

Taman Bungkul

Taman Bungkul, Tempat wisata di surabaya

Taman Bungkul, Salah Satu Tempat Wisata di Surabaya

Taman Bungkul, inilah taman yang mendapatkan penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia dari PBB pada 2013 lalu. Taman ini diganjar penghargaan sebagai taman bersekala internasional karena kenyamanan dan fungsinya. Sebagai taman modern, taman yang terletak di Jalan Raya Darmo ini memiliki fasilitas jogging track, amfiteater, taman bermain anak, arena skateboard, akses internet nirkabel, perpustakaan dan tempat pembelajaran untuk pengolahan air dan sampah.

Taman yang tidak pernah sepi dari pengunjung ini berdampak signifikan pada kehidupan ekonomi masyarakat sekitar. Ibaratnya, ada gula ada semut. Ada pengunjung, ada pula pedagang yang kreatif menjajakan dagangan. Namun jangan salah, pedagang di taman ini memiliki area khusus untuk berjualan di sisi timur kompleks taman. Dunia internasional saja mengakui taman ini sebagai yang terbaik, masa kita sebagai warga negara tidak melestarikannya? Jadi, mari kita kunjungi dan lestarikan keberadaannya.

Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi. Unik, sebab hutan mangrove Wonorejo tidak hanya menawarkan keindahan alam, namun juga menawarkan ketenangan. Berlokasi dekat dengan Bandara Juanda Surabaya, wisatawan dapat berjalan menyusuri jembatan bambu di atas air sambil menembus hijaunya Hutan Mangrove Wonorejo. Atau, wisatawan juga dapat menggunakan perahu untuk menikmati rimbunnya pohon yang menjadi penjaga kelestarian pantai ini.

Hutan Mangrove Wonorejo salah satu tempat wisata di surabaya

Suasana asri dan rindang di Hutan Mangrove Wonorejo, salah satu tempat wisata di surabaya

Monumen kapal selam

Monumen kapal selam tidak salah lagi menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang harus dikunjungi. Betapa tidak, kapal selam ini bukan hanya replika, tapi benar-benar kapal selam yang dijadikan museum. Alkisah, dulu kapal selam ini digunakan untuk membebaskan Irian Barat dalam misi Trikora (Tiga Komando Rakyat) yang sangat terkenal itu. Kita bisa masuk, dan melihat-lihat ke dalam kapal selam ini sepuasnya. Cukup menarik bukan?

Monumen Kapal Selam salah satu tempat wisata di surabaya

Monumen Kapal Selam, salah satu tempat wisata di surabaya

Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran merupakan tempat yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Surabaya. Suasana khas pantai dengan deburan ombaknya yang tidak terlalu besar menjadi daya tarik pantai ini. Berwisata keluarga sambil menggelar tikar dan menikmati makanan yang dibawa bukanlah pilhan buruk di tempat ini. Apalagi, di sini juga terdapat sarana permainan anak. Wisata keluarga sangat cocok dilakukan di tempat ini.

Pantai Kenjeran Salah Satu Tempat Wisata di Surabaya

Pantai Kenjeran, Salah Satu Tempat Wisata di Surabaya (foto:pasirpantai.com)

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu yang diresmikan pada 2009 dan menghubungkan Surabaya dan Madura merupakan spot yang menarik untuk dikunjungi terutama jika malam hari. Begitu juga Kebun Binatang Surabaya yang pernah menyandang gelar sebagai kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara, sangat menarik untuk dikunjungi. Kebun binatang yang terletak tidak jauh dari patung Surabaya yang terknal itu, merupakan salah satu kebun binatang paling populer di Indonesia.

Masih banyak tempat wisata di Surabaya lainnya yang wajib dikunjungi seperti Ciputra waterpark, tugu pahlawan, rumah batik, taman remaja Surabaya, monumen jenderal Sudirman, makam Sunan Ampel, masjid Cheng Ho, monumen bambu runcing. Bagi yang ingin wisata belanja dapat mengunjungi pasar turi, pasar genteng, pasar bunga kayoon dan sebagainya.

Itulah Surabaya, sebuah kota legendaris yang memiliki banyak tempat wisata ternama. (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment