Tempat Wisata di Sukabumi Wajib Dikunjungi



Tempat wisata di Sukabumi ternyata tidak kalah banyak dibandingkan tempat wisata di daerah lain. Sukabumi memiliki garis pantai dan kontur daerah beragam. Sebagian kawasan berbukit, datar dan juga ada yang bergunung-gunung. Tanahnya yang subur menjadikan Sukabumi rindang dengan pepohonan dan air yang mengalir deras dari sumbernya. Secara administratif, Sukabumi terdiri dari kotamadya dan kabupaten. Namun untuk tempat wisata yang kami sajikan, tidak ada dikotomi antara kabupaten dan kota. (Baca Juga: Tempat Wisata Paling Menarik di Jawa Barat)

Daerah yang terletak di bagian Selatan Jawa Barat ini, selain tempat wisatanya yang sangat beragam juga memiliki ciri khas dan keunikan tertentu. Dalam kesempatan ini, panduanwisata.net akan memandu Anda menuju beberapa tempat yang menurut kami paling menarik untuk dikunjungi. Simak terus ya!!!

Ujung Genteng

Ujung Genteng adalah pantai yang menarik dikunjungi di Sukabumi. Dari pantai ini, wisatawan dapat menyaksikan keindahan sunset dan sunrise. Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia ini uniknya tidak memiliki ombak yang besar. Usut punya usut, ternyata deburan ombak itu tertahan oleh karang yang terletak sekitar 500 meter dari garis pantai. Jadi, pantai ini cukup aman untuk berendam sambil menikmati kesegaran air lautnya. Ujung Genteng dikenal dengan air lautnya yang jernih dan pantainya juga bersih.

Tempat Wisata di Sukabumi

Pantai Ujung Genteng (foto:petualanganlelakisejati.blogspot.com)

Ujung Genteng terletak di kecamatan Ciracap, Sukabumi. Sekitar 220 km dari Jakarta dan 120 km dari kota Sukabumi. Walaupun jaraknya cukup jauh, namun jalan yang tersedia sudah bagus. Selain itu banyak penginapan dan rumah makan di sekitar pantai. Jadi pengunjung tidak usah hawatir soal akomodasi. Ujung Genteng juga banyak dikunjungi oleh mereka yang gandrung memancing. Sebab katanya, ikan di pantai ini sangat beragam dan jumlahnya banyak. Salah satu ikan favorit mancing mania adalah ikan Marlin.

Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu dikenal sebagai salah satu pantai kebanggaan masyarakat Sukabumi. Daya tarik Pelabuhan ratu adalah panorama alamnya yang indah, udara yang sejuk, dan pasir pantainya yang luas. Ombak di Pelabuhan Ratu dikenal besar, karena itu harus berhati-hati jika ingin bermain air di pantai ini. Daya tarik lain pantai ini adalah tebing karang terjal dan hutan cagar alamnya. Di sekitar pantai Pelabuhan Ratu terdapat beberapa pantai yang tidak kalah menarik dikunjungi seperti pantai Cibareno, Cimaja, Cibangbang, Citepus, dan lainnya.

Tempat Wisata di Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu (foto:pasirpantai.com)

Pelabuhan ratu relatif lebih dikenal daripada Ujung Genteng. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Sukabumi, sekitar 60 km saja, bandingkan dengan Ujung Genteng yang mencapai 120 km. Soal akomodasi, Pelabuhan Ratu memilikinya dengan lengkap. Salah satu hotel yang sangat legendaris di tempat ini adalah Samudera Beach Hotel yang dibangun atas prakarsa Presiden RI pertama, Soekarno. Konon, di hotel ini juga terdapat ruangan khusus untuk Nyi Roro Kidul. Maklum, masyarakat pantai selatan, masih kental dengan hal-hal berbau mistis.

Taman Nasional Gunung Halimun

Taman Nasional Gunung Halimun adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang menarik dikunjungi. Halimun dalam bahasa Indonesia berarti kabut tipis. Dinamakan demikian karena di pagi dan sore hari gunung ini selalu diliputi kabut tipis dan suasananya sangat tenang. Gunung Halimun ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1992. Keanekaragaman hayati taman nasional ini tidak perlu diragukan, baik tumbuhan bawah, merambat, hingga tumbuhan tinggi. Paling menarik adalah koleksi anggreknya yang sangat banyak termasuk jenis anggrek langka.

Taman nasional ini dilengkapi dengan canopy walk, sebuah jembatan gantung sepanjang kurang lebih 100 meter di atas ketinggian 20-25 meter. Dari ketinggian, pengunjung bisa menyaksikan aktifitas binatang di tempat ini tanpa membuat mereka takut. Untuk menuju Taman Nasional Gunung Halimun, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan rute keluar Tol Ciawi, Parung Kuda, Kabandungan, Cikaniki dan Citalahab. Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum dengan patokan terminal Parung Kuda.

Itulah beberapa tempat wisata di Sukabumi yang menarik dikunjungi versi panduanwisata.net. Jika Anda memiliki tempat wisata lain yang tidak kalah menarik, silahkan disampaikan kepada kami. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

One Comment

  1. Marcellina Yoanita says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata Indonesia dengan sejumlah wisata yang menarik.Benar benar sangat bermamfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru pada Indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id

Leave a Comment