Tempat Wisata di Solo Paling Tersohor



Tempat wisata di Solo sebagaimana di tempat yang lain, sama banyaknya. Solo, sebuah kawasan yang terletak sebelah timur Yogyakarta merupakan salah satu kawasan yang memilki banyak ciri khas dan kental dengan sejarah. Kota yang merupakan pecahan dari kerajaan Mataram ini merupakan kota yang sangat ramah bagi pejalan kaki dan wisatawan. Tidak heran, jika wisatawan yang mengunjungi Candi Borobudur atau Prambanan juga mengunjungi beberapa tempat wisata di Solo.

Kali ini panduanwisata.net akan memandu Anda mengunjungi beberapa tempat wisata di Solo yang paling dikenal alias tersohor. Let’s go!

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta, tempat wisata ini selalu menjadi buruan wisatawan ketika mengunjungi kota ini. Keraton Surakarta menyimpan berbagai benda kuno khas keraton seperti senjata, pakaian kerajaan, dan yang paling menarik pengunjung adalah kereta kencana. Di sini wisatawan juga dapat berfoto ria bersama prajurit penjaga Keraton Surakarta, lengkap dengan pakaian kebesarannya. Hanya dengan tiket seharga Rp. 10.000,00, wisatawan sudah bisa berkeliling keraton sepuasnya.

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah tempat selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi. Taman ini sangat identik dengan unsur sejarah dan sangat kental dengan nuansa kejawaan. Konon, dulu taman Sriwedari digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan. Seiring berjalannya waktu, taman ini kini menjadi tempat wisata favorit di kota yang memiliki moto, The Spirit of Java ini. Di lokasi ini, wisatawan dapat mengunjungi Gedung Wayang Orang Sriwedari yang sering mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabrata dan Ramayana.

Taman Sriwedari

Gapura Taman Sriwedari

Pasar Klewer

Pasar Klewer

Salah Satu Pedagang di Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan tempat lain yang menarik untuk dikunjungi. Apa menariknya pasar ini? Barangkali ada sebagian pembaca yang bertanya begitu. Pasar ini merupakan pusat tekstil terbesar di Solo dengan berbagai jenis produk terutama batik. Siapa yang tidak kenal batik Solo, bahkan dunia pun sudah mengakuinya. Bagi yang ingin berbelanja batik, di sinilah ‘alam’-nya. Dari mulai batik lokal hingga batik luar negeri bisa ditemukan di tempat ini. Menariknya lagi, Pasar Kelewer terletak bersebelahan dengan alun-alun Solo. Jadi, sambil wisata belanja sambil menikmati keindahan kota ‘jantungnya Jawa’.

Mencari batik di Solo seperti mencari padi di lumbungnya, sangat buanyak. Tersebar di mana-mana. Selain di Pasar Klewer, wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa tempat yang memproduksi batik. Sebut saja Kampung Batik Kauman yang berlokasi dekat dengan Keraton Kasunanan Surakarta dan Kampung Batik Laweyan. Walhasil, tempat-tempat tersebut menjadi lokasi belanja yang sangat menarik khususnya batik. Wisatawan juga bisa mengunjungi galeri batik kuno Danarhadi jika ingin menyaksikan kekayaan ragam batik Indonesia.

Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba SangiranMuseum Manusia Purba Sangiran adalah tempat unik lainnya yang wajib dikunjungi. Di museum inilah fosil-fosil manusia purba yang berumur jutaan tahun tersimpan. Dengan jumlah koleksi 13.000 fosil manusia purba, museum ini dinobatkan sebagai museum manusia purba paling lengkap di Asia. Selain fosil manusia purba, di tempat ini juga terdapat fosil hewan, tumbuhan, batu, dan berbagai alat yang digunakan oleh manusia purba. Kekayaan sejarah ini menunjukan bahwa nenek moyang bangsa kita telah ada berjuta-juta tahun lalu di bumi pertiwi ini.

Masih banyak tempat wisata lain di Solo yang menarik untuk dikunjungi, sebut saja seperti; air terjun jumog, tugu lilin, taman balekambang, grojogan sewu Tawangmangu, pura mangkunegaran, museum pers, candi sukuh, candi cetho, sungai bengawan Solo, air terjun segoro gunung, taman satwataru Curug, dan berbagai tempat lainnya.

Untuk urusan kuliner, makanan khas yang terkenal dari kota ini adalah nasi timlo, tengkleng sejenis gulai kambing, sate kere atau sate yang terbuat dari tempe gembos bukan daging, serabi solo, dan nasi liwet yang terletak di sepanjang Jl. Selamet Riyadi.

Tempat wisata di Solo juga didukung oleh fasilitas penginapan yang lengkap mulai dari hotel bintang lima hingga penginapan kelas mawar. Sebut saja penginapa seperti Omah sinten sebuah butique hotel & heritage dengan pemandangan Istana Mangkunegaran, The Sunan Hotel, Rumah Turi, Villa aquin, dan penginapan lain yang banyak tersebari di sepanjang Jl. Slamet Riyadi maupun di sekitar terminal Tirtonadi Solo.

Demikianlah, The Spirit of Java siap menyambut Anda dengan berbagai pesona dan keunikan tempat wisatanya. Selamat berwisata! (SK)

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment