Tempat Wisata di Semarang Paling Mengagumkan



Tempat wisata di Semarang tidak kalah menarik dengan tempat wisata di tempat lain. Ibu kota provinsi Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat wisata yang sangat mengagumkan. Walaupun popularitasnya tidak seperti tempat wisata di Jogja, tempat wisata di Semarang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri.

Kota Lama

Kota Lama salah satu tempat wisata di semarang

Salah Satu Bangunan Tua di Kota Lama Semarang

Tempat wisata di Semarang sangat beragam, mulai dari wisata kuliner, wisata religi, wisata bahari, hingga wisata sejarah. Jika di Bandung ada Jalan Braga dan di Jakarta ada Kota Tua sebagai tempat wisata sejarah, di kota lumpia ini dikenal sebuah kawasan yang disebut kota lama. Seperti di dua kota sebelumnya, kota lama juga menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang paling mengagumkan.

Pernah nonton film Gie, ? (tanda tanya), atau film ayat-ayat cinta? Ketiga film yang diangkat di layar lebar itu menggunakan kota lama sebagai salah satu tempat shootingnya. Ratusan bangunan kuno yang masih berdiri kokoh hingga kini, menjadi bukti nyata bahwa kota jamu tempo doeloe adalah salah satu kota panting di pulau jawa.

Beberapa bangunan kuno yang masih tampak gagah diantaranya Gereja Blenduk, gedung Jiwa Sraya, Gereja Gedengan, Nilmij, Stasiun Kereta Api Tawang, Marabunta, De Spiegel, dan Taman Sri Gunting. Dari sisa-sisa kejayaan yang masih tampak, terlihat bahwa Semarang dahulu adalah sebuah kwasan yang memiliki tata kota yang sangat baik.

Lawang Sewu

Jalan-jalan ke Semarang jangan lupa datang ke bangunan bersejarah yang dinamakan lawang sewu (pintu seribu). Mengapa dinamakan lawang sewu? Ya, karena bangunannya memiliki pintu yang sangat banyak. Tidak jarang pengunjung yang memasuki tempat ini merasa bingun mencari jalan keluar. Bangunan ini merupakan peninggalan Belanda yang dulunya digunakan sebagai kantor pusat kereta api. Ada yang mengatakan, belum ke Semarang jika belum mengunjungi tempat ini.

Lawang Sewu salah satu tempat wisata di semarang

Lawang Sewu salah satu tempat wisata di semarang (foto:goesholiday.com)

Simpang Lima

Salah satu landmark kota Semarang yaitu simpang lima yang merupakan salah satu tempat wisata di Semarang paling populer. Kawasan ini letaknya berada di Jantung kota sehingga mudah diakses. Serunya, di kawasan ini ada pasar rakyat yang juga menjual berbagai makanan serta cinderamata khas kota lumpia ini.

Simpang Lima Salah satu tempat wisata di semarang

Suasana Simpang Lima Saat Malam Hari

Pantai Marina

Semarang yang terletak di garis pantai utara, tentu saja memiliki batas pantai yang memadai. Walaupun keindahannya tidak seindah pantai sanur di Bali atau Gili Trawangan di Lombok, tapi cukuplah pantai di Semarang ini menjadi destinasi wisata jika Anda mengunjungi kota ini. Yap, namanya pantai marina. Mengunjungi tempat ini tidak terlalu sulit, cukup dilakukan dengan berjalan kaki dari simpang lima. Ada juga pantai maron. Wisatawan harus berhati-hati jika ingin mengunjungi pantai maron, sebab akses jalannya yang masih belum memadai.

Pantai marina salah satu objek wisata di semarang

Sunset di Pantai marina Semarang

Pasar Semawis

Pasar Semawis salah satu tempat wisata di semarang

Suasana Pasar Semawis

Jika mencari kuliner khas Semarang jangan lupakan satu tempat yang namanya pasar semawis atau waroeng semawis. Sayangnya pasar ini hanya buka setiap malam di akhir pekan atau hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Pasar Semawis sangat menarik bagi wisatawan maupun penduduk lokal karena ragam produknya yang sangat banyak sehingga menjadi pusat jajanan terpanjang di Semarang. Jika ingin mencari makanan khas Semarang, di sinilah tempatnya. Dijamin tidak akan sulit.

Masih banyak tempat wisata di Semarang yang tidak boleh dilewatkan. Sebut aja Hutan Tinjomoyo yang merupakan hutan wisata di kelurahan Tinjomoyo, Semarang. Ada juga kebun binatang mangkang, tugu muda, museum ronggowarsito, museum ambarawa, museum mandala bakti, bukti gombel dan masih banyak lagi.

Wisatawan dapat juga mengunjungi masjid agung Jawa Tengah yang terletak di Jalan Gajah Raya Semarang, klenteng Sam Po Kong yang menyuguhkan kisah legendaris Laksamana Cheng Ho dan keindahan arsitektur Tiong Hoa yang khas, serta candi Gedong Songo yang merupakan bukti keakraban antara kerajaan Mataram dan kerajaan di India.

Itulah Semarang, kota di kawasan pantai utara yang memiliki puluhan tempat wisata yang sangat mengagumkan dan sangat layak untuk dikunjungi. (SK)

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment