Tempat Wisata di Lampung Paling Menarik



Tempat wisata di Lampung cukup banyak dan beragam. Tempat wisatanya juga tidak kalah menarik dibandingkan tempat wisata di daerah lain. Lampung yang juga dikenal sebagai gerbangnya pulau Sumatra dari pulau Jawa, memiliki beragam wisata baik berupa pantai, taman nasional, air terjun, hingga teluk yang eksotis. Itulah Lampung, sebuah provinsi yang juga terkenal dengan hewannya, yaitu gajah.

Kali ini panduanwisata.net akan memandu Anda untuk mengunjungi tempat wisata di Lampung paling menarik. Dijamin, tempat-tempat wisata ini menyenangkan, dan akan menghiasi lembaran pengalaman liburan Anda.

Taman Nasional Way Kambas

Tempat pertama yang kita kunjungi adalah Taman Nasional Way Kambas. Di taman nasional ini, wisatawan akan menyaksikan kekayaan alam Indonesia berupa flora dan fauna. Banyak jenis tumbuhan yang ada di taman nasional ini, bahkan mungkin namanya asing di telinga Anda. Beberapa tumbuhan di sini seperti pohon pidada, api-api, nipah, gelam, salam, rawang, meranti, puspa dan sebagainya.

tempat wisata di lampung

Pelatihan Gajah Taman Nasional Way Kambas (foto:matoa.org)

Taman Nasional Way Kambas juga dikenal dengan koleksi hewan mamalianya yang sangat beragam dan beberapa sudah dikategorikan langka. Hewan-hewan tersebut seperti badak Sumatra, gajah Sumatra, harimau Sumatra, tapir, anjing hutan, dan siamang. Beberapa jenis burung seperti bungau tong-tong, sempidan biru, pecuk ular, dan sebagainya. Juga beberapa hewan reptil, amfibi, serta ikan.

Yang menarik dari taman nasional kebanggaan masyarakat Lampung ini, adalah atraksi gajah yang terdapat di pusat pelatihan gajah Taman Nasional Way Kambas. Di pusat pelatihan yang dibangun pada tahun 1985 ini, gajah-gajah liar dilatih sedemikian rupa sehingga dapat dijadikan gajah tunggang, melakukan atraksi, mengangkut kayu hingga membajak sawah. Wisatawan yang mengunjungi pusat pelatihan gajah ini dapat melihat beberapa atraksi gajah seperti main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, dan sebagainya.

Teluk Kiluan

Teluk Kiluan adalah tempat selanjutnya sebagai tempat wisata di Lampung yang menarik dikunjungi. Teluk ini menjadi primadona wisatawan lantaran keindahan pantainya yang masih asri. Belum banyak terjamah tangan-tangan tidak bertanggung jawab yang merusak alam. Keindahan Teluk Kiluan ini semakin kuat dengan panorama pegunungan yang menjulang, hamparan batu karang, terumbu karang dan air lautnya yang jernih. Jangan lupakan juga pasir putihnya yang sangat lembut.

Mengunjungi Teluk Kiluan, rasanya tidak afdhal jika tidak menyaksikan atraksi lumba-lumba. Kawanan lumba-lumba ini akan mendampingi wisatawan menyusuri Teluk Kiluan. Menyaksikan lumba-lumba di alam bebas tentunya jauh lebih menyenangkan daripada melihat lumba-lumba di tempat lokalisasi. Itulah, namun Anda harus berkunjung pagi-pagi jika ingin menyaksikan atraksi hewan laut satu ini.

Tempat wisata di lampung

Atraksi Lumba-Lumba di Teluk Kiluan Sebagai Salah Satu Tempat wisata di lampung (foto:indonesia.travel)

Teluk Kiluan terletak di Lampung Selatan lebih tepatnya di desa Pekon Kilauan Negeri, kec. Kelumbayan, kab. Tenggamus. Tempat yang sangat eksotis ini sangat disayangkan belum ditunjang dengan prasarana jalan yang memadai. Jangan kaget, ketika mengunjungi tempat ini Anda akan mendapatkan beberapa jalan yang masih belum diaspal.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih merupakan tempat wisata di Lampung selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi. Selain pasirnya yang putih, pantai ini dikenal dengan ombak lautnya yang tenang dan fasilitas yang cukup lengkap. Bahkan tersedia perahu wisata yang dapat disewa oleh pengunjung. Dari Pantai Pasir Putih ini, wisatawan dapat menyebrang ke Pulau Condong yang juga dikenal dengan eksotisme alamnya.

Tempat Wisata di Lampung

Keindahan Pantai Pasir Putih Sebagai Salah Satu Tempat Wisata di Lampung (foto:luciaerna.wordpress.com)

Pantai Pasir Putih dan Pulau Condong memang sudah cukup familiar di kalangan wisatawan terutama karena akses jalannya yang cukup mudah. Pantai ini terletak di Lampung Selatan dan dilalui oleh jalur Trans Sumatra. Jarak dari Bandar Lampung sekitar 40 km atau sekitar 1 jam perjalanan.

Tempat wisata di Lampung sebetulnya sanga banyak sekali. Lain waktu, di lain kesempatan, panduanwisata.net akan memandu Anda mengunjungi tempat wisata di lampung lainnya yang tidak kalah menarik. Akhir kata, kami ucapkan, selamat berwisata!

Share this post:

Related Posts

2 Comments

  1. joogja circles says:

    Way Kambas, pengen kesana…

  2. fajar says:

    Wisata adalah salah satu hobi yang saya sukai. Dengan berwisata pikiran penat yang saya miliki hilang dalam sekejap. Pemandanga yang indah disekeliling tempat wisata juga membuat kita selalu bersyukur akan keindahan yang tuhan berikan. Tantangan yang diberikan alam juga adalah suatu pengalaman pribadi yang sangat menarik.

Leave a Comment