Tempat wisata di Jawa Tengah Wajib Didatangi (Bagian 2)



Tempat wisata di Jawa Tengah sebagaimana sudah dibicarakan sebelumnya, sangat banyak sekali. Pada artikel tempat wisata di Jawa Tengah bagian satu, kami sudah mengupas beberapa tempat wisata alam yang menarik dikunjungi seperti Dataran Tinggi Dieng, Grojogan Sewu, dan Gua Jatijajar. Kali ini, panduanwisata.net akan memandu Anda menuju beberapa tempat wisata alam yang terdapat di Jawa Tengah.

Tawangmangu

Tawangmangu adalah wahana wisata alam yang terdapat di lereng barat gunung Lawu. Tawangmangu berada pada area pegunungan yang dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Tempat wisata di Jawa Tengah ini dikenal dengan udaranya yang sejuk dan alamnya yang indah. Kawasan wisata ini juga terkenal dengan produksi sayur mayurnya yang sangat baik. Sehingga selain wisata alam, juga bisa melakukan wisata belanja sayur mayur.

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Suasana Kawasan Tawangmangu, Nampak Curug Sewu dari Kejauhan (foto:diwisata.blogspot.com)

Tawangmangu sebetulnya adalah sebuah kecamatan di Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk menuju Tawangmangu, bisa menggunakan akses dari Solo dengan perjalanan sekitar satu jam. Tempat wisata ini konon sudah dikenal sejak jaman Belanda. Dari Tawangmangu, beberapa tempat wisata yang mudah diakses adalah Air Terjun Grojogan Sewu, Air terjun Pringgodani dan beberapa wahana wisata alam lain. Bagi pengunjung yang ingin melakukan pendakian ke puncak Lawu, Tawangmangu dikenal sebagai pintu masuknya.

Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah wisata alam yang ada dalam daftar tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Bukit cinta terletak di desa Kebondowo, kecamatan Banyubiru, Semarang. Bukit ini cukup menarik karena terletak di pinggir Danau Rawapening. Beberapa kegiatan wisata dapat dilakukan di danau Rawapening seperti memancing, ski air, ataupun berkeliling danau dengan perahu motor sewaan. Jika Anda hanya ingin menikmati keindahan danau dari bukit cinta, rimbunnya pohon akan menaungi Anda.

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Pemandangan Danau Rawapening Dilihat Dari Kawasan Bukit Cinta (foto:hilirmudik.com)

Untuk menuju kawasan wisata ini cukup mudah. Jaraknya hanya 5 km dari Kota Ambarawa atau 10 km dari Salatiga. Banyak kendaraan umum yang melewat, salah satunya adalah transportasi dari Ambarawa menuju Salatiga yang melalui Banyubiru. Mengunjungi tempat wisata ini, jangan lupa membeli oleh-oleh khas berupa kerajinan yang terbuat dari eceng gondok.

Girimanik

Girimanik juga merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Girimanik adalah sebuah kawasan wisata alam yang berudara sejuk dengan panorama alam yang sangat indah. Girimanik terkenal dengan air terjunnya yaitu air terjun Manik Moyo, Tinjo Moyo, dan Condromoyo. Tidak jauh dari air terjun Manik Moyo terdapat Batu Resi yang merupakan tempat sakral, patilasan Raden Mas Said. Girimanik terdapat di desa Setren, kecamatan Slogohimo, Wonogiri.

Cagar Alam Telaga Ranjeng

Cagar Alam Telaga Ranjeng merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang juga menarik untuk dikunjungi. Telaga Ranjeng berada di kaki gunung Slamet dan merupakan bagian dari cagar alam punya perhutani Pekalongan Timur. Hal yang menarik dari telaga ini adalah udaranya yang sejuk, hutan lindung yang asri, cagar alamnya serta ribuan ikan lele yang jinak namun dianggap keramat. Konon, ikan lele tersebut hanya bisa diajak bermain-main dan tidak boleh diambil meski hanya satu ekor.

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Cagar Alam Telaga Ranjeng

Telaga Ranjeng, pada jaman dahulu kala, sering digunakan sebagai tempat pemandian para tokoh kerajaan di Jawa. Jika Anda ingin berkunjung ke telaga ini, Anda bisa datang ke desa Pandansari, kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes. Jika Anda datang ke daerah Brebes, sempatkan waktu untuk mengunjunginya. Dijamin tidak akan mengecewakan pemirsa sekalian.

Itulah beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang berbasis wisata alam. Kita patut bersyukur bahwa alam Indonesia terbentang luas dari ujung timur hingga barat, dengan segala keunikan dan keistimewannya. Di antara beragam keunikan tersebut salah satunya dapat dilihat dari tempat wisata alam di Jawa Tengah. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment