Tempat Wisata di Jawa Tengah Wajib Didatangi (Bagian 1)



Tempat wisata di Jawa Tengah sangat banyak dan beragam tentunya. Provinsi yang terdapat di bagian tengah pulau Jawa ini, menawarkan Anda tempat wisata baik dalam hal wisata alam, wisata belanja, maupun wisata kuliner. Kali ini, panduanwisata.net secara khusus akan membawa Anda menelusuri tempat wisata di Jawa Tengah yang berbasis alam. Karena banyaknya tempat wisata, kami membaginya berdasarkan kelompok tertentu.

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib didatangi oleh para wisatawan. Berada di kabupaten Wonosobo, di atas ketinggian sekitar 2.093 meter dari permukaan laut, Dataran Tinggi Dieng menawarkan rupa-rupa wisata yang dijamin sangat menghibur dan berkesan. Sebagai sebuah dataran tinggi, Dieng sudah barang tentu menawarkan panorama pegunungan dengan udara sejuk yang menyertainya.

Dataran Tinggi Dieng salah satu tempat wisata di jawa tengah

Camping Groud Di Dataran Tinggi Dieng (foto:diengtourpackage.wordpress.com)

Dataran Tinggi Dieng memiliki beberapa gunung berapi aktif sehingga memunculkan banyak kawah dan puncak-puncak kecil lainnya. Beberapa kawah yang terdapat di Dieng seperti kawah Candradimuka, Sibanteng, Siglagah, Sikendang, Sikidang, Sileri, Sinila, dan kawah Timbang. Beberapa kawah seperti Sikendang, Sinila, dan Timbang dicurugai mengandung gas beracun. Hati-hati saja jika ingin menengok kawah-kawah tersebut.

Objek wisata yang senantiasa dikunjungi ketika mengunjungi Dataran Tinggi Dieng adalah Telaga Warna. Telaga ini sangat unik karena memunculkan warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Ada juga Telaga Pengilon yang letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna. Uniknya, kedua telaga yang dibatasi oleh sejumput rumput ini memiliki warna air yang berbeda, tidak bercampur satu sama lain. Ada juga telaga Merdada yang digunakan masyarakat untuk mengairi ladang dan pesawahan mereka.

Telaga Warna, dataran tinggi dieng, tempat wisata di jawa tengah

Telaga Warna di dataran tinggi dieng (foto:wisataoutdoor.blogspot.com)

Tempat wisata di Jawa Tengah paling menarik ini, juga memiliki beberapa bangunan candi yang dibangun sekitar abad ke-7 masehi. Selain itu memiliki banyak gua yang dikenal eksotis dan menawarkan keunikan tersendiri. Dataran Tinggi Dieng bisa diakses dari Kebumen dengan jarak sekitar 65 km.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu adalah tempat wisata di Jawa Tengah yang tidak kalah menarik dibandingkan Dataran Tinggi Dieng. Sama-sama berbasis wisata alam, Grojogan Sewu terletak di kecamatan Tawangmangu, kabupaten Karanganyar. Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Hal ini menunjukan banyaknya jumlah air terjun yang terdapat di lokasi ini. air terjun tertinggi memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Selain itu, ada juga air terjun yang tidak terlalu tinggi namun memiliki aliran yang bercabang-cabang.

Grojogan Sewu

Salah Satu Air Terjun di Grojogan Sewu (foto:bobo.kidnesia.com)

Sebelum melihat keindahan dan merasakan sensasi air terjun ini, wisatawan harus menapaki 1.250 anak tangga terlebih dahulu. Namun untuk menikmati sebuah pemandangan yang menawan, rasanya seribu anak tangga tidak ada apa-apanya. Banyak transportasi umum yang melewati tempat wisata ini. Dari Solo, perjalanan dapat ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

Gua Jatijajar

Gua Jatijajar adalah tempat wisata di Jawa Tengah lain yang harus dikunjungi. Bukan apa-apa, keindahan guanya sangat sayang untuk dilupakan. Terletak di desa Jatijajar, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, Gua Jatijajar memiliki panjang sekitar 250 meter. Uniknya, di gua yang ditemukan oleh seorang petani ini ditemukan tujuh aliran sungai, walaupun hanya empat yang mudah diakses, yaitu Sungai Puser Bumi, Jombor, Mawar dan Kantil.

Gua Jatijajar salah satu tempat wisata di jawa tengah

Gua Jatijajar (foto: eloratour.wordpress.com)

Pengunjung yang datang ke gua ini akan menyaksikan patung-patung yang mengisahkan legenda dari Lutung Kasarung atau Raden Kamandaka. Pengunjung juga dapat melihat stalaktit dan stalagmit yang menghiasi gua ini. Soal penerangan, tidak usaha hawatir sebab pengelola goa ini sudah memberikan penerangan yang cukup guna memberi kenyamanan kepada para pengunjung. Jadi tunggu apa lagi, segera saja kunjungi tempat wisata ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Jawa Tengah berbasis wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Silakan Kunjungi tempat wisata di Jawa Tengah bagian dua. Ada beberapa tempat wisata lain yang belum kami sebutkan seperi Gua Kreo di kota Semarang, Cagar Alam telaga Ranjang di kabupaten Brebes, dan Bukit Cinta di Semarang. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment