Tempat Wisata di Jawa Barat Wajib Dikunjungi



Tempat wisata di Jawa Barat sangat banyak sekali, baik wisata alam, sejarah, budaya, berteknologi, kuliner hingga wisata belanja. Setiap daerah tentu memiliki karakteristik dan keunggulannya tersendiri, begitu juga dengan setiap daerah di Jawa Barat. Dari sisi pariwisata, Jawa barat bagian utara dan selatan memiliki pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi. Sedangkan Jawa Barat bagian tengah memiliki panorama pegunungan yang tidak kalah indah.

Provinsi yang juga dijuluki tatar Sunda ini dianugrahi alam yang begitu indah. Salah satunya adalah pegunungan yang terbentang dari barat hingga ke timur. Adanya pegunungan ini berimplikasi pada sarana pariwisata yang tersedia baik yang berbentuk kawah, air terjun, panorama alam maupun arung jeramnya. Untuk arung jeram banyak terdapat di wilayah Bogor dan Sukabumi seperti Arung jeram sungai Citarik dan Citatih.

Sungai Citarik

sungai citarik, Tempat wisata di jawa barat

Sungai Citarik Salah Satu Tempat Wisata di Jawa Barat (foto:acktionoutbound.com)

Sungai Citarik yang terdapat di wilayah Sukabumi dikenal sebagai salah satu spot yang sangat cocok untuk kegiatan arung jeram. Arung jeram di sungai ini sudah dikenal sejak lama terutama oleh masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya.

Keunikan sungai Citarik adalah tidak terlalu dalam namun memiliki banyak batu dengan arus yang tidak terlalu besar. Orang yang baru belajar pun dapat melakukan arung jeram di sungai ini. Pantas saja, jika di akhir pekan, sungai ini selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin merasakan olah raga air yang cukup menantang ini.

Sungai Cicatih

Sungai lain yang sering dijadikan wahana arung jeram adalah sungai Cicatih. Seperti sungai Citarik, sungai ini pun terdapat di wilayah Sukabumi. Keunikannya, sungai ini memiliki kedalaman yang cukup dalam dan air yang lebih deras daripada sungai Citarik. Selain itu sungai Citatih juga memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang lebih tinggi. Tentunya kegiatan arung jeram di sungai ini lebih seru dan menantang. Namun Anda tidak perlu khawatir soal keamanan, sungai ini tetap aman bagi siapapun termasuk mereka yang tidak bisa berenang.

Green Canyon

Tempat Wisata di Jawa Barat

Green Canyon Indonesia Merupakan Salah Satu Tempat Wisata di Jawa Barat (foto:caniagotravel.blogspot.com)

Green Canyon adalah salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terletak di wilayah Pangandaran, Green Canyon menjadi daya tarik wisata yang sangat eksotis dengan pepohonan yang rindang, sungai yang jernih, tebing yang hijau, dan goa yang dipenuhi stalakmit dan stalaktit yang menawan.

Menikmati keindahan Green Canyon Indonesia ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan perahu tempel dan perahu tempel yang banyak disewakan. Tempat wisata ini berada sekitar 30 KM atau satu jam perjalanan dari pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, namun Anda harus berhati-hati juga ketika ingin berenang di pantai ini. Tidak boleh melewati garis batas yang diperkenankan untuk berenang. Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset dari pantai ini. Selain itu wisatawan pun dapat melakukan beragam kegiatan seperti berkeliling dengan sepeda, para sailing, jet ski, memancing, dan berperahu pesiar.

Untuk akomodasi dari luar daerah, sebetulnya di Pangandaran terdapat Bandara Nusawiru namun baru bisa diakses dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dan Bandara Husen Sastranegara Bandung.

Goa Buniayu

Tempat wisata di jawa barat

Goa Buniayu Merupakan Salah Satu Tempat Wisata di Jawa Barat (foto:backpackerindonesia.com)

Goa Buniayu adalah tempat wisata di Jawa Barat yang juga menari untuk dikunjungi. Goa ini berlokasi di Sukabumi atau sekitar 5 jam perjalanan dari DKI Jakarta. Bagi Anda yang suka berpetualang, mengunjungi Goa Buniayu adalah salah satu wisata yang sangat menyenangkan. Uniknya, untuk masuk ke goa ini, wisatawan harus menuruni mulut goa yang berbentuk vertikal. Di dalam gua Anda akan menemukan stalakmit dan stalaktit yang indah selain akan menemukan hewan yang tidak dapat ditemui di permukaan bumi.

Well, sebetulnya sangat banyak sekali tempat wisata di Jawa Barat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di edisi selanjutnya kami akan mengupasnya lebih lanjut. Namun ada baiknya baca juga Ragam Keindahan Tempat Wisata di Garut, Tempat Wisata di Bandung, dari Sejarah hingga Fashion, dan Tempat Wisata di Bogor yang Paling Menarik untuk Dikunjungi. Selamat berwisata!

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment