Tempat Wisata di Batam Yang Menarik Disinggahi



Tempat Wisata di Batam cukup banyak jumlahnya. Wilayah yang bertetangga dengan Singapura dan Malaysia ini memiliki letak yang sangat strategis, salah satunya karena adanya jalur pelayaran internasional. Tidak heran jika Batam masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dalam sejarahnya, Batam merupakan salah satu kawasan yang mengalami pertumbuhan ekonomi paling cepat di Indonesia. Itulah yang terekam sejak wilayah ini mulai dikembangkan pada tahun 1970-an.

Tempat Wisata di Batam

(foto:welcometobatam.com)

Masih soal wilayah, Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau. Batam terdiri dari tiga pulau yaitu Pulau Batam, Rempang, dan Galang. Ketiga pulau ini dihubungkan oleh jembatan Barelang atau Barelang Bridge yang juga merupakan ikon kota Batam. Tidak sedikit wisatawan yang mengabadikan keberadaan mereka di jembatan ini. Mirip-mirip dengan Gedung Sate di Bandung atau tugu Buaya dan Hiu di Surabaya, yang menjadi ikon kota masing-masing.

Berbicara tempat wisata di Batam yang menarik disinggahi, panduanwisata.net akan membedahnya setidaknya dalam beberapa bagian, kelompok wisata bahari, wisata belanja, wisata kuliner, wisata olahraga, wisata budaya, wisata religi, dan wisata sejarah. Sangat beragam bukan? Mari kita telusuri satu persatu.

Wisata Bahari 

Tempat Wisata di Batam

Wisatawan Sedang Beramain Banana Boat di Pantai Marina (foto:galleryoftravel.blogspot.com)

Wisata Bahari menjadi andalan tempat wisata di Batam. Maklum saja, batam sebagai kota kepulauan memiliki garis pantai yang cukup panjang. Selain itu, ombaknya juga tenang. Jika tidak percaya, coba saja datang ke Pantai Marina. Pantai Marina dikembangkan dengan konsep kota tepi pantai dengan fasilitas seperti banana boat, parasailing, jetsky dan sebagainya. Ada juga Pantai Kampung Nongsa yang terletak di Nongsa. Daya tarik pantai ini, adanya kampung tradisional Melayu dengan keindahan panorama Singapura.

Wisata Belanja

Tempat Wisata di Batam

Batam City Square

Wisata Belanja juga menarik dilakukan ketika berkunjung ke Batam. Untuk urusan belanja, Batam sudah memiliki beberapa pusat perbelanjaan dengan desain modern. Sebut saja Batam City Square yang terletak di Penuin yang menjual produk seperti tas, jam, sepatu, baju, aksesoris dan sebagainya. Ada juga Diamond Citu Mall yang terletak di Jodoh, Lucky Plaza yang terletak di Nagoya, Mega Mall yang terletak di Batam Center, dan sebagainya. Beberapa tempat wisata di Batam tersebut bisa menjadi tempat Anda untuk berbelanja.

Wisata Kuliner

Wisata Kuliner adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Batam. Tempat wisata di Batam untuk kuliner cukup beragam, dari makanan tradisional Indonesia hingga masakan mancanegara. Sebut saja, Soto Ayam Surabaya yang terletak di Komp. Nagoya City Center dan Restaurant Pondok Batam Kuring yang terletak di Jl. Prambanan Bukit Senyum-Jodoh, untuk makanan tradisional. Ada juga Restaurant KAZU di Komp. Harmoni-Nagoya yang menjual makanan khas Jepang dan Seoul Garden yang menjual makanan khas Korea.

Wisata Religi

Wisata Religi jangan dilupakan. Walaupun Batam dikenal sebagai tempat yang cukup galomor, beberapa tempat wisata di Batam yang berkaitan dengan religi sering dikunjungi. Mesjid Raya Batam yang terletak di Batam Center adalah salah satunya. Uniknya, mesjid yang berukuran luas ini tidak memiliki tiang penyangga di bagian dalamnya. Pura Agung Amertha Bhuana di Tiban, Vihara Maha Duta Maitreya di Sei Panas, Klenteng Cetya Tridarma di Batam Center, dan Patung Dwi Kwan Im di Tanjung Pinggir adalah beberapa tempat wisata religi yang dapat dikunjungi.

Wisata Olahraga

Untuk wisata olahraga, Batam memiliki tempat untuk olahraga air softgun di komplek Pasar Pelita, dan beberapa tempat golf, salah satunya Palm Spring Golf & Country Club di Nongso. Beberapa tempat bersejarah yang menjadi objek wisata sejarah adalah Kamp Vietnam di Pulau Galang, makam Temenggung di Pulau Bulang Lintang, dan makam Nong Isa di Nongsa. Itulah beberapa tempat wisata di Batam yang menarik disinggahi. Mengunjungi tempat wisata, bisa menjadi bumbu dari perjalanan formal Anda. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment