Tanah Lot Bali, Tempat Wisata Pujaan di Bali



Tanah Lot Bali adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Bali. Namanya sudah tersohor hingga penjuru bumi. Terletak di desa Braban, Tanah Lot merupakan sebuah pulau karang yang memiliki dua pura di atasnya. Tanah Lot merupakan tempat kramat bagi masyarakat setempat juga tempat paling menarik untuk dikunjungi wisatawan. Jika diperhatikan, bentuk karang Tanah Lot memang seperti burung. Pantas saja masyarakat setempat memberinya nama gili beo, atau batu karang yang menyerupai burung.

Tanah Lot Bali

Pura Tanah Lot Bali (foto:fotowisata.com)

Pura Tanah Lot atau biasa disebut Pura Pakendungan konon dibangun pada abad ke-16 oleh seorang penyebar agama Hindu dari tanah Jawa, bernama Danghyang Nirartha. Kedatangannya ke tanah Bali bukan tanpa alasan. Konon, ia mengikuti sinar suci yang memancar dari arah tenggara yang ternyata berasal dari sebuah batu karang yang berbentuk burung. Di tempat inilah Danghyang Nirartha melakukan meditasi dan pemujaan kepada Dewa Penguasa Laut.

Masih menurut legenda, kehadiran sang pendeta ternyata kurang disenangi oleh pemimpin desa Braban yang juga disebut Bandesa Braban Sakti. Singkat cerita, ia bersama pasukannya menyerang Danghyang Nirartha. Sang pendeta melindungi diri dengan memindahkan batu karang tempatnya meditasi ke tengah laut dan menciptakan ular laut berbisa dari selendangnya. Batu karang itulah yang hingga sekarang dikenal dengan nama Tanah Lot. Bandesa Braban akhirnya takluk dan Danghyang Nirartha mendirikan pura yang disebut Pura Tanah Lot atau Pura Pakendungan.

Mari kita cukupkan dengan legenda Tanah Lot, kini saatnya kita menyimak apa saja keunikan Tanah Lot Bali hingga memiliki daya magis yang dapat mengundang wisatawan dari penjuru bumi. Izinkan panduanwisata.net untuk memandu Anda mengunjungi tempat wisata ini.

Tidak salah lagi, keberadaan pura menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Pura yang merupakan salah satu dari Pura Sad Kahyangan ini sebenarnya tidak dapat seenaknya dimasuki wisatawan. Hanya orang tertentu yang direstui kepala adat atau pada ritual tertentu orang bisa masuk ke dalam pura. Begitupun dengan orang yang sedang haid atau sedang hamil, tidak diperbolehkan memasukinya. Namun tidak usaha hawatir, kita bisa menyaksikan keelokan pura dari pelatarannya.

Tanah Lot bali

Ular Suci dan Mata Air Suci di Tanah Lot Bali (foto:amp-sectorfreemagz.com)

Daya tarik lain dari Tanah Lot Bali adalah sebuah mata air suci dan ular suci yang terdapat di pulau karang ini. Mata air yang disebut Tirta Pabersihan ini uniknya bukan air laut sebagaimana lautan yang mengelilinginya, tapi air tawar. Banyak wisatawan terutama mereka yang beragama Hindu menganggap air ini sebagai air keramat dan menggunakannya untuk menyucikan diri. Mereka percaya dengan mencuci muka atau anggota badan lainnya, sambil memanjatkan doa, doanya akan dikabulkan oleh Yang Kuasa.

Daya tarik lainnya adalah adanya ular suci. Secara ilmiah ular ini memiliki bisa yang lebih berbahaya dari Kobra. Namun tidak usah hawatir, ternyata ular ini sama sekali tidak pernah membahayakan para pengunjung. Pengunjung bukan hanya dapat melihat, namun juga dapat memegang ularnya dengan tangan kosong. Ular ini dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai ular penjaga pura. (Baca Juga: Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi)

Ada satu moment yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Tanah Lot Bali. Yaitu, saat sunset menjelang. Di sore hari, tempat ini akan disesaki ribuan wisatawan yang ingin menikmati keindahan panorama sunset di Tanah Lot Bali. Jika sudah demikian, siapkan kamera Anda untuk mengabadikan moment indah tersebut.

Tanah Lot Bali

Sunset di Tanah Lot Bali (foto:tanahlot.net)

Di Tanah Lot Bali, wisatawan dapat menikmati event wisata Tanah Lot Spectacular yang berisikan berbagai seni pertunjukan seperti tari kecak kolosal, okokan dan tektekan kolosal. Wisatawan juga dapat menyaksikan ritual Odalan atau hari jadi Pura Tanah Lot. Kedua kegiatan ini memang tidak diadakan setiap hari. Untuk ritual Odalan, diadakan 210 hari sekali. Semoga saja Anda beruntung dapat menyaksikan salah satu kegiatan menarik tersebut ketika mengunjungi salah satu tempat wisata di Bali paling favorit ini. (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment