Taman Jomblo, Taman Kota Terunik di Dunia



Taman Jomblo di kota Bandung menjadi daya tarik yang unik sekaligus menarik untuk dikunjungi. Berkunjung ke tempat wisata di Bandung, ada baiknya mengunjungi taman tematik yang satu ini. Mengapa taman ini bernama taman jomblo? Berikut adalah pengamatan tim panduanwisata.net, terhadap Walikota Bandung, Ridwan Kamil, yang mencetuskan nama unik ini.

Taman Jomblo

Taman Jomblo (foto:jakpost.travel)

Taman Jomblo, sebenarnya merupakan sebutan tidak resmi dari sebuah taman yang terdapat di bawah jembatan Pasupati yang dicetuskan oleh Ridwan Kamil. Ya, taman ini berada di bawah jembatan Pasupati yang dulunya merupakan tempat yang tidak terurus, pengap, kotor, bahkan cenderung ‘menyeramkan’. Namun kini lokasi tersebut disulap menjadi taman yang indah, bersih, unik, mengundang banyak tanya, juga mengundang rasa penasaran untuk mengunjunginya. (Baca Juga: Tempat Wisata di Bandung; Dari Sejarah hingga Fashion)

Taman Jomblo

Ridwan Kamil (foto:vemale.com)

Ridwan ketika ditanya mengapa taman ini dibuat di bawah jembatan Pasupati, dengan santai ia menjawab, supaya tidak kehujanan sebab jika jomblo sampai kehujanan nasibnya lebih tragis. Ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga pula. Sudah jomblo, kehujanan pula. Ya, itu jawaban humorisnya. Jawaban ilmiahnya tentu saja agar warga kota lebih mencintai kotanya dan interakasi warga di sebuah publik area menunjukan tingkat kesehatan kota tersebut.

Menurut Ridwan Kamil, taman itu disebut Taman Jomblo karena bentuk kursinya yang hanya bisa ditempati oleh satu orang. Kursi berbentuk kubus yang terdiri sekitar 60 buah ini menarik lantaran dicat dengan aneka warna. Itulah mengapa taman ini disebut Taman Jomblo. Intinya jomblo itu sekedar joke saja, namun ternyata joke itulah yang diingat masyarakat. Barangkali inilah Taman Jomblo satu-satunya yang ada di muka bumi ini.

Jika diperhatikan lebih jauh, posisi kubus tersebut seperti melayang di atas tanah. Pada siang hari, posisi tersebut tidak terlalu indah. Namun jika malam menjelang, kubus-kubus itu seperti melayang di atas tanah disinari dengan lampu yang ada di dalam kubus. Menarik bukan? Jadi tidak ada salahnya Anda berkunjung ke tempat unik yang satu ini.

Taman yang baru diresmikan pada awal 2014 ini, dari sisi konsep cukup menarik. Fasilitas yang tersedia seperti wifi gratis bisa digunakan oleh jomblowan atau jomblowati yang ingin menghabiskan waktunya di tempat ini. Namun demikian, karena usia taman ini yang masih seumur jagung, pohon-pohon yang ada belum tinggi. Sehingga kondisi tamannya masih sedikit gersang.

Taman Jomblo

Taman Jomblo

Taman Jomblo sebetulnya memiliki nama resmi Taman Pasupati. Di taman ini terdapat beberapa taman dengan tema tertentu salah satunya adalah taman jomblo. Selain taman jomblo, juga terdapat taman skateboard yang selalu dipadati pecinta olahraga ini untuk menjajal kemahirannya. Jadi, jika Anda berkunjung ke taman Jomblo, beberapa taman lain dapat Anda nikmati juga. Ibaratnya, sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui. Ibarat lainnya, sambil menyelam minum kopi. Sedaaappp!

Taman Jomblo selalu dipadati kaula muda terutama pada malam minggu. Bukan hanya sekedar kongkow-kongkow, banyak juga anak-anak muda kreatif yang membawa kreasinya dan mempertontonkannya kepada publik. Jadilan taman ini semakin meriah. Begitupun dengan hari minggu, banyak masyarakat bandung terutama muda-mudi yang mengunjungi tempat ini.

Menuju Taman Jomblo

Untuk mengunjungi taman ini cukup mudah, Anda bisa keluar di pintu tol Pasteur. Taman ini terletak di sebelah Balubur Town Square (Baltos) atau tepat di samping jalan masuk jembatan layang Pasupati dari arah taman sari menuju Pasteur. Jadi jika Anda keluar di pintu tol Pasteur dapat menaiki jembatan Pasupati terlebih dahulu, kemudian turun menuju arah taman sari. Jika Anda mengunjungi tempat ini dengan membawa kendaraan, bisa memarkirnya di Baltos. Kemudian jalan kaki ke area taman. Selamat berwisata!

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment