Soto Betawi Khas Wisata Kuliner Jakarta



Wisata kuliner Jakarta selalu menjadi daya tarik bagi siapapun yang datang ke ibu kota. Berwisata rasanya tidak lengkap jika tidak mencoba makanan khas daerah yang dikunjungi. Ibarat sayur tanpa garam. Hambar. Di antara sekian banyak kuliner yang ada di Jakarta, baik dari jenis kuliner lokal maupun internasional, terdapat satu makanan khas ibu kota yang tidak boleh dilewatkan. Yap, namanya Soto Betawi.

Wisata kuliner jakarta

Soto Betawi (foto:indonesiawow.com)

Panduanwisata.net kali ini akan memandu Anda mengunjungi beberapa tempat dijualnya Soto Betawi yang dikenal top markotop. Soto betawi dikenal dengan rasanya yang gurih, bersantan dan berwarna coklat agak bening. Ada beberapa jenis soto betawi seperti soto daging, soto paru, dan soto campur.

Kuah soto ini biasanya terbuat dari campuran santan dan susu sehingga rasanya gurih dan teksturnya agak kental. Soto betawi biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng dan emping.

Soto Betawi Haji Husen

Soto Betawi Haji Husen yang berada di Jl. Padang Panjang, Manggarai, merupakan salah satu wisata kuliner Jakarta yang juga menarik untuk dikunjungi. Soto betawi ini bisa dikatakan sudah cukup berumur, sebab sudah 25 tahun pemilikinya, H. Husen, melayani pembeli-pembeli yang berlangganan sotonya. Dengan harga sekitar Rp. 17.000, soto Betawi Haji Husen selalu dibanjiri pembeli terutama mereka yang tinggal di kawasan Manggarai dan sekitarnya.

Soto haji Husen memiliki ciri berwarna kuning kemerahan. Dagingya diiris besar-besar namun sangat empuk ketika digigit lidah. Justru ini menariknya. Ada kepuasan tersendiri ketika menggigit daging yang ukurannya besar namun tekstrurnya sangat empuk. Kuahnya yang merupakan perpaduan antara santan dan susu, membuat rasanya sangat gurih. Dipadukan dengan sambal dan emping, soto betawi Haji Husen ini rasanya sangat ruarr biasa.

Soto Betawi Pak Yunus

Soto Betawi Pak Yunus. Inilah tempat wisata kuliner Jakarta yang wajib  dikunjungi. Dengan bandrol harga sekitar Rp. 20.000 setiap porsi, pengunjung sudah bisa menikmati soto betawi ini dengan lahap. Soto Pak Yunus dapat dijumpai di Jl. Teuku Umar, Menteng, tidak jauh dari stasiun Gondangdia. Soal rasa, soto betawi Pak Yunus tidak jauh berbeda dengan soto betawi haji Husen.

Soto Betawi Bang Madun

Soto Betawi Bang Madun adalah salah satu tempat wisata kuliner Jakarta yang tidak boleh luput untuk dicoba. Soto Bang Madun sudah sangat popular khususnya bagi masyarkat yang tinggal atau bekerja di sekitar Blok M. Berada di kawasan padat, soto Bang Madun selalu ramai dikunjungi oleh pembeli. Harga soto sendiri dibandrol di kisaran Rp.20.000. Jika Anda ingin mencoba soto ini, silahkan dating ke Jl. Barito, Jakarta Selatan.

Soto betawi Bang Madun sudah ada sejak tahun 1960-an. Pengelola saat ini adalah generasi ketiga dari pendirinya. Walaupun demikian, rasa khas soto betawi Bang Madun tetap terjaga dari dulu sampai sekarang. Dari pengamatan panduanwisata.net, setelah daging dan jeroan direbus dengan bumbu khas Bang Madun, kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan. Dengan demikian, rasa daging maupun jeroannya menjadi lebih gurih.

Soto Haji Saleh Kumis 45

Soto Haji Saleh Kumis 45 adalah salah satu tempat wisata kuliner Jakarta yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Berada di Jl. Kendal, Menteng, Jakarta Pusat, soto ini selalu diburu penikmat soto terutama mereka yang tinggal atau bekerja di sekitar kawasan Menteng. Kuahnya yang berwarna coklat muda dengan aroma harum kaldu selalu memanjakan siapapun yang mampir di sini.

Berbicara makanan, memang tidak pernah ada habisnya terutama karena rasanya yang bias sangat memanjakan lidah. Mengunjungi Jakarta, rasanya belum lengkap jika tidak melakukan wisata kuliner Jakarta. Salah satunya adalah mencicipi soto Betawi. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

One Comment

  1. Andiny says:

    Jakarta merupakan daerah yang banyak sekali makanan yang sangat enak dan lezat. Wisata kuliner jakarta sangat menarik untuk segera dicicipi seperti soto betawi. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Kuliner yang bisa anda kunjungi di Kuliner Indonesia

Leave a Comment