Senandung Alam di Saung Angklung Udjo



Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata budaya yang terdapat di Bandung. Sebagai padepokan yang dikelola secara profesional, Saung Angklung Udjo menjadi rujukan utama soal angklung baik dalam hal pembuatan alat, perawatan hingga pembasmian hama yang menyerang alat musik yang terbuat dari bambu ini.

Saung Angklung Udjo

Pertunjukan Angklung di Saung Angklung Udjo (foto:promobdg.com)

Saung Angklung Udjo bisa dikatakan sebagai sanggar seni, laboratorium pendidikan, sekaligus objek wisata budaya khas masyarakat Sunda. Di tanah seluas 1,2 hektar, Saung Angklung Udjo seakan mercusuar yang menerangi seluruh penjuru bumi soal kearifan lokal melalui alat musik dari bambu. Tidak kurang dari 42 negara telah mengenalkan angklung kepada warganya masing-masing. Bahkan di Korea Selatan, angklung dikenalkan sejak sekolah dasar.

Saung Angklung Udjo didirikan pada tahun 1967 oleh mang Udjo beserta istri. Mang Udjo mendirikan padepokan dilandaskan pada kecintaannya pada alat musik yang merupakan khas Jawa Barat ini. Anda pasti tahu apa itu angklung, alat musik yang terbuat dari bambu ini mempunyai suara dan irama yang sangat khas. Alat musik yang dibunyikan dengan cara digoyang ini terdiri dari pipa bambu dengan ukuran yang berbeda dan ditempatkan pada sebuah bingkai. (Baca Juga: Menikmati Keindahan Situ Patenggang)

Saung Angklung Udjo menjadi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi salah satunya ditopang dengan bangunannya yang asri dengan ornamen yang serba bambu. Di sini wisatawan dapat menonton pertunjukan angklung dan demonstrasi berbagai kesenian Sunda lainnya. Wisatawan juga dapat mempraktekkan langsung dan melihat proses pembuatan alat musik angklung.

Saung Angklung Udjo

Pertunjukan di Saung Angklung Udjo (foto:indonesia.travel)

Pertunjukan yang ditampilkan di Saung Angklung Udjo sebetulnya terdiri dari pertunjukan bambu petang, setengah hari di Saung Angklung Udjo, sehari di Saung Angklung Udjo dan workshop angkulng Udjo. Pertunjukan bambu petang merupakan pertunjukan utama yang biasanya terdiri dari pertunjukan wayang golek, upaca helaran, tari tradisional, angklung pemula, angklung orkestra, masal dan arumba. Pertunjukan bambu petang dikembangkan dari sebuah konsep kaulinan urang lembur yang diciptakan oleh Mang Udjo (alm).

Dalam kegiatan setengah hari di Saung Angklung Udjo, peserta yang biasanya merupakan murid sekolah akan mempelajari lebih dalam soal kebudayaan ini. Peserta akan dikenalkan sejarah padepokan, belajar membuat angklung, menonton pertunjukan bambu petang, hingga peserta diminta untuk menuliskan pengalamannya mengunjungi Saung Angklung Udjo dalam sebuah karangan. Peserta juga akan dijamu prasmanan dengan menu makanan khas Sunda. Dijamin, sedap!!!

Adapun dalam program workshop, peserta akan diberikan kesempatan untuk membuat sendiri angklung kemudian dimainkan dalam pertunjukan bambu kaulinan urang lembur. Angklung yang telah dibuat juga bisa dibawa pulang sebagai cinderamata.

Menuju Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo yang terletak di Jl. Padasuka No. 18 Bandung ini, cukup mudah dijangkau dengan berbagai transportasi, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa keluar di pintu tol Pasteur dan naik jembatan layang menuju arah Cicaheum. Kemudian mengikuti petunjuk menuju Jl. Padasuka. Saung Angklung Udjo menyediakan parkir yang cukup luas, baik untuk bus pariwisata terutama kendaraan pribadi.

Berbagai sarana transportasi yang menuju Bandung seperti pesawat, kereta api, bus, maupun travel dapat digunakan jika Anda datang dari luar daerah. Selanjutnya bisa menggunakan taksi atau kendaraan umum dengan patokan arah terminal Cicaheum. Dari arah Surapati bisa menggunakan angkutan kota (angkot) tujuan Cicaheum-Ciroyom dan berhenti di pertigaan Jl. Padasuka. Jarak antara terminal dan Jl. Padasuka hanya sekitar 100 meter saja. Jika menggunakan angkot, Anda perlu naik ojeg untuk menyusuri Jl. Padasuka hingga tiba di lokasi. Jarak dari pertigaan ini sekitar 500 meter. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment