Sedapnya Makanan Khas Wisata Kuliner Jogja



Wisata kuliner Jogja dikenal dengan keunikan dan kekhasannya. Banyak makanan khas Jogja yang menjadi ikon wisata kota pelajar ini. Di antara sekian banyak makanan khasnya, gudeg, sate klatak, dan sego pecel adalah makanan yang tidak boleh dilewatkan. Di mana saja makanan tersebut bisa dibeli? Yu, kita cek ke lokasi. (Baca Juga: Wisata Ke Pantai Eksotis Jogja)

Wisata Kuliner Jojga

Gudeg Jogja (foto:gpswisataindonesia.blogspot.com)

Gudeg

Gudeg adalah salah satu makanan khas Jogja yang sudah terkenal hingga mancanegara. Berkunjung ke Jogja, rasanya tidak lengkap jika tidak mencoba wisata kuliner Jogja ini. Mungkin ada yang belum tahu kalau gudeg ada dua jenis, gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg kering cirinya tidak berkuah, warnanya lebih hitam, dan rasanya lebih manis. Sedangkan gudeg basah dikenal dikenal dengan kuah sayur tempe atau tahunya. Gudeg mana yang lebih Anda sukai? Rasanya, keduanya sama maknyus-nya.

Wisata Kuliner Jogja

Warung Gudeg Yu Djum (foto:jajanankuliner.wordpress.com)

Jika Anda ingin mencoba gudeg paling maknyus, datanglah ke sekitar Jalan Kaliurang, sebelah utara Fak. Kehutanan UGM. Di sana terdapat gudeg Yu Narni, Yu Djum, dan Bu H. Ahmad yang terkenal karena citarasanya. Sentra gudeg ini selalu dipenuhi wisatawan dari luar kota. Tempat yang juga menjual gudeg dengan cita rasa paling terkenal adalah kawasan Jl. Solo atau Jl. Adisucipto. Di tempat ini, penjual gudeg berderet dengan cara lesehan dari pukul 21:00 sampai 02:00. Sentra gudeg ini dikenal dengan gudeg basahnya.

Sate Klatak

Sate Klatak adalah salah satu makanan khas wisata kuliner Jogja. Dari namanya jelas, makanan ini adalah sate. Tapi kenapa dinamakan sate klatak, ini sesuai dengan bunyi ‘klatak’ yang terdengar ketika sate ini dibakar. Suara tersebut muncul dari bumbunya yang berupa air garam. Inilah salah satu keunikan sate klatak, di mana sate ini dibakar dengan dicelupkan terlebih dahulu pada air garam. Keunikan lainnya, sate ini ditusuk dengan jeruji sepeda bukan dengan tusuk bambu seperti pada umumnya.

Wisata Kuliner Jogja

Sate Kalathak, Perhatikan Tusuk Satenya Yang Menggunakan Besi Jari-Jari Sepeda (foto:info.promosia.com)

Daerah wisata kuliner Jogja yang terkenal dengan sate klatak-nya adalah Imogiri, sebelah selatan kota Jogja. Salah satu yang paling terkenal adalah Sate Klatak Pak Pong yang terletak di Jl. Imogiri Timur KM 7, Wonokromo. Sekitar 25 menit dari kota Jogja. Banyak wisatawan yang mengunjungi kios ini karena tempatnya yang nyaman dan tempat parkir yang memadai. Sate Klatak Pak Pong buka kira-kira dari jam 10:00 sampai 23:00. Sate Klatak akan lebih nikmat jika dinikmati dengan kuah gulai dan sedikit cabe rawit agar rasanya lebih menggigit.

Sego Pecel

Sego Pecel merupakan salah satu makanan khas Jogja. Makanan ini terdiri dari sayuran seperti bayam, kacang panjang, tauge, kol, dan sebagainya. Sayuran tersebut kemudian dicampur dengan bumbu kacang. Sebagai lauknya, Sego Pecel biasanya ditemani oleh tahu tempe, telur mata sapi, bakwan dan sebagainya. Sego pecel biasanya disajikan dengan nasi hangat atau bakmi goreng. Bumbunya yang khas, dengan nasi hangat yang dihidangkan, Sego Pecel menjadi salah satu objek wisata kuliner di Jogja yang tidak boleh absen.

Wisata Kuliner Jogja

Sego Pecel (foto:djogjayogyakarta.blogspot.com)

Makanan tradisional ini bisa dijumpai di banyak sudut kota Jogja, Salah satunya di kawasan Pasar Beringharjo. Jika Anda berkunjung ke Malioboro, dilanjutkan ke Pasar Beringharjo, di depan pasar Anda akan menemukan banyak penjual Sego Pecel. Mereka berjualan dengan cara lesehan, sebagaimana kuliner khas Jogja lainnya disajikan. Namun salah satu Sego Pecel paling legendaris justru ada di seberang Fakultas Pertanian UGM yaitu Sego Pecel Bu Wiryo. Untuk sebuah kuliner nikmat, tidak ada salahnya Anda sedikit bergerak menuju lokasi.

Itulah beberapa makanan khas wisata kuliner Jogja yang tidak boleh dilewatkan. Di edisi selanjutnya, panduanwisata.net akan mengupas soal minuman khas dan cemilan khas wisata kuliner Jogja. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

2 Comments

  1. Yudha Ardiansyah says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Wisata Kuliner Jogja
    Saya setuju dengan adanya website ini, sebagai sarana pengenalan wisata di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Wisata Kuliner Indonesia yang bisa anda kunjungi di Pariwisata

  2. Edy Dieng says:

    Tulisannya keren2! ijin subscribe sambil buat belajar menulis Gan
    :D

Leave a Comment