Ragam Keindahan Tempat Wisata di Garut



Tempat wisata di Garut cukup banyak dan tentunya tidak kalah menarik dibandingkan tempat wisata di daerah lain. Garut tidak hanya dikenal sebagai kota penghasil dodol atau domba yang memiliki tanduk yang indah. Berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya di timur, Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Cianjur di sebalah barat, dan Kabupaten Sumedang di utara, menjadikan Garut sebagai daerah yang kaya dataran tinggi juga memiliki garis pantai yang cukup luas. (Baca Juga: Tempat Wisata di Solo Paling Tersohor)

Kali ini, panduanwisata.net akan memandu Anda mengunjungi beberapa tempat wisata di Garut yang layak Anda kunjungi.

Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah salah satu tempat wisata di Garut yang paling menarik untuk dikunjungi. Terletak di kecamatan Cikelet, atau berjarak sekitar 88 KM dari kota Garut, pantai Santolo memiliki daya tarik panorama yang indah. Suasananya yang sunyi, hanya ada debur ombat pantai selatan, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Fasilitas penunjang yang tersedia juga cukup lengkap, sehingga menjadi daya tawar bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Pantai Santolo merupakan salah satu tempat wisata di garut

Pantai Santolo (foto:infogarut.net)

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya adalah pantai lain di Garut yang memiliki daya tawar tinggi bagi wisatawan. Keunikan pantai ini adalah adanya air terjun yang berhadapan langsung dengan pantai. Sangat cantik. Pantai Rancabuaya memiliki ombak layaknya pantai selatan yang memiliki ombak cukup besar. Kelebihan lain yang dimiliki pantai ini adalah batu karangnya yang cukup banyak dan besar, sehingga menjadi tempat persembunyian yang nyaman bagi ikan-ikan.

Situ Bagendit

Situ Bagendit kemudian menjadi tempat wisata di Garut yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Situ atau danau Bagendit berlokasi di kecamatan Banyuresmi. Situ Bagendit dikenal memiliki danau yang bersih dan udaranya yang segar. Kualitas lingkungan yang baik inilah yang menjadikan wisatawan tertarik mengunjungi tempat wisata ini. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda juga bisa bermain perahu, sepeda air, menaiki rakit, memancing, atau memandangi keindahan alamnya.

Curug Orok

Curug Orok atau air terjun bayi merupakan tempat wisata di Garut yang berupa air terjun yang paling terkenal. Curug Orok yang berlokasi di desa Cikandang, memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Rasakan sendiri keindahan dan segarnya berada di curug ini. konon, nama Curug Orok berasal dari cerita masyarakat yang mengatakan bahwa dulu ada seorang ibu yang membuang bayinya dari atas air terjun. Dari sanalah nama Curug Orok semakin familiar di masyarakat.

Curug ini banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama mereka yang berasal dari Kota Garut, Bogor, Bandung, dan Jakarta. Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini cukup murah, hanya Rp. 10.000 per orang.

Gunung Papandayan

Tempat wisata di garut

Pendakian Gunung Papandayan Yang Merupakan Tempat Wisata di Garut (foto:tempatwisataid.com)

Gunung Papandayan adalah tempat wisata di Garut yang berupa pegunungan yang banyak dikunjungi wisatawan. Gunung Papandayan sebetulnya gunung api yang masih aktif, namun demikian tidak menyurutkan minat masyarakat untuk mengunjunginya. Berlokasi sekitar 70 KM dari kota Bandung, gunung Papandayan menawarkan daya tarik panorama yang indah terutama ketika matahari terbenam. Panorama ini akan leluasa dinikmati jika melakukan pendakian. Jika tidak mendaki, Anda masih bisa menikmati kawah gunung Papandayan dan pemandian air panasnya.

Struktur alam Kabupaten Garut yang terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah terbukti menawarkan wisata alam yang beragam. Selain tempat wisata di atas, ada beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Karang Paranje, Pantai Puncak Guha, Pantai Cijeruk Indah, Air Panas Cipanas, dan satu lagi yang tidak boleh dilewatkan adalah Candi Cangkuang.

Mengunjungi tempat wisata di Garut, jangan lupa membeli oleh-oleh khas yang banyak dijual di sepanjang perjalanan menuju Garut. Anda bisa membeli cinderamata atau membeli makanan khas seperti dodol dan krupuk kulitnya yang sangat terkenal itu. Selamat berwisata! (SK)


Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment