Puncak Pass Resort, Resort Istimewa Warisan Belanda



Puncak Pass Resort merupakan resort tertua yang terdapat di kawasan puncak. Resort ini memiliki sejarah yang cukup panjang sejak didirikan tahun 1928 lalu. Awalnya resort ini bernama restoran Waven Van Zeeland yang dimiliki oleh seorang Meneer Colijn. Baru pada tahun 1973, restoran ini berganti kepemilikan juga berganti nama menjadi Puncak Pass Resort. (Baca Juga: Resort Terunik di Highland Park Resort)

Puncak Pass Resort

Puncak Pass Resort

Bukti keotentikan sejarah Puncak Pass Resort dapat dilihat dari arsitekturnya yang bernilai tinggi khas abad ke-19. Seluruh elemen restoran dan kamar terbuat dari kayu yang berkualitas tinggi. Konsep bangunan pegunungan di Eropa memang menggunakan material kayu. Selain itu, dengan kualitas kayu yang bermutu menimbulkan kesan mewah yang tidak dimiliki material lain. Itu lah mengapa resort ini menjadi begitu unik.

Puncak Pass Resort Bungalow

Puncak Pass Resort

Selain peninggalan berupa arsitektur, peninggalan lain yang menarik untuk dicoba adalah menu khas dan favorit dari negeri kincir angin seperti Poffertjes, pannekoek, dan bitter ballen. Menu tersebut masih dipertahankan sejak restoran ini berdiri baik dalam hal resep, ukuran, serta tampilannya. Sampai saat ini, warisan sejarah tersebut terus dipertahankan dan selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Jika Anda ingin melihat arsitektur asli peninggalan restoran Waven Van Zeeland datanglah ke ruang lobby atau restauran Waringin. Di ruang lobby, terdapat sebuah furnitur kuno yang masih terawat dengan baik. Furnitur berupa tempat duduk tersebut terbuat dari kayu jati kuno yang memiliki kualitas tinggi. Salah satunya terlihat dari guratan kayunya.

Masih di ruang lobby, jika Anda menengadahkan kepala ke atas, akan nampak tiga buah lampu gantung yang terbuat dari kayu jati dan meranti. Satu dari tiga buah lampu gantung tersebut berasal dari jaman Meneer Colijn masih berkuasa terhadap restoran ini. Bahkan konon, Meneer sendiri lah yang membuat lampu gantung tersebut.

Hingga saat ini pengelola Puncak Pass Resort terus mengembangkan resort ini dengan konsep ubin berbahan kayu. Selain alasan sejarah, ubin berbahan kayu dapat memberikan rasa hangat dan mampu menyerap hawa dingin, terutama ketika kabut datang. Hal ini berlawanan dengan ubin yang terbuat dari keramik ataupun marmer yang justru menguatkan rasa dingin.

Puncak Pass Resort

Widuri Cafe and Bar di Puncak Pass Resort (foto:tripadvisor.com)

Puncak Pass Resort memiliki berbagai tipe penginapan dan restoran yang juga memiliki beberapa menu andalan. Tipe kamar yang ada di resort ini terdiri dari superior room yang dilengkapi dengan twin bed, telepon, TV kabel, free wifi, dan lainnya.

Ada juga deluxe room yang terdiri dari bungalow deluxe, executive deluxe, dan family deluxe. Satu lagi jenis kamar yang terdapat di sini yaitu tipe suite room yang terdiri dari bungalow suite, executive suite, studio suite, family suite, dan heritage suite.

Berbicara soal restoran, selain menu andalan yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa menu lain yang ditawarkan seperti erwten soup atau sop kacang polong khas Belanda, beef steak tempo doeloe, beef croqutte atau kroket sapi dan kentang yang disajikan dengan saus asam pedas, dan nasi goreng Puncak Pass.

Puncak Pass Resort juga menyediakan fasilitas untuk kegiatan meeting, fasilitas indoor seperti entertainment, fasilitas outdoor seperti area outbond, area olah raga, kolam renang, menunggang kuda dan lapangan parkir yang luas. O ya, pengelola resort ini menetapkan kelas menengah atas sebagai target market mereka, sehingga harga yang dikenakan pun cukup mahal.

Menuju Puncak Pass Resort

Jika Anda ingin mengunjungi resort istimewa ini, Anda dapat menemukannya di Jl. Raya Puncak km 90, Puncak, Jawa Barat. Sangat mudah untuk menuju tempat ini, namun Anda harus memilih waktu keberangkatan yang tepat agar tidak terjebak kemacetan terutama yang diakibatkan buka-tutup jalur Puncak. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment