Pilihan Wisata Bogor yang Memikat Hati



Wisata Bogor sangat banyak sekali. Sebelumnya panduanwisata.net sudah memandu Anda menuju beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bogor. (Baca: Tempat Wisata di Bogor yang Paling Menarik untuk Dikunjungi). Masih seputar wisata Bogor, bagi wisatawan yang sedang mencari lokasi wisata alternatif di Bogor tidak ada salahnya mengunjungi beberapa tempat wisata berikut:

Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango merupakan taman nasional yang secara administratif berada di wilayah Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1980, kawasan ini memiliki luas sekitar 22.851 hektar. Kawasan ini sangat kaya dengan tumbuhan tropis seperti ‘pohon raksasa’ Rasamala dan kantung semar sang pemburu serangga. Selain itu, terdapat berbagai jenis anggrek hutan, bahkan ada beberapa tumbuhan yang belum dikenal namanya secara ilmiah.

Wisata Bogor Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (foto: cibodas-itto.org)

Pada akhir pekan atau hari libur, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) banyak dipenuhi wisatawan terutama di kawasan Cibodas yang menjadi pusat pengelolaan taman nasional ini. oleh-oleh khas dari kawasan wisata ini cukup unik karena berupa sayuran dan buah-buahan segar dengan harga yang tentunya sangat terjangkau. Oleh khas ini dapat dibeli di pasar wisata Cibodas.

Taman Wisata Mekarsari

Wisata Bogor Taman Buah Mekar Sari

Taman Buah Mekar Sari (foto:blog-zasmine.blogspot.com)

Taman Wisata Mekarsari adalah salah satu wisata Bogor yang sangat menarik untuk dikunjungi. Taman wisata ini merupakan pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan terbesar di dunia. Dengan luas sekitar 264 hektar, tempat wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti family garden, baby zoo, garden center, greenhouse melon, bunga bangkai, pongo show, dan sebagainya.

Berbagai kegiatan dapat dilakukan di tempat wisata Bogor yang satu ini seperti company gathering, piknik keluarga, wisata kebun buah, barbeque, fruitwalk (jalan-jalan di kebun buah), dan sebagainya. Biaya tiket masuk Taman Wisata Mekarsari juga cukup murah, hanya Rp. 10.000 per orang, mobil Rp. 5.000 dan motor Rp. 3000. Namun jika ingin berkeliling kawasan dengan kereta keliling dikenakan biaya lagi sebesar Rp. 10.000. Jika belum pernah mengunjungi tempat wisata yang terletak di Jl. Raya Cileungsi KM 03 ini, sempatkanlah untuk mengunjunginya.

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang merupakan salah satu objek wisata Bogor yang tidak boleh dilewatkan. Apa uniknya tempat wisata ini? Well, Anda akan segera mengetahuinya. Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung adat dan yang tertua di tanah Bogor. Hal itu setidaknya berdasarkan Babad Padjajaran. Konon, kampung ini sudah ada sejak jaman kerajaan Sunda di abad ke-12 dahulu. Adat istiadat sangat dijunjungi tinggi di kampung ini baik dalam hal ekonomi, pendirian bangunan, lahiran, maupun hal yang berbau kepercayaan lain.

Wisata Bogor Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang (foto:youtube.com)

Di kampung budaya ini, wisatawan akan menemukan setidaknya 27 bangunan tradiosional yang masih terawat dengan baik. Wisatawan juga akan disajikan dengan berbagai macam kesenian Sunda yang masih dilestarikan. Selain itu juga wisatawan disuguhkan dengan berbagai atraksi seperti pagelaran seni tradisional. Dengan suasana alam yang tenang, udaranya yang sejuk, ditambah dengan hijaunya alam, kampung budaya Sindangbarang ini menjadi tempat yang tepat terutama untuk berakhir pekan.

Hutan Pinus Catang Malang

Wisata Bogor Hutan Pinus Catang Malang

Hutan Pinus Catang Malang

Hutan Pinus Catang Malang termasuk salah satu wisata Bogor yang menarik untuk dikunjungi. Di hutan yang penuh dengan pohon pinus ini, terdapat tiga buah curug yaitu Curug Cidulang, dan dua Curug Ciherang. Rasakan sendiri bagaimana segarnya air terjun ini.

Mengunjungi hutan wisata ini, pikiran akan menjadi tenang dengan panorama alamnya yang menghijau. Terlebih jika kabut tipis sedang turun, keindahan alamnya akan semakin nampak. Secara adminsitratif, hutan wisata ini terletak di desa Wargajaya, kabupaten Cianjur. Untuk mencapai lokasi ini dapat melalui rute Jonggol, Sentul, kemudian melalui Citeureup.

Itulah beberapa tempat wisata bogor yang tidak boleh dilewatkan. Masih banyak wisata bogor lain yang tidak kalah menarik, di edisi selanjutnya, kami akan memandu Anda menutu tempat-tempat tersebut. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment