Pantai Pok Tunggal, Keindahan Dibalik Kokohnya Karang



Pantai Pok Tunggal terletak di kawasan pantai Gunung Kidul, Yogyakarta. Yogyakarta memang memiliki barisan pantai yang terkenal baik yang masuk ke wilayah Batul, Kulon Progo maupun Gunung Kidul. Seperti pantai lainnya, pantai ini pun memiliki keindahan yang eksotis. Namun, jika pantai lain sudah cukup populer di mata wisatawan, Pantai Pok Tunggal memiliki elektabilitas yang rendah namun kualitas nomor wahid. Pantai ini baru dibuka untuk publik sekitar pertengahan tahun 2012. Tidak heran jika banyak yang mengatakan tempat ini sebagai hidden paradise.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal (foto:afifrahma.blogspot.com)

Masyarakat sekitar memberi nama tempat ini sebagai Pok Tunggal. Jika diingat-ingat nama Pok Tunggal memang cukup unik. Mengapa harus Pok Tunggal? Kira-kira begitu pertanyaan yang muncul di benak Anda. Pok artinya pohon atau batang, sedangkan tunggal artinya satu. Jadi Pok Tunggal artinya satu pohon. Ternyata memang benar, di bibir pantai ada satu pohon rimbun yang tumbuh sebatang kara. Uniknya, pohon ini dikenal sulit tumbuh. Namun sebatang pohon yang tumbuh ini jugalah yang menjadi daya tarik dari Pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal

Pohon Yang Menjadi Asal Usul Nama Pantai Pok Tunggal (foto:wikipedia.org)

Pantai Pok Tunggal dikenal dengan bibir pantainya yang luas dengan kontur yang landai ke arah laut. Pasirnya yang berwarna putih, membuat pengunjung yang datang ke tempat ini bersuka cita, bercanda ria dengan berbagai aktifitas. Ada yang melakukan volley pantai, treking tebing dan berbagai olahraga pantai lainnya. Jika malam tiba, bibir pantai yang luas sering digunakan pengunjung untuk mendirikan tenda. Jika Anda tidak membawa tenda, pengelola yang menyediakannya. Hingga sekarang, pengelola pantai memang tidak mendirikan penginapan khusus, tujuannya agar pengujung lebih menyatu dengan alam.

Pantai Pok Tunggal

Pengunjung Yang Berkemah di Pantai Pok Tunggal (foto: iioo26 at kaskus.co.id)

Salah satu panorama keindahan Pantai Pok Tunggal adalah kokohnya tebing karang yang tegak di sekitar pantai. Dari kejauhan, tebing ini seperti benteng yang menutupi keindahan pantai. Tebing ini berdiri kokoh sekitar 50 meter. Untuk olahraga panjat tebing, karang ini sangat cocok digunakan. Di gugusan karang ini juga masih terdapat banyak monyet liar yang hidup. Jika diamati dengan seksama, pengunjung sekali-kali akan melihat berloncatan dari satu sudut ke sudut lain.

Pantai Pok Tunggal

Keindahan Tebing Karang Yang Mengelilingi Pantai Pok Tunggal (foto:iioo26 at kaskus.co.id)

Lokasi wisata yang terletak di antara Pantai Indrayati dan Siung ini, dikenal dengan pantainya yang bersih dengan warna laut yang jernih kebiruan. Siapapun yang mengunjunginya, pasti tergoda untuk menceburkan diri. Merasakan segarnya air laut Gunung Kidul. Di sekitar pantai juga terdapat payung-payung yang dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai. Jangan lupa juga untuk menikmati indahnya cakrawala Pantai Pok Tunggal di langit senja. Tidak heran, banyak wisatawan yang rela bermalam untuk menyaksikannya.

Menuju Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Petunjuk Jalan Menuju Pantai Pok Tunggal (foto:shalluvia.blogspot.com)

Pantai Pok Tunggal memang dikenal dengan keindahannya, namun soal fasilitas jalan, belum terlalu tersentuh dengan baik. Jalan menuju pantai ini masih berbatu dengan karang menjulang di kedua sisinya. Bahkan jalannya juga agak sempit, berkelok-kelok dan bisa dikatakan, terjal. Melewati medan seperti ini, sebaiknya berhati-hati terlebih jika malam hari. Pantai ini bisa ditempuh dari Yogyakarta dalam waktu dua jam perjalanan atau 50 kilometer dari Wonosobo.

Pengelola mengenakan tarif Rp. 20.000 bagi yang ingin menyewa payung dan Rp. 60.000 untuk tenda dome. Mengunjungi Pantai Indrayati atau Pantai Siung, sebaiknya Anda juga mengunjungi pantai yang masih malu-malu menampakkan keindahannya ini. Dijamin, pemirsa sekalian tidak akan kecewa. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment