Pantai Parang Tritis, Eksotis Namun Kental Mistis



Pantai Parang Tritis, siapa yang tidak kenal pantai ini? Pantai yang dinahbiskan sebagai pantai paling terkenal di kawasan Yogyakarta. Pantai yang terletak sekitar 25 KM selatan Yogyakarta ini sering juga disebut sebagai laut kidul yang kental dengan legenda Nyi Roro Kidul sebagai penguasa pantai selatan.

Pantai Parang Tritis dikenal dengan ombaknya yang cukup besar. Bahkan, jika musim kemarau menjelang, ombaknya bisa mencapai dua sampai tiga meter. Oleh karena itu, mengunjungi pantai ini sebaiknya hati-hati ketika mencebur di pantai. Ketika ombak sedang tinggi, pengelola biasanya memberitahu pengunjung untuk tidak mencebur. Namun jika tidak ada himbauan, sebaiknya tidak berenang terlalu jauh dari bibir pantai.

Pantai Prang Tritis

Peselancar Lokal Sedang Beraksi Di Tengah Ombak Pantai Prang Tritis Yang Besar (foto:forum.klikajadeh.net)

Tapi jangan hawatir, pantai ini memiliki reputasi yang baik di mata wisatawan. Ribuan wisatawan berduyun-duyun mengunjungi pantai ini terutama di hari libur. Kokohnya reputasi ini ditopang oleh panorama sunsetnya yang romantis penuh ritmis. Ketika matahari condong ke arah barat, saat itulah wisatawan dengan santai menelusuri bibir pantai sambil menikmati suasana sore yang indah ditemani semilir angin pantai. Ada juga yang duduk-duduk sambil menghayati detik-detik waktu yang ditandakan dengan warna jingga yang semakin menyala. (Baca: Menikmati Keelokan Pantai Baron)

Pantai yang terletak di kawasan Bantul ini memiliki kelebihan dibandingkan pantai lain di kawasan yang sama. Sama-sama berbatasan dengan Samudra Hindia, Pantai Parang Tritis memiliki bukit-bukit pasir yang juga disebut gumuk. Dilihat dari kejauhan, gumuk ini seperti padang pasir Afrika. Tidak heran, jika banyak kalangan menggunakannya untuk kegiatan pre-wedding maupun pembuatan video klip.

Pantai Parang Tritis

Kereta Kuda/Bendi Yang Sedang Menyusuri Pantai Parang Tritis

Mengunjungi pantai ini, Anda sebaiknya mencoba beberapa wahana yang disediakan pengelola. Anda dapat menyewa kuda atau kereta kuda yang biasa disebut bendi untuk menyusuri pantai Parang Tritis dari ujung barat hingga ujung timur. Jika Anda ingin sedikit menguji nyali, di sini juga terdapat ATV adventure yang disewakan kepada pengunjung. Menerobos gundukan-gundukan pasir dan mengontrol mobil yang sedang oleng adalah pengalaman yang sangat berkesan. Rasakan sendiri sensasinya di pantai ini.

Ingin mencoba permainan yang lebih ringan, tidak ada salahnya bermain layang-layang. Banyak penjual yang menjajakannya. Angin yang cukup keras berhembus, dijamin akan menerbangkan layangan Anda. Bermain layang-layang memang sangat asyik bila dilakukan bersama anak atau bersama pasangan. Tidak heran, pada moment tertentu di Pantai Parang Tritis sering diadakan festival layang-layang.

Mengunjungi Pantai Parang Tritis tidak usah hawatir soal tiket atau fasilitas pariwisata. Pengelola pantai mengenakan tarif yang sangat murah untuk bisa berlibur di pantai ini. Soal penginapan, di tempat ini juga terdapat banyak losemen yang harganya sangat terjangkau. Begitupun soal makanan, jika malam tiba jagung bakar siap memanjakan lidah Anda.

Pantai Parang Tritis

Sunset di Pantai Parang Tritis (foto:wikipedia.org)

Harus diakui, Pantai Parang Tritis sangat kental dengan mistis. Masyarakat sekitar menganggap pantai ini sebagai gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul, yang konon menguasai pantai selatan. Ada satu pantangan yang merebak kuat di masyarakat ketika mengunjungi pantai ini, dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau muda ketika berada di pantai. Entahlah, tapi nyatanya kepercayaan itulah yang berkembang di masyarakat.

Menuju Pantai Parang Tritis

Cukup mudah menuju Pantai Parang Tritis, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, patokannya adalah terminal Umbulharjo. Dari terminal Anda dapat menggunakan bus mengambil rute Imogiri-Siluk atau Kretek. Bedanya, jika mengambil rute Imogiri-Siluk Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang cukup indah selama perjalanan. Namun jika Anda ingin cepat sampai, pilihlah rute Kretek.

Begitupun jika menggunakan kendaraan pribadi, rute yang sama bisa diambil. Semoga wisata Anda selalu menyenangkan dan berkesan. Selamat berwisata!

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment