Pantai Pandawa, Pantai Eksotis Lain di Bali



Pantai Pandawa adalah satu pantai lain yang menarik dikunjungi di pulau dewata. Bali memang surganya wisata bahari. Jika Anda bosan mengunjungi pantai kuta yang penuh sesak dengan wisatawan, ada baiknya Anda mengunjungi Pantai Pandawa yang belum dipadati wisatawan namun memiliki keindahan yang tidak kalah dibandingkan pantai lain di pulau seribu pura ini.

pantai pandawa

pantai pandawa (foto: kompas.com)

Pantai Pandawa terletak di desa Kutuh, kecamatan Kuta Selatan kabupaten Badung. Berjarak kurang lebih 3 km dari tempat wista Nusa Dua dan Pura Uluwatu. Awalnya pantai ini memang kurang dikenal, beberapa wisatawan sebelumnya mengatakan pantai ini sebagai the secret beach. Hal ini wajar saja mengingat lokasinya yang diapit oleh perbukitan kapur.

Pantai Pandawa

Akses Jalan ke Pantai Pandawa Yang Diapit Bukit Kapur Menjadi Daya Tarik Tersendiri (foto:igosok.com)

Pemerintah setempat cukup tanggap melihat potensi wisata yang ada di Pantai Pandawa. Salah satu buktinya adalah membuka jalan dengan membelah perbukitan kapur yang menutupi keindahan pantai ini. Syahdan, akses jalan ini pun menjadi daya tarik tersendiri sebab di sisi kanan dan kiri jalan, wisatawan akan disuguhkan pemandangan tebing yang dipapas tegak lurus.

Langkah untuk mempercantik Pantai Pandawa tidak berhenti sampai di situ saja. Nama pantai yang diambil dari nama tokoh pewayangan ini, diabadikan pula dalam bentuk ukiran-ukiran patung. Setidaknya, terdapat lima patung yang menunjukan Panca Pandawa itu sendiri, yaitu patung Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Kelimanya diukir indah dan berjejer di tebing kapur yang menghadap pantai. Wisatawan dapat menyambanginya satu persatu ketika berada di pantai ini.

Jangan ragukan soal keindahan pantainya. Pantai Pandawa sangat bersih dan memiliki keindahan gradasi warna yang sangat eksotis. Pasirnya yang berwarna putih ditambah debur ombaknya yang tenang membuat pantai ini sangat cocok untuk menceburkan diri. Suasana yang tenang juga sangat menggoda jika Anda ingin melakukan sun bathing. Beberapa payung besar sudah disediakan, berjejer di tepi pantai ini.

Pantai Pandawa

Salah Satu Ukiran Patung Yang Ada di Pantai Pandawa

Jika Anda tidak ingin melakukan dua kegiatan tersebut, Anda bisa menikamati keindahan Pantai Pandawa dari warung-warung yang ada di sekitar pantai. Sambil menikmati kelapa muda, kegiatan ini akan sangat menyenangkan. Jangan lupakan juga suasana ketika sunrise menjelang. Letaknya yang berada di sebelah timur, menjadikan pantai ini sebagai kawasan yang pas untuk menyaksikan sunrise.

Mengunjungi pantai ini, Anda akan melihat beberapa petani rumput laut melakukan aktivitasnya. Anda juga dapat menyaksikan kegiatan paralayang dan motor trail di atas bukit. Jangan hanya menyaksikan, Anda juga dapat mencobanya dengan membayar tarif yang telah ditentunkan. Anda akan ditemani oleh mentor-mentor yang sudah berpengalaman.

Pantai Pandawa sering digunakan masyarakat setempat untuk melakukan upacara hindu melasti. Upacara ini dilakukan tiga hari sebelum hari raya Nyepi. Jika Anda berkunjung pada saat ini, tentu saja dapat menyaksikan sejumlah masyarakat setempat yang melakukan sembahyang di sekitar pantai dengan tujuan membersihkan diri. (Baca Juga: Menikmati Pesona Kintamani Bali)

Menuju Pantai Pandawa

Menuju area pantai ini cukup mudah, bisa dijangkau langsung dari bandara internasional Ngurah Rai dengan perjalanan sekitar satu jam. Rute dari bandara internasional ini melewati Garuda Wastu Kencana dan Nusa Dua Bali. Dari Nusa Dua sebetulnya sudah ada penunjuk jalan menuju Pantai Pandawa. Jadi tidak sulit untuk menuju lokasi pantai ini, bahkan dari tempat wisata lain di Bali.

Untuk akomodasi, di Pantai Pandawa belum terdapat hotel atau penginapan yang memadai. Jadi untuk urusan yang satu ini, Anda bisa mendapatkannya di Nusa Dua atau beberapa tempat lain yang memiliki penginapan memadai. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment