Pantai Lovina Bali, Pantai Indah di Utara Bali



Pantai Lovina Bali adalah pantai berpasir hitam yang terletak di Bali bagian Utara, tepatnya di kabupaten Buleleng. Keindahannya tidak kalah dibandingkan dengan pantai Kuta dan Sanur. Pantai Lovina Bali masyhur dengan atraksi lumba lumba atau dolphin yang biasanya muncul di pagi hari. Untuk melihat lumba-lumba, wisatawan bisa menyewa perahu untuk dipergunakan berlayar ke tengah laut. Setiap perahu memuat 4-5 dengan tarif sewa sekitar Rp 60.000.

Pantai Lovina Bali

Lumba-Lumba di Pantai Lovina Bali (foto:pantai.org)

Well, memang tidak ada yang menjamin 100% kemunculan lumba lumba karena semua tergantung cuaca. Cuaca yang cerah  akan menjadi magnet bagi lumba lumba untuk muncul ke permukaan. So, kalau boleh saran, bulan April-Oktober adalah bulan terbaik berkunjung ke Pantai Lovina Bali. Di saat ini, lumba-lumba berloncatan hilir mudik, mengundang decak kagum dan pujian dari wisatawan yang berkunjung.

Aktivitas seru lainnya adalah snorkeling. Snorkeling dengan peralatan berupa masker selam dan alat bantu lain merupakan kegiatan yang banyak dilakukan wisatawan. Pantai Lovina memiliki ombak yang tidak terlalu besar, jadi kegiatan snorkeling akan sangat menyenangkan jika dilakukan di pantai ini. Sewa peralatan snorkeling tidak perlu hawatir, sebab banyak yang menyewakannya. Bagi wisatawan yang hobi memancing, mereka juga bisa menyalurkan hobiya di pantai ini.

Jika pagi hari wisatawan dapat menyaksikan atraksi dolphin, sore hari wisatawan dimanjakan dengan pemandangan sunset. Ya, sunset di Pantai Lovina Bali tidak kalah indah dibandingkan dengan sunset di Pantai Kuta Bali. Malam harinya, wisatawan bisa nongkrong di kafe sekitar Pantai Lovina Bali. Beberapa kafe di sana menampilkan pertunjukan musik. So, bagi wisatawan yang ingin benar-benar menikmati keindahan Pantai Lovina Bali secara utuh, ada baiknya menginap, minimal satu malam.

Pantai Lovina Bali

Aktifitas Snorkeling di Pantai Lovina Bali (foto:kaliaeka.wordpress.com)

Ada banyak jenis penginapan di kawasan ini, wisatawan bisa memilih penginapan sesuai dengan budged yang ada. Ingin mencari yang ekonomis, wisatawan bisa memilih jenis penginapan homestay atau rumah yang dijadikan penginapan. Salah satu desa, yaitu Desa Kalibukbuk menjamur beragam homestay dengan berbagai varian. Homestay ini biasanya berupa kamar sederhana dengan kipas angin. Tarif sewanya pun sangat terjangkau, mulai dari 70 ribu-an per malam.

Pantai Lovina Bali juga menyediakan wisata kuliner. Ada beragam pilihan warung makan, restoran tepi pantai, hingga kafe-kafe pinggir jalan. Pilihan menu pun beragam, dari masakan tradisional Bali, menu Indonesia, sampai kuliner ala Eropa seperti makanan Italia. Dan yang paling penting soal harga, harga makanan di Pantai Lovina Bali relatif lebih terjangkau dibandingkan harga menu serupa di daerah selatan Bali seperti di Kuta.

Menuju Pantai Lovina Bali

Untuk menuju Pantai Lovina Bali, wisatawan bisa mengambil beberapa pilihan transportasi. Pilihan pertama yaitu merental mobil. Wisatawan bisa rental mobil plus supir atau hanya mobilnya saja. Pilihan kedua adalah dengan menggunakan shuttle atau mobil yang mengantar jemput dari Kuta ke beberapa destinasi wisata lainnya di Bali. Mobil ini berangkat pada jam-jam tertentu dan tarif jalan sekitar Rp 120.000- Rp150.000.

Pilihan lain adalah dengan menggunakan transportasi umum. Ya, bagi Anda yang senang berpetualang, pilih saja angkutan umum. Jika Anda dari Kuta, patokan utama menggunakan angkutan umum yaitu terminal Tegal, Denpasar. Dari terminal Tegal, lanjutkan perjalanan ke terminal Ubung. Nah, di terminal Ubung, wisatawan tinggal naik bus tujuan Lovina. Total uang yang harus dirogoh untuk jasa angkutan umum ini berkisar Rp 50.000. Selamat berwisata! (ls)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment