Pantai Kuta Lombok, Pantai Perawan dengan Segudang Kelebihan



Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu pantai yang istimewa di Lombok. Nama Pantai Kuta sudah barang tentu tidak asing lagi di kalangan wistawan, sebab nama serupa juga terdapat di Bali yang lebih legedaris. Seperti Pantai Kuta Bali, Pantai Kuta Lombok pun memiliki banyak keistimewaan dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berwisata.

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok (foto:wisatalombokaja.blogspot.com)

Mengapa pantai ini dinamakan Pantai Kuta Lombok? Alasannya sangat sederhana, karena pantai ini terdapat di desa Kuta, Lombok Tengah. Banyak juga orang yang mengenal pantai ini dengan Pantai Kuta Lombok Tengah. Pantai yang terletak sekitar 56 km dari Mataram ini memiliki keindahan, salah satunya pantai pasirnya yang berwarna putih dan besar. Tidak heran, masyarakat sekitar menjuluki pantai ini sebagai Pantai Pasir Merica. Berjalan-jalan tanpa alas kaki di pantai ini akan menjadi pengalaman yang menarik.

Pantai Kuta Lombok Tengah

Pantai Kuta Lombok (foto: tempatwisataid.com)

Selain pasirnya yang unik, Pantai Kuta Lombok juga dikenal dengan lautnya yang indah berwarna kebiruan. Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, pantai ini cukup aman untuk menceburkan diri karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi. Pantai ini masih terhitung ‘perawan’, terbukti dengan belum ramainya pengunjung yang datang. Walaupun demikian, di bibir pantai sudah terdapat beberapa payung besar bagi para pengunjung.

Di sisi lain, suasana sepi yang terdapat di Pantai Kuta Lombok cukup menyenangkan bagi pengunjung karena seperti berada di pulau pribadi. Pantai Kuta juga cukup tenang sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin menengkan diri. Pengunjung juga bisa menikmati sejumlah olah raga air seperi banana boat, jetsky, dan beberapa olah raga air lain. Selain itu, setiap tahun di pantai ini diadakan upacara Nyale dan upacara Sasak. Selanjutnya, masyarakat akan berbondong-bondong mencari Nyale (cacing laut) yang konon jelmaan dari rambut Putri Mandalika.

Berdasarkan kabar yang berkembang tentang cerita Putri Mandalika di masyarakat sekitar pantai, dulu ada seorang putri yang sangat cantik dan memiliki rambut panjang bernama Putri Mandalika. Saking banyaknya lamaran kepada Sang Putri, membuat Sang Putri bingung dan akhirnya memutuskan diri untuk melompat ke laut. Sebelum terjun, Sang Putri berjanji akan kembali satu kali dalam setahun. Masyarakat meyakini bahwa rambut panjang Sang Putri lah yang menjadi Nyale (cacing laut). Oleh karena itu, setiap tahun diadakan upacara Nyale.

Pantai Kuta Lombok memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi, sehingga kurang cocok untuk melakukan selancar. Namun demikian, keindahan yang ada menjadikan pantai ini sangat cocok bagi mereka yang ingin berjemur atau melakukan berbagai permainan air. Ditambah lagi dengan deretan perbukitan yang menjorok ke laut, menjadikan tempat wisata di Lombok ini sebagai pantai perawan yang memiliki sejuta kelebihan.

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok (foto: tempatwisataid.com)

Harus diakui, semakin hari pantai ini semakin banyak dikunjungi. Hal ini tidak lepas dari menjamurnya hotel dan penginapan yang terletak di sekitar pantai. Oleh karena itu, untuk urusan penginapan wisatawan tidak perlu hawatir, Anda dapat menemukannya dengan mudah baik hotel berbintang hingga penginapan kelas melati. Mengunjungi pantai ini pun tidak dipungut biaya sama sekali. Jadi tunggu apa lagi, segera saja berkunjung ke pantai istimewa ini.

Menuju Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok mudah diakses mengingat jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok (BIL). Perjalanan dapat ditempuh kurang lebih setengah jam. Jika datang dari Bandara Selaparang, Mataram, perjalanan dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam. Mengunjungi pantai ini sebaiknya menggunakan kendaraan sewaan. Sebab, masih jarang kendaraan umum. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment