Pantai Indrayati, Pantai Kuta di Yogyakarta



Pantai Indrayati akhir-akhir ini menjadi buah bibir di kalangan wisatawan domestik. Karena keindahannya, banyak wisatawan yang menyebut Pantai Indrayati sebagai Kuta-nya Yogyakarta. Pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki nama resmi Pantai Pulang Syawal. Indrayati sebetulnya nama pemilik kafe yang terdapat di tempat tersebut, namun justru nama itulah yang lebih lekat dibenak wisatawan.

Pantai Indrayati

Pantai Indrayati Sangat Jernih dan Indah (Foto: wisataku.net)

Pantai Indrayati dikenal sebagai pantai yang bersih. Hal ini tidak lepas dari peran pihak pengembang dalam mengelola pantai ini. Mereka tidak segan-segan mengenakan denda bagi wisatawan yang membuang sampah sembarangan. Wajar saja jika sepanjang Pantai Indrayati terhampar pasir putih yang bersih dan indah yang tentu saja menggoda mata dan menyejukkan pikiran. (Menarik Untuk Dibaca: Gili Trawangan, Tempat Wisata yang Semakin Mendunia)

Pantai Indrayati sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga. Di pinggir pantai terdapat warung-warung dan restoran sebagai tempat bersantai sambil menikmati gurihnya makanan khas jogja. Bosan duduk-duduk saja, wisatawan dapat memanjat sebuah tebing karang yang berada di sisi kiri Pantai Indrayati. Dari sana, wisatawan dapat melihat pemandangan garis Pantai Indrayati yang luar biasa.

Di Gunung Kidul sebetulnya terdapat beberapa pantai yang menjadi idaman wisatawan, namun Pantai Indrayati memang lain dari yang lain. Melihat dari penataannya, Pantai Indrayati lebih menampilkan sentuhan modern pada tampilannya, restoran berjejer di pinggir pantai, para penjual diatur dengan rapi, payung-payung berwarna-warni berjejer dengan rapi di pinggir pantai, plus kebersihannya yang terjaga.

Penginapan di pantai Indrayati

Penginapan di pantai Indrayati (foto:yogyatrip.com)

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas Jetsky yang dapat disewa oleh wisatawan. Bagi wisatawan yang ingin menginap, di pantai ini terdapat cottage yang letaknya tidak jauh dari pantai. Tempatnya sudah pasti nyaman, karena wisatawan dapat menikmati suasa malam Pantai Indrayati dari cottage. Konsep-konsep seperti ini yang tidak ditemukan di pantai lainnya di kawasan Gunug Kidul.

Keunggulan Pantai Indrayati bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang terdiri dari pantai pasir putih, bukit karang, dan jernihnya air pantai yang berwarna biru. Harga tiket ke pantai indrayati ini juga cukup murah. Dengan biaya Rp. 5000,00 wisatawan dapat menikmati keindahan Pantai Baron, Krakal, Kukup, Sepanjang, Sunduk, dan pantai Drini yang memang berdekatan dengan Pantai Indrayati.

Rute Menuju Pantai Indrayati

Rute menuju pantai Indrayati cukup jauh sekitar 70 km dari pusat kota Jogja atau sekitar 2 jam perjalanan. Bagi wisatawan yang berniat mengunjungi Pantai ini bisa menempuh dua jalur berbeda yaitu melalui Kota Wonosari dan jalur Selatan (lewat Trowono) yang melewati Pantai Baron, Kukup, Krakal, Sundak, hingga ke timur menuju Pantai Wonosari. Melalui jalur selatan memang lebih menyenangkan, sebab dapat melalui jajaran pantai yang masih perawan di selatan Jogja ini.

Bagi yang hendak menggunakan jalur kota Wonosari, dapat pula melewati rute ring road sehingga bertemu pertigaan Mulo. Dari sini bisa memilih jalur Tepus atau Tanjungsari. Jika memilih jalur Tepus, wisatawan akan disuguhi pemandangan perbukitan karst dan melewati pusat Kecamatan Tepus. Dari sana, letak Pantai Siung tinggal sekitar 5 km. Jika melewati arah Tanjungsari, akan bertemu dengan jalur dari arah selatan (dari arah Trowono).

Mengunjungi Pantai Indrayati, wisatawan sebaiknya berhati-hati karena medannya yang naik turun melewati perbukitan Sewu. Sebaiknya wisatawan juga menggunakan kendaraan pribadi sebab belum ada kendaraan umum yang melewati rute ini.

Mengunjungi Pantai Indrayati, dijamin tidak akan kecewa. Perjalanan yang cukup jauh akan terbayar lunas dengan pamandangan pantai yang indah dan menyenangkan. Tidak salah jika tempat ini dikatakan sebagai Kuta-nya Yogyakarta. (GH)

Share this post:

Related Posts

One Comment

  1. M Ridwan Adi P says:

    Referensi web yang membahas tempat tempat wisata
    dan kuliner

Leave a Comment