Nikmatnya Wisata Bahari di Gili Meno



Gili Meno adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi selain Gili Trawangan. Gili berarti pulau. Dikatakan demikain karena Gili Meno merupakan salah satu dari tiga pulau kecil yang ada di Lombok selain Gili Air dan Gili Trawangan. Di antara ketiga pula kecil tersebut, Gili Meno memiliki luas daratan paling kecil dan hanya dihuni oleh sekitar 300 penduduk.

Gili Meno

Keindahan Pantai GIli Meno Dengan Airnya Yang Sangat Jernih (foto:flickr.com)

Air yang sangat jernih, dengan gradasi warna biru kehijau-hijauan dijamin tidak akan membuat Anda betah berlama-lama memandanginya. Jika sudah demikian, segera saja rasakan sensasi segarnya dengan berenang atau sedikit bermain-main air. Berenang merupakan pilihan yang tepat ketika mengunjungi tempat wisata ini karena airnya yang tenang. Namun demikian, wisatawan perlu hati-hati agar tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Sebagai tempat wisata bahari, Gili Meno menawarkan objek wisata laut yang sangat menakjubkan. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati sensasi menyelam yang menyenangkan di beberapa spot yang terkenal dengan keindahannya seperti Meno Wall, Sea Point Penyu, dan Point Coral Blue. Jika Anda ingin melakukan snorkling, spot yang kami rekomendasikan adalah di bagian timur pulau. Tempatnya sangat cocok dan bagus untuk melakukan snorkling.

Tentu saja keindahan alam bawah laut Gili Meno menjadi daya tarik yang tidak boleh dilewatkan. Di sini, wisatawan akan melihat indahnya terumbu karang dengan warna-warni alami kreasi Tuhan. Sangat mempesona! Anda juga bisa menyaksikan gerombolan ikan yang hilir mudik di sekitar terumbu karang.

Gili Meno Bird Park

Gili Meno Bird Park (foto:berbagifun.blogspot.com)

Tempat unik lain yang dapat dikunjungi di Gili Meno adalah Turtle Sanctuary, sebuah tempat perlindungan dan pengembangbiakan kura-kura. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi tempat pelestarian burung-burung langka yang disebut Bird Park. Di sini wisatawan akan dimanjakan dengan koleksi burung-burung langka baik jenis burung dari Indonesia maupun dari mancanegara. Sebagai informasi, kedua tempat pelestarian hewan ini dikelola oleh swasta.

Jumlah penduduknya yang tidak terlalu banyak, membuat gili ini sangat tenang. Selain itu, di sini wisatawan tidak diperkenankan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan dipersilakan menggunakan cidomo atau berjalan kaki. Dengan berjalan kaki saja, kita sudah dapat mengelilingi setiap sudut Gili Meno hanya dalam waktu dua jam. Ketika cuaca panas, pohon kelapa yang banyak tumbuh di gili akan melindungi Anda dari teriknya matahari.

Gili Meno

Pantai Gili Meno Terkenal Sangat Jernih

Gili Meno yang lokasinya berada di antara Gili Air dan Gili Trawangan, harus diakui belum memiliki fasilitas yang cukup seperti untuk keperluan tarik tunai. Toko-toko yang menjual keperluan sehari-hari pun masih minim. Jadi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat ini dianjurkan untuk mempersiapkan segala keperluan termasuk uang cash secukupnya. Begitupun dengan penginapan, tidak seperti di Gili Trawangan yang memang sudah tersedia dengan baik.

Menuju Gili Meno

Menurut keterangan warga sekitar, untuk menuju Gili Meno dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit jika ditempuh dari Mataram. Rute perjalanannya, dari Mataram menuju Pelabuhan Bangsal kemudian menggunakan perahu menuju Gili Meno. Perjalanan juga dapat ditempuh dari Gili Trawangan dengan menggunakan kapal yang berangkat setiap pukul 09:30 WITA dan 16:00 WITA. Atau dari Gili Air menggunakan kapal yang berangkat setiap pukul 08:30 WITA dan 15:00 WITA. Wisatawan juga bisa mencarter boat yang disediakan oleh pengelola koperasi di sana. Tarif penyewaan boat ini tentu lebih mahal daripada menggunakan kapal reguler.

Wisatawan yang datang langsung dari Bali bisa menggunakan boat yang berangkat setiap pukul 10:00 WITA dan 15:30 WITA. Biaya menggunakan transportasi ini cukup lumayan, bisa mencapai Rp. 600.000,00 untuk sekali perjalanan dan Rp. 1.100.000,00 untuk pulang pergi.

Selamat berwisata! (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment