Nikmatnya Surabi Khas Wisata Kuliner Bandung



Wisata kuliner Bandung kali ini akan mengupas soal makanan khas yaitu Surabi. Surabi dulu hanya dikenal dengan dua rasa yaitu rasa oncom dan polos. Penjualnya pun kebanyakan nenek-nenek dengan produksi yang tidak seberapa. Tapi itu dulu, sekarang surabi sudah diinovasikan dengan beragam rasa yang mengundang selera seperti rasa strawberry, durian, coklat, keju dan sebagainya. Bahkan di beberapa daerah sudah banyak ditemukan penjual kuliner yang mengatasnamakan Surabi Bandung.

Wisata Kuliner Bandung

Surabi Dengan Berbagai Toping (foto:jajanhalal.com)

Surabi sebetulnya bukan hanya ada di Bandung, karena di Solo pun ada surabi. Bedanya, surabi Solo lebih manis dan sedikit tipis, sedangkan surabi khas Bandung bentuknya lebih tebal dan rasanya lebih gurih. Surabi sebetulnya adalah makanan tradisional yang terbuat dari parutan kelapa muda, keju, tepung beras, garam halus dan minyak goreng. Orang-orang dulu biasanya membuat surabi pada sebuah cetakan yang terbuat dari tanah liat dengan sumber api dari suluh (kayu bakar).

Surabi Enhaii /Surabi Imut

Seiring dengan perkembangan jaman, kini surabi memiliki variasi rasa yang sangat beragam. Konon, di Bandung, Surabi Enhaii atau dikenal juga dengan surabi imut adalah pelopor yang mengangkat harkat surabi ke kancah nasional. Dobrakan pun dilakukan dengan menambah varian rasa surabi menjadi puluhan rasa, tidak hanya rasa oncom seperti dulu. Jika datang ke Bandung, Surabi Enhaii atau dikenal juga dengan surabi enhaii Bandung selalu menjadi pilihan. Lokasinya yang cocok untuk nongkrong, membuat pengunjung berbondong-bondong datang ke tempat wisata kuliner Bandung ini.

Wisata Kuliner Bandung

Suasana di Surabi Enhaii

Surabi Enhaii yang terletak di Jl. Setiabudi (Depan kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung), dikenal karena cita rasa toping dan sausnya yang khas. Tidak kurang dari 23 rasa siap memanjakan lidah Anda. Soal harga, Surabi Enhaii cukup bersahabat bagi kaula muda, sekitar Rp. 4.500 sampai Rp. 10.000 tergantung rasanya. Surabi Enhaii bisa menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Bandung. Hebatnya lagi kini surabi Enhaii sudah melanglang buana ke beberapa daerah termasuk Depok, Jakarta, Palembang dan Medan. Sehingga untuk membedakan antara surabi enhaii di satu daerah dengan daerah lainnya, orang-orang selalu menambahkan nama daerah tempat surabi tersebut berada, seperti Surabi Enhaii Bandung, Surabi Enhaii Depok, Maupun Surabi Enhaii Medan.

Surabi Jalan Cikutra

Selain Surabi Enhaii, yang cukup terkenal di Bandung adalah surabi di Jalan Cikutra berdekatan dengan pasar tradisional Cikutra. Berbeda dengan Surabi Enhaii yang memiliki beragam rasa, Surabi Jalan Cikutra ini hanya menyajikan tiga rasa saja, yaitu surabi polos, surabi oncom, dan surabi telor. Menariknya, surabi di tempat ini dibuat di atas wajan batu dengan menggunakan kayu bakar. Rasa surabinya sangat terasa, dan teksturnya lembut banget. Wajar saja jika banyak pengunjung yang antri untuk bisa menikmati surabi lezat ini. (Baca Juga: Tempat Nongkrong di Bandung Paling T.O.P)

Surabi Cipahit

Surabi yang tidak kalah nikmat adalah Surabi Cipahit yang dijual di Jl. Cipahit Bandung. Surabi Cipahit juga menjual aneka rasa surabi, namun yang menjadi andalannya adalah surabi oncom. Surabi oncom di sini terkenal dengan rasanya yang pedas. Karena itu banyak pengunjung yang memesan surabi ini. Selain surabi oncom, ada baiknya Anda juga mencoba surabi polos. Rasanya tidak kalah nikmat apalagi ditambah kinca dan santan. Rasa santan membuat surabi ini semakin gurih dan nikmat.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner Bandung yang menjual surabi. Sebetulnya masih banyak penjual surabi yang belum disebutkan, seperti ketika panduanwisata.net mengunjungi kawasan Geger Kalong, di sana ada beberapa tempat yang menjual surabi. Rasanya juga tidak kalah nikmat di bandingkan dengan tempat lain. Lokasinya yang dekat dengan kampus UPI, menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

One Comment

  1. M Ridwan Adi P says:

    Referensi web yang membahas tempat tempat wisata
    dan kuliner

Leave a Comment