Miniatur Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah



Taman Mini Indonesia Indah (TMII) secara tidak langsung menjadi ikon wisata Nusantara. Pasalnya, TMII bisa dikatakan sebagai miniatur Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote. Dengan luas sekitar 150 hektar, TMII merangkum kebudayaan dari seluruh penjuru negeri yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional plus pakaian adat, tarian, dan tradisi daerah.

Taman Mini Indonesia Indah

(foto:indonesia-tourism.com)

Tempat wisata yang terdapat di Ceger, Cipayung, Jakarta Timur ini pun memiliki beberapa rumah ibadah agama-agama yang diakui di Indonesia. Wisatawan dapat menyaksikan Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Katolik Santa Catharina, Gereja Protestan Haleluya, Pura Penataran Agung Kertabhumi, Wihara Arya Dwipa Arama, Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa, dan Kuil Konghucu Kong Miao.

Tidak hanya itu, tempat wisata yang diresmikan pada tahun 1975 ini memiliki berbagai museum yang sangat mendidik namun juga menarik untuk dikunjungi. Museum yang terdapat di sini di antaranya museum minyak dan gas bumi, museum transportasi, museum Indonesia komodo, museum listrik & energi baru, museum telekomunikasi, museum penerangan, museum bay’at al-Quran, museum keprajuritan, museum serangga, museum Asmat, museum olah raga, museum Timor Timur, museum purna bhakti pertiwi, museum perangko, museum pusaka, dan museum Indonesia.

Museum Taman Mini Indonesia Indah

Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah

Jika ingin merasakan suasana alam yang segar, TMII menyediakan sejumlah taman yang dapat dinikmati keindahannya. Di sini terdapat taman anggrek, taman apotek hidup, taman kaktus, taman melati, taman bunga keong emas, akuarium ikan air tawar, taman bekisar, taman burung, taman ria atmaja park, taman reptilia, taman kupu, taman manasik haji dan taman budaya Tionghoa Indonesia.

Rumah Adat Sumatera Barat di TMII

Rumah Adat Sumatera Barat di TMII (foto:panoramio.com)

Peta Miniatur Indonesia di TMII

Peta Miniatur Indonesia di TMII

Keong Emas di TMII

Keong Emas di TMII

Taman Mini Indonesia Indah

Pintu Masuk Taman Mini Indonesia Indah

Untuk masuk ke area TMII wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,00 per orang, mobil pribadi Rp. 10.000,00, bus atau truk Rp. 30.000,00 dan sepeda Rp. 1000,00. Biaya tersebut belum termasuk tiket untuk berbagai spot wisata yang banyak bertebaran di TMII. Setiap wahana memberikan tarif berbeda untuk jasa yang mereka berikan.

Menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII), wisatawan tidak perlu hawatir sebab banyak akses yang bisa dilalui. Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa keluar di pintu tol Dukuh atau Kampung Rambutan jika datang dari arah barat seperti Pondok Indah dan Fatmawati atau melalui pintu tol Bambu Apus jika datang dari arah timur seperti Bekasi, Jatiasih dan sekitarnya. Atau menggunakan kendaraan umum yang banyak melewati tempat ini seperti KWK S 15A (angkot) tujuan Ragunan-Taman Mini. Bisa juga menggunakan TransJakarta tujuan Pluit-Pinang Ranti. (Klik Juga: Monas, Wisata Murah Tapi Tidak Murahan)

Selamat berwisata di miniatur Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah! Di sini, kita mengelilingi Indonesia dalam satu hari, mencintai Indonesia untuk selamanya. (SK)

Share this post:

Related Posts

One Comment

  1. leo putra says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai miniatur indonesia di taman mini indonesia indah.
    wah informasi menarik, hingga ada harga tiket masuk dan detail kendaraan yang dapat digunakan untuk bisa sampai TMII, tapi apakah sudah diupdate harganya ?.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

Leave a Comment