Merengkuh Kecantikan Gili Air



Gili Air adalah salah satu dari trio gili selain Gili Trawangan dan Gili Meno sebagai tempat wisata di Lombok yang selalu memikat hati. Trio gili ini memang sudah memiliki nama di mata penikmat wisata dari seluruh penjuru bumi. Tidak heran, para wisatawan selalu memadati trio gili ini untuk sekedar memenuhi hasrat berwisata mereka.

Gili Air

Gili Air Dilihat Dari Udara (foto:island-promotions.com)

Sebagaimana gili lainnya, gili air juga menawarkan keindahan pantai dan kesejukan alam yang luar biasa. Perbedaan yang dapat ditemui dibandingkan dengan gili lain, gili air memiliki lebih banyak pohon yang tumbuh merimbuni sekitarnya. Keadaan gili yang sangat tenang juga menjadi magis yang akan menghipnotis wisawatan dengan suasananya.

Anda tidak tergoda dengan warna laut dengan gradasi warna hijau kebiruan? Kami meragukan itu. Apalagi ketika sudah menyaksikan langsung dengan mata kepala sendiri. Magisnya dijamin akan menghujam kuat ke dalam sanubari. Angin spoi-spoi yang menerpa, dipadukan dengan keindahan pemandangan laut yang indah, membuat siapapun tergoda untuk menceburkan diri di segarnya air pantai.

Gili Air

Pantai Gili Air Terkenal Sangat Jernih (foto: ourroad.wordpress.com)

Baiklah, jika Anda tidak tergoda untuk menceburkan diri di segarnya air, duduk-duduk sambil menikmati keindahan pantai bukanlah sesuatu yang buruk. Di sini sudah disediakan payung-payung besar yang siap memanjakan hari indah Anda. Pasir pantai yang putih dijamin akan membuat Anda semakin betah berlama-lama memandangi keindahan pantai.

Gili Air

Snorkeling di Gili Air (foto: lombokreisen.com)

Mengunjungi Gili Air, snorkeling merupakan aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Keindahan alam bawah laut Gili Air dijamin tidak akan mengecewakan. Ikan-ikan laut yang berwarna-warni hilir mudik di antara batu karang yang indah. Tempat yang kami rekomendasikan untuk melakukan snorkeling ada di sebelah timur gili. Soal operator penyedia peralatan, tidak usaha hawatir, di tempat ini banyak yang menyediakannya.

Dengan kedalaman sekitar 1,5 meter sampai 3 meter, kawasan timur Gili Air adalah spot yang sangat pas untuk melakukan snorkeling. Apalagi jika ombak sedang landai, Anda dapat lebih jelas menikmati keindahan alam bawah lautnya. O ya, pengelola wisata di sini sudah memberi garis batas untuk melakukan snorkeling. Jadi, jangan lewatkan garis tersebut untuk keselamatan jiwa Anda.

Jika Anda ingin lebih dekat dengan panorama bawah laut Gili Air, Anda bisa melakukan diving. Operator-operator yang ada di tempat ini akan memberikan Anda kursus singkat cara menyelam yang benar. Jika sudah bisa, tunggu apalagi, segera saja ceburkan diri Anda untuk merengkuh keindahan alam bawah laut Gili Air.

Gili Air dikenal sebagai tempat wisata yang masih perawan. Suasananya nyaman dan jauh dari hiruk pikuk seperti di kota besar. Masyarakatnya dikenal sangat berbudaya dan ramah. Namun justru hal tersebut menjadi daya tawar lain bagi gili ini. Anda dapat mengelilingi gili seluas 170 hektar ini hanya dengan berjalan kaki. Jika mentari sudah hampir terbenam, ada baiknya Anda menikmati keindahan sunset terlebih dahulu.

Gilir Air memang tidak selengkap Gili Trawangan dalam hal fasilitas dan akomodasi. Namun di sini, wisatawan dapat menemukan penginapan dan restauran dengan makanan khasnya. Lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar kita dalam hal pangan dan papan.

Menuju Gili Air

Menuju Gili Air cukup mudah. Jika Anda datang dari Mataram, dapat menempuh dua rute berbeda yaitu; Mataram – Rembiga – Gunung Sari – Kekait – Pusuk – Pemenang – Bansal (Pelabuhan penyebrangan) atau melalui rute Mataram – Meninting – Batu Bolong – Senggigi – Kerandangan – Melimbu – Pemenang dan Bangsal.

Harus diakui, kendaraan umum yang melewati rute pertama lebih memadai dan jaraknya lebih dekat. Dengan rute pertama wisatawan juga akan melewati Pusuk yang termasuk kawasan Gunung Rinjani. Namun jika Anda melewati rute kedua, Anda bisa menikmati keindahan garis pantai barat Lombok hingga tiba di pelabuhan Bangsal. Dari sana, menyebrang menggunakan boat dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment