Menikmati ‘Surga Dunia’ di Ubud Bali



Ubud bali

Pemandangan di Ubud bali

Ubud, sebuah kecamatan yang terdapat di Kabupaten Gianyar, Bali, sudah dikenal berpuluh-puluh tahun sebagai tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi. Ubud terutama dikenal dengan lokasinya yang indah karena terdapat di antara sawah dan hutan yang terletak di antara jurang-jurang pegunungan. (Menarik Untuk Dibaca: Tempat Wisata di Bali Yang Wajib Dikunjungi)

Keindahan alam Ubud semakin indah dengan budaya masyarakatnya yang masih terjaga dengan baik. Tidak heran, jika seniman kelas dunia banyak lahir dari Ubud, dan karena warisan budayanya pula UNESCO menjadikan Ubud sebagai nominasi warisan budaya dunia.

Ubud tidak hanya memberikan wisatawan pemandangan alam yang hijau dan asri dari pesawahan yang berbukit-bukit. Di Ubud, wisatawan dapat berkunjung ke Goa Gajah, gua yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Di dalamnya terdapat patung Yoni dan patung Ganesha. Sebagai warisan budaya dunia, goa ini dinominasikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Cukup dengan Rp. 15.000,00 wisatawan sudah bisa mengunjungi goa ini.

Goa Gajah di Ubud Bali

Goa Gajah di Ubud Bali

Wisatawan juga dapat berkunjung ke monkey forest (hutan kera) di wilayah adat padangtegal, Ubud. Di sini wisatawan dapat melihat ratusan kera yang telah menghuni kawasan ini selama ratusan tahun. Wilayah ini termasuk kawasan yang sakral bagi masyarakat Ubud. Di sini juga dapat ditemukan Pura Dalem Padangtegal dengan ornamennya yang sangat kuno dan artistik. Wisatawan juga dapat mencari mata air suci di bawah patung Komodo yang tersembunyi. Konon, bagi seseorang yang meminumnya, air tersebut dipercaya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit.

Monkey forest ubud bali

Monyet Yang Berkeliaran Ramah di Monkey forest ubud bali (sumber foto: Flickr.com)

Tempat wisata di Ubud lainnya yang dapat dikunjungi adalah museum. Ubud merupakan kecamatan yang memiliki museum terbanyak di Gianyar. Setidaknya terdapat enam museum di sini, yaitu Museum Puri Lukisan, Neka Art Museum, Don Antonio Blanco Museum, Museum Rudana, Agung Rai Museum of Art dan Museum Marketing 3.0 yang baru diresmikan pada tahun 2011. Museum-museum tersebut hampir semuanya berhubungan dengan seni dan lukisan, sehingga semakin menahbiskan Ubud sebagai pusat budaya Bali.

Di Ubud juga banyak terdapat penampilan tari tradisional, salah satunya yang paling terkenal adalah tari kecak api. Wisatawan yang ingin menyaksikan pertunjukan ini dapat berkunjung ke Pura Dalem yang terdapat di Jl. Raya Ubud. Sementara mereka yang ingin menyaksikan tari Legong dapat mengunjungi Puri Agung Saren yang juga terdapat di kawasan Ubud. Masih banyak tempat lain yang menyajikan pertunjukan menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Ubud.

Wisatawan juga dapat berkunjung ke Gunung Kawi. Di sana terdapat komplek pemakaman Raja Anak Wungsu dan istri-istrinya yang berasal dari abad kesebelas. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini, harus menuruni 371 anak tangga karena letaknya yang berada di bagian bawah lembah. Komplek yang lebih kecil di bagian selatan sungai dibangun untuk istri raja, sedangkan komplek yang lebih besar dianggap sebagai kediaman raja sendiri.

Hotel di Ubud

Hotel di Ubud saat ini sudah banyak. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Ubud, tersedia banyak pilihan baik hotel bintang 3, bintang 5 atau jika pilihan Anda untuk menginap adalah vila, Anda juga bisa menemukannya di sini. Di Ubud juga banyak terdapat homestay, dengan harga yang tentunya lebih murah daripada hotel dan vila. Memang lebih enak jika tinggal di pusat Ubud, artinya mudah melakukan perjalanan ke tempat mana saja, namun demikian banyak wisatawan yang ingin tinggal dekat dengan daerah pedesaan yang memiliki pemandangan sawah yang terkenal itu.

Saat ini panduanwisata.net belum bekerjasama dengan hotel dan penginapan yang ada di Ubud. Walaupun demikian, kami informasikan beberapa hotel yang bisa Anda tempati ketika berkunjung ke Ubud di antaranya; Kamandalu Resort & Spa (bintang 5), Lor In Villa Resort (bintang 4), Cahaya Dewata (bintang 3), dan Champlung Sari Hotel (bintang 3). Anda juga bisa menjadikan vila, bungalo atau boutique sebagai pilihan tepat ketika berkunjung ke Ubud. Beberapa tempat yang kami rekomendasikan di antaranya; Alila Ubud, Bumi Ubud Resort, dan Melati Cottages. Masih banyak hotel dan penginapan yang tidak kami sebutkan. Intinya, tidak usah hawatir mengenai penginapan selama di Ubud, Anda bisa menemukannya dengan mudah sesuai dengan budget yang telah disiapkan. (GH)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment