Menikmati Keelokan Pantai Baron



Pantai Baron wajib dikunjungi karena pantai ini menawarkan alternatif wisata di Jogjakarta, yang tidak kalah menarik dengan jalan-jalan di sekitar Malioboro. Mengunjungi tempat wisata ini, dijamin tidak akan kecewa. Sebab, pantai baron adalah pantai paling populer di kawasan Gunung Kidul.

Pantai Baron

Pantai Baron (foto:travel.ini-indonesia.com)

Terletak di Desa Kemadang, Kabupaten Gunung Kidul, Pantai ini adalah pantai pertama yang akan ditemui jika ingin menikmati kemolekan pantai-pantai di kawasan setempat. Selanjutnya, berjajar pantai kukup, pantai sepanjang, pantai krakal, dan pantai sunduk. Kawasan Gunung Kidul memang surganya wisata pantai di Jogjakarta. (Baca Juga: Pantai Indrayati, Pantai Kuta di Yogyakarta)

Ombak di pantai ini terhitung cukup besar, khas ombak laut kidul. Oleh karena itu, wisatawan tidak dianjurkan berenang terlalu jauh melewati batas yang telah ditentukan. Ketika berenang juga sebaiknya berhati-hati. Namun jangan hawatir, sebab semilir angin yang berhembus dan debur ombak Pantai Baron akan menguncang jiwa siapapun yang mengunjunginya. Pasir pantainya juga memang tidak putih, namun ketika menikmati keindahan alamnya, putihnya pasir pun menjadi terlupakan.

Mengunjungi pantai baron, jika berwisata dengan keluarga, Anda bisa mengajak anak-anak bermain di beberapa wahana yang disediakan, menggunakan perahu mesin untuk mengitari sekitar pantai, atau berbelanja cinderamata khas Pantai Baron yang mayoritas terbuat dari kerang laut. Fasilitas lain pun tersedia, seperti penginapan, camping ground, dan tempat memancing. Semuanya terletak tidak jauh dari Pantai Baron.

Pantai Baron

Muara Pertemuan Antara Air Asin dan Air Tawar di Pantai Baron (foto oleh: Ani Haryati)

Keunikan lain dari Pantai Baron yang tidak boleh dilewatkan adalah mandi di muara sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras ke pantai. Jika tidak berani bermain di laut dapat bermain di aliran sungai bawah tanah ini. Rasa airnya juga tawar walaupun berada sangat dekat dengan laut. Tidak seperti dibayangkan, sungai ini jauh dari pencemaran, karena letaknya yang berada di bawah tanah. Oleh karena itu, wisatawan senang berada lama-lama di tempat ini.

Hal menarik lain dari pantai ini adalah lokasinya yang berada di antara dua buah bukit. Oleh karena itu, masyarakat sekitar menjadikan pantai ini sebagai dermaga kapal-kapal mereka yang berangkat atau pulang dari melaut. Ini pula yang menjadi kelebihan lain.

Setelah lelah bermain di pantai, jangan lupa mencicipi berbagai masakan laut yang banyak dijual di sini. Inilah salah satu kelebihan Pantai Baron. Berbagai restoran yang ada, menawarkan menu unggulan masing-masing dengan harga yang cukup terjangkau. Udang windu, kakap, bawal putih, atau tongkol menjadi pilihan menarik yang patut dicoba. Jika ingin memasak sendiri, Anda bisa membelinya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang juga ada di sini.

Pantai BaronKegiatan rutin yang biasanya dilakukan di Pantai Baron adalah upacara sedekah laut. Upacara ini diselenggarakan setiap tanggal satu Syuro dalam kalender Jawa. Hal ini sebagai bentuk syukur penduduk setempat karena melimpahnya tangkapan ikan di Pantai Baron. Hingga kini, upacara tersebut masih dilaksanakan. Jika Anda ingin menyaksikan ritual upacara ini, datanglah pada waktunya!

Menuju Pantai Baron

Menuju Pantai Baron tidak sulit. Jika menggunakan kendaraan umum, patokannya adalah TransJogja jalur 3B. Dari Bandara, anda sudah langsung mendapatkan TransJogja 3B tujuan terminal Giwangan. Jika datang dari stasiun tugu, dapat menggunakan TransJogja 1A kemudian ganti TransJogja 3B di shelter Bandara Adi Sucipto.

Tiba di terminal Giwangan, wisatawan harus menggunakan minibus tujuan Yogyakarta-Wonosari. Setelah sampai di Wonosari, perjalanan dilanjutkan menggunakan minibus tujuan Pantai Baron. Silahkan menikmati keindahan Pantai Baron, debur ombaknya sudah pasti menggoda siapapun yang berkunjung ke tempat ini. (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment