Menelusuri Keeksotisan Pantai Glagah



Pantai Glagah merupakan salah satu wisata pantai unggulan di daerah Jogjakarta. Pantai Glagah memiliki panorama yang memukau dengan hamparan pasir besi sebagai andalannya. Di Pantai Glagah terdapat Laguna yang cukup panjang yang membagi kawasan pantai menjadi dua bagian, lokasi yang masih ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan pantai serta rerumputan dan lokasi yang berupa gundukan pasir yang langsung berbatasan dengan lautan.

Pantai Glagah

Pantai Glagah (foto:thehowdyindonesia.blogspot.com)

Pantai Glagah memang menawarkan keindahan yang sangat memukau. Betapa tidak, kontur tanahnya yang landai membuat setiap pasang mata bebas tanpa batas mengitari seluruh kawasan pantai. Arahkan mata ke depan, di sana Anda akan melihat seolah cakrawala tanpa ujung menyatukan langit dan laut. Keindahan kelokan garis pantai pun akan memanjakan mata. Ini lah salah satu kelebihan Pantai Glagah dibandingkan dengan pantai-pantai yang lain di wilayah Jogja.

Pantai Glagah

Motocross di Pantai Glagah (foto: Kusri Hatmoyo at flickr.com)

Selain panoramanya yang indah, Pantai Glagah juga memiliki fasilitas wisata pantai yang cukup lengkap. Fasilitas yang banyak digunakan wisatawan di antaranya sepeda pantai. Ya, jalan beraspal yang menghubungkan Pantai Gelagah dengan pantai lain bisa dimanfaatkan wisatawan untuk bersepeda. Jika kegiatan bersepeda ini dilakukan bersama keluarga atau teman, tentu saja akan sangat menyenangkan. Terlebih karena ditemani panorama pantai yang indah.

Selain itu, wisatawan yang gemar olah raga motocross, Pantai Glagah juga menyediakan area motocross yang terletak persis di pinggir pantai dengan lahan yang cukup luas. Selanjutnya, wisatawan juga bisa menyewa gethek, kano dan bebek dayung yang bisa digunakan untuk tour menyusuri keindahan Pantai Gelagah. Ada juga Dermaga Wisata yang ada di depan loket retribusi. Menarik bukan?

Fasilitas lain yang terdapat di Pantai Gelagah adalah mushola, kolam pemandian bagi anak-anak, warung makan dan area pemancingan di sekitar pantai. Ok sobat, setelah asik menikmati keindahan Pantai Glagah, Anda bisa beristirahat di gubug lesehan dalam kawasan area perkebunan Kusumo Wanadri sambil menikmati sejumlah menu makanan dan minuman khas Pantai Gelagah, seperti jus buah naga dan es syrup bunga Roselle. Fasilitas agrowisata pantai ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui proses budidaya kedua tanaman obat mujarab tersebut.

Menuju Pantai Glagah dan Tiket Masuk

Pantai Glagah terletak di Desa Glagah Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Lokasinya sekitar 40 Kilometer ke arah barat dari Yogyakarta atau dua Kilometer dari jalan utama lintas selatan. Perjalanan ke Pantai Glagah sangat mudah, jalan-jalan yang dilalui berkontur datar dan tidak banyak tanjakan. Dengan demikian, wisatawan bisa menempuhnya sambil bersantai.

Di lintasan yang menghubungkan Purworejo dan Yogyakarta ini, wisatawan tidak hanya bisa menyaksikan keindahan Pantai Glagah namun pantai-pantai lain yang tidak kalah menarik. Ibaratnya, sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati, sambil menyelam minum kopi, begitulah pribahasa mengatakan. Ya, wisatawan bisa mengunjungi pantai lain di sekitar Pantai Glagah seperti Pantai Congot dan Pantai Trisik.

Untuk tiket berkunjung ke tempat wisata ini, wisatawan tidak perlu khawatir sebab biayanya cukup murah. Harga tiket yang terjangkau inilah yang menjadikan Pantai Glagah ramai dikunjungi wisatawan. Wisatawan hanya perlu merogoh Rp. 1.500,-/orang untuk tiket masuk, dan biaya retribusi kendaraan untuk roda dua Rp. 1.000,-, atau roda 4 Rp. 1.500,-. Sedangkan biaya parkir di area pantai ini untuk roda 2 Rp. 1.000,- dan dan roda 4 Rp. 5.000,-. Jadi, tunggu apa lagi, let’s go to Gelagah beach! (ls)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment