Mencicip Kemolekan Tempat Wisata di Medan



Tempat wisata di Medan tidak kalah molek dibandingkan tempat wisata di daerah lain. Wilayah yang merupakan ibu kota Provinsi Sumatra Utara ini memiliki beberapa tempat wisata unggulan yang siap menyambut siapapun dan dari manapun wisatawan berasal. Medan dapat dikatakan sebagai pintu gerbang Indonesia di wilayah Barat terutama setalah aktifnya Bandara Internasional Kuala Namu yang melayani rute lokal dan mancanegara.

Panduanwisata.net akan memandu Anda untuk mencicip kemolekan tempat wisata di Medan yang tersebar di beberapa kawasan. Terus ikuti kami!

Istana Maimun

Istana Maimun merupakan salah satu tempat wisata di medan

Keindahan Istana Maimun (foto: bacatransportasi.com)

Istana Maimun merupakan tempat wisata di Medan yang tidak pernah dilupakan ketika mengunjungi kota ini. Istana yang juga disebut sebagai Istana Putri Hijau ini konon selesai dibangun pada tahun 1888 Masehi pada masa kekuasaan Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah. Dengan luas yang mencapai 2.772 meter persegi, Istana didominasi warna kuning sebagai warna kebesaran kerjaan Melayu.

Yang menarik dari Istana ini adalah arsitektur bangunan yang merupakan perpaduan antara arsitektur Moghul, Timur Tengah, Spanyol, India, Belanda dan Melayu. Hal ini diketahui, misalnya bentuk pintu dan jendela yang lebar dan tinggi sebagaimana arsitektur Belanda. Kemudian adanya bentuk lengkung pada atap yang sangat populer di kawasan Timur Tengah dan India. Begitupun sudut bangunan lain yang dipengaruhi oleh ciri arsitektur beberapa negara.

Namun justru itulah yang membuat istana ini menarik. Istana yang terletak di Jl. Brigjend Katamso ini juga menyuguhkan wisatawan berbagai koleksi istana yang masih terawat dengan baik. Singgasana Sultan yang mewah adalah salah satunya. Dengan biaya yang sangat murah, wisatawan dapat melihat seluruh koleksi yang ada di Istana. (Baca Juga: Tempat Wisata di Solo Paling Tersohor)

Taman Buaya Asam Kumbang

Taman Buaya Asam Kumbang, salah satu tempat wisata di medan

Taman Buaya Asam Kumbang (foto:punyamedan.com)

Taman Buaya Asam Kumbang merupakan tempat wisata di Medan lain yang harus dikunjungi. Taman reptil terbesar di Indonesia ini memiliki koleksi sekitar 2.400 buaya. Wow, jumlah yang fantastis.

Di sini, wisatawan dapat melihat berbagai macam ukuran buaya dengan berbagai aktifitasnya. Menyaksikan buaya yang memangsa makanannya adalah sebuah pengalaman yang cukup menyeramkan.

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Tempat yang menjadi andalan masyarakat Medan dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Masjid Raya Medan. Yap, namanya Masjid Al-Mashun. Masjid ini dikenal dengan kemegahan dan keindahan arsitekturnya yang bergaya Timur Tengah, Spanyol, dan India.

Keunikan lainnya, masjid ini berbentuk segi delapan, tidak seperti masjid lain yang biasanya berbentuk segi empat. Memiliki lima kubah yang berdiri kokoh, dengan warna hitam pada kubahnya membuat masjid ini semakin eksotik.

Seperti Istana Sultan Maimun, Masjid Raya Medan juga merupakan warisan dari Sultan Deli. Dibangun tahun 1906, banyak wisatawan yang terkagum-kagum dengan arsitekturnya. Tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Medan mampirlah di masjid raya yang terletak di pusat kota Medan, tepatnya Jl. Sisimangaraja.

Merdeka walk 

Merdeka Walk Merupakan Salah Satu Tempat Wisata Kuliner di Medan

Suasana Merdeka Walk Merupakan Salah Satu Tempat Wisata Kuliner di Medan (foto:yukpergi.com)

Datang ke Medan rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi Malioboro-nya Medan. Ya, Merdeka walk namanya. Di sini, wisatawan akan menemukan kuliner khas Medan terutama di malam hari. Suasana yang asri dan sejuk merupakan daya tarik bagi yang mengunjunginya. Terlebih fasilitas seperti Wi-Fi gratis, dan live musik sering diadakan di tempat ini. Wajar saja, jika muda-mudi banyak yang nongkorong di tempat ini.

Tempat wisata di Medan sebetulnya sangat banyak sekali, jangan lupa Anda mengunjungi Graha Maria Anai Velangkanni, Gedung London Sumatra, Museum Sumatra Utara, Menara Air Tirtanadi, Kampung Madras atau Kampung India, Situs Kota Cina, Kota Tua Medan, dan Rumah Tjong A Fie. Anda juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata lain yang ada di Sumatra Utara seperti Air terjun Sipiso-piso Tongging, Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit, atau yang paling terkenal, Danau Toba. Selamat berwisata! (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment