Mencecap Cantiknya Candi Prambanan



Candi Prambanan, ya, inilah candi tercantik di muka bumi. Candi ini sudah menjadi maskot wisata Indonesia di mata dunia. Candi ini sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia dalam World Heritage List sejak tahun 1991. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari candi Borobudur semakin menguatkan pesan bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Candi Prambanan terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogjakarta.

Candi Prambanan

Keindahan Candi Prambanan Saat Senja (foto oleh: paalia)

Berkunjung ke Candi Prambanan kini sangat mudah, karena sudah tersedia transportasi TransJogja. Dengan biaya yang cukup murah (hanya Rp. 3000) namun nyaman, Anda sudah bisa sampai di lokasi ini. Jika Anda datang dari Bandara Adisucipto, bisa menggunakan TransJogja jalur 1A atau 1B tujuan Prambanan. Kemudian turun di Pasar Prambanan, dilanjutkan dengan berjalan kaki. Cukup mudah bukan?

Bagi Anda yang mengunjungi Malioboro terlebih dahulu, bisa menggunakan Transjogja 1A untuk menuju Candi Prambanan. Dari Malioboro juga bisa menuju Candi Borobudur dengan menggunakan TransJogja 2A, berhenti di terminal Jombor dan dilanjutkan dengan bis tujuan Borobudur (ongkos sekitar 10 ribu dengan lama perjalanan 1 jam). Jadi terbayangkan jika ingin mengunjungi kedua candi ini menggunakan kendaraan umum?

Well, kembali ke Candi Prambanan. Di sini terdapat 3 candi utama yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiganya merupakan lambang trimurti dalam kepercayaan Hindu. Memasuki Candi Siwa yang bangunannya paling tinggi, Anda akan menemukan 4 buah ruangan, yaitu ruangan pertama dan utama berisi arca Siwa, ruangan selanjutnya bierisi arca Durga, arca Agastya, dan arca Ganesha.

Candi Prambanan

Kompleks Candi Prambanan

Wisata candi prambanan bisa dilanjutkan dengan mengunjungi Candi Wisnu yang terletak sebelah utara Candi Siwa dan Candi Brahma yang terletak sebelah selatan Candi Siwa. Di kedua candi ini, Anda akan menemukan ruangan yang berisi arca Wisnu dan arca Brahma. Ada juga candi pendamping yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Candi Garuda yang letaknya dekat dengan Candi Wisnu.

Sejarah Candi Prambanan

sejarah candi prambanan

Patung roro jonggrang, yang menurut legenda sejarah candi prambanan ini merupakan sosok roro jonggrang yang dikutuk menjadi batu (foto oleh: taufiq)

Agar wisata Anda menjadi semakin berkesan, ada baiknya mengetahui juga sejarah candi Prambanan. Bangunan ini dibangun pada abad ke-10 dengan tinggi 47 meter atau 5 meter lebih tinggi daripada candi Borobudur. Candi prambanan dibangun pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.

Menurut legenda candi prambanan yang berkembang di masyarakat Jawa, ada seorang lelaki bernama Bandung Bondowoso yang mencintai Roro Jonggrang. Untuk meluluhkan niat Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang mengajukan syarat yang cukup sulit yaitu membangun 1000 arca dalam satu malam.

Namun dengan kekuatan cinta dan kesaktian yang dimilikinya, Bandung Bondowoso mampu membangun 999 arca sebelum dihentikan oleh siasat Roro Jonggrang yang meminta warga menumbuk padi dan membuat api besar sehingga terbentuk suasana pagi. Bandung Bondowoso yang mengetahui muslihat orang yang dikasihinya murka dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke-1000.

Tiket Masuk Candi Prambanan

Sekarang kita membicarakan tiket untuk masuk ke Prambanan. Sebenarnya, tiketnya cukup murah, untuk wisatawan lokal yang berusia 6 tahun ke atas tiketnya Rp. 30.000 bagi anak-anak wisatawan lokal berusia di bawah 6 tahun tiketnya cukup Rp. 12.500. Adapun bagi wisatawan mancanegara usia 6 tahun ke atas tiketnya Rp. 171.000 dan bagi anak wisatawan mancanegara di bawah usia 6 tahun tiketnya Rp. 85.500. Harga tersebut berlaku untuk hari biasa, libur nasional, Sabtu, dan Minggu.

Dengan biaya tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan wisata Candi Prambanan sampai puas. Dibandingkan dengan kecantikannya, biaya tersebut sebenarnya tidak sebepara. (GH)

Apabila anda tertarik untuk berkunjung ke bali, silakan baca ulasan tentang tempat wisata di Bali yang wajib anda kunjungi. Klik disini.

Share this post:

Related Posts

One Comment

  1. fajar says:

    Seluruh hal yang menyangkut mengenai kebudayaan indonesia adlah minat terbesar saya.Terima kasih telah memberikan pengetahuan yang lebih tentang indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Ekonomi Pertanian yang bisa anda kunjungi

Leave a Comment