Mari Berwisata di Taman Budaya Sentul



Taman Budaya Sentul sudah cukup lama dilirik masyarakat ibu kota sebagai wahana rekreasi yang menarik terutama untuk wisata keluarga. Taman Budaya Sentul bukan hanya sarana hiburan namun juga dapat dijadikan wahana edukasi terutama bagi anak-anak. Dengan luas sekitar 6 ha dan panorama 4 gunung (gunung Salak, Geulis, Gede, Pancar) yang mengelilinginya, Taman Budaya Sentul menawarkan empat wahana sekaligus yaitu adventure center, culture center, green center dan facility center.

Taman Budaya Sentul

Aktifitas Outbound di Taman Budaya Sentul (foto:tamanbudaya.co,id)

Taman Budaya Sentul dilengkapi dengan fasilitas outbound terbesar dan terlengkap di Indonesia dengan suasana alam yang segar dan menyenangkan. Outbound high ropes ini setidaknya memiliki 50 jenis permainan dari low hingga high impact dengan pemandu yang profesional. Untuk dewasa disediakan fasilitas outbound seperti vertical playvent, Burma bridge, giant swing, zig zag log step dan sebagainya. Sementara untuk anak, disediakan fasilitas seperti gladiator ring, log swing, balance beam, dan sebagainya.

Taman Budaya Sentul merupakan tempat yang pas bagi mereka yang terikat dengan rutinitas kerja harian yang ingin mengendurkan otot tubuh dan menghilangkan kejenuhan. Anda dapat mencoba kegiatan fun games & team building yang disediakan di Taman Budaya Sentul. Bahkan pengelola juga menyediakan program serupa bagi perusahaan atau komunitas yang hendak melakukan acara outing. Dijamin outing yang diadakan bakal seru, asyik, namun sarat dengan materi pengembangan diri.

Taman Budaya Sentul

Permainan Paintball di Taman Budaya Sentul (foto:tamanbudaya.co.id)

Permainan yang tidak kalah menarik adalah paintball. Bagi Anda yang menyukai aktifitas yang menggunakan strategi, kecepatan, dan kerja sama tim wajib mencoba paintball yang ada di Taman Budaya Sentul ini. Anda dapat menggunakan lokasi dengan nuansa alam ataupun medan yang berupa gurun. Dengan fasilitasnya yang cukup lengkap, dijamin sisi ‘liar’ Anda akan tersalurkan dengan baik. It’s paintball war games.

Ingin berkemah dengan keamanan yang terjamin? Taman Budaya Sentul menyediakan kawasan untuk berkemah, menyatu dengan kehidupan di alam terbuka. Soal pemandangan tidak usah hawatir, kawasan perkemahannya sangat asri dan dikelilingi pegunungan. Malam menjelang, kegiatan api unggun akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Sambil menikmati lezatnya jagung bakar, kegiatan berkemah akan menjadi liburan berkesan di antara padatnya rutinitas harian. (Baca Juga: Petualangan Seru di Taman Safari Indonesia)

Sebagai kawasan wisata pendidikan, Taman Budaya Sentul juga menyediakan wahana trekking atau ekowisata. Pengunjung yang mencoba wahana ini akan dibawa menikmati keindahan dan keasrian alam yang menakjubkan. Melewati desa tradisional, perkebunan dan persawahan, masyarakat yang sedang bertani hingga menyaksikan keindahan panorama air terjun Gunung Pancar. Lelah melakukan perjalanan, wisatawan akan disajikan makan siang dengan pemandangan air terjun dan hutan pinus yang mengelilinginya.

Selain kegiatan adventure, aktifitas lain yang terdapat di Taman Budaya Sentul adalah hal-hal yang berbau budaya seperti melukis, membatik, cly making dan cly creation. Untuk melukis,  digunakan media seperti tas, tshirt, lampion, layang-layang dan lainnya. Untuk melatih kreatifitas, Anda juga dapat memberi keleluasaan kepada anak-anak untuk melakukan aktiftas clay making atau membuat kerajinan dari tanah liat. Hal ini terdiri mulai dari memilih bentuk hiasan hingga proses pembuatannya, dipandu oleh mereka yang sudah berpengalaman.

Menuju Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul

Penunjuk Jalan Menuju Taman Budaya Sentul (foto:bosmobil.com)

Taman Budaya Sentul terdapat di Jl. Siliwangi, Sentul Selatan, Bogor. Untuk menuju lokasi wisata, jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan yang datang dari Jakarta dapat menggunakan akses tol Jagorawi kemudian keluar dari pintu tol Sentul Selatan. Dari sana, lokasi wisata tidak berapa jauh.

Bisa juga menggunakan kendaraan umum dengan patokan stasiun Bogor, jika menggunakan kereta. Dari Botani square menggunakan Trans Pakuan sampai di Bellanova Country Mall atau jika datang dari sekitar Jakarta bisa menggunakan Shuttle bus yang berakhir di bukit Sentul. Selamat berwisata! (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment