Liburan Seru di Kebun Raya Bogor



Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang paling menarik untuk dikunjungi. Luasnya yang mencapai 87 hektar ditambah dengan ribuan koleksi pohon dan tumbuhan selalu menjadi pilihan destinasi wisata terutama di hari sabtu dan minggu. Buktinya, tempat tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Kebun Raya Bogor

Pentunjuk Arah di Kebun Raya Bogor

Pada awalnya, Kebun Raya Bogor (KRB) adalah hutan buatan yang didirikan pada masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi (1474-1513) dari kerajaan Sunda. Hal tersebut setidaknya terabadikan pada prasasti Batutulis.

Kemudian pada awal abad ke-18 seorang Gubernur Jenderal bernama Thomas Stamford Raffles yang tinggal di Istana Bogor mengembangkan kembali halamannya menjadi kebun yang cantik bergaya Inggris. Inilah yang disebut para ahli sebagai awal mula pengembangan Kebun Raya Bogor hingga nampak seperti saat ini.

Berdirinya Kebun Raya Bogor merupakan angin segar bagi perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia saat itu. Tidak lama sejak KBR dikukuhkan secara resmi tahun 1817, lahir beberapa institusi ilmu pengetahun seperti Bibliotheca Bogoriensis tahun 1842, Herbarium Bogoriense tahun 1844, Kebun Raya Cibodas tahun 1860, Laboratorium Treub tahun 1884, dan Laboratorium Zoologi tahun 1894. (Baca Juga: Tempat Wisata di Bogor Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi)

Seiring berjalannya waktu, kini Kebun Raya Bogor menjadi tempat wisata di Bogor yang paling menarik dan tidak pernah dilewatkan oleh wisatawan yang mengunjungi kota hujan ini. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan disuguhkan dengan 15.000 spesies tanaman dan sekitar 50 jenis burung dan kelelawar. Wisatawan yang menyukai tanaman anggrek, di sinilah surganya. Di sini terdapat rumah anggrek yang berisi sekitar 3000 jenis anggrek yang bisa dinikmati keindahannya.

Kebun Raya Bogor

Pohon Yang Rindang di Kebun Raya Bogor

Ketika panduanwisata.net mengunjungi tempat wisata ini, pohon-pohon yang menjulang tinggi dengan ukuran yang besar berjejer rapi dengan tanda pengenal di setiap pohonnya. Udara segar pun menghampiri menggantikan kepenatan pikiran dari rutinitas harian yang cenderung membosankan. Sangat menyenangkan. Jangan salah, pohon-pohon di sini sudah berumur ratusan tahun. Wajar saja jika bentuknya sangat besar dan tinggi. Jadi, mengunjungi Kebun Raya Bogor selain untuk berwisata juga mengenal pohon-pohon yang sangat mungkin tidak kita ketahui sebelumnya.

Masih membicarakan soal tanaman, salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan di Kebun Raya Bogor adalah saat mekarnya bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi). Bunga ini terkenal unik karena memiliki ukuran yang besar dan ketika berbunga akan mengeluarkan bau busuk. Oleh karena itu lah bunga ini disebut bunga bangkai.

Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Kebun Raya Bogor adalah museum zoologi. Ketika akan masuk ke dalam museum, wisatawan akan disambut kerangkan ikan paus yang ukurannya luar biasa besar. Di sini wisatawan dapat melihat replika binatang-binatang yang ada di Indonesia mulai dari jenis serangga, reptil, unggas, cacing, hingga mamalia. Kebun Raya Bogor memang tepat sebagai wahana edukasi terutama bagi anak-anak yang ingin mengetahui jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia. Jangan lupa juga mengunjungi tempat-tempat lain seperti taman sudjana kassan, taman mesiko, tugu lady Raffles dan beberapa tugu lain yang terdapat di sini.

Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Suasana Yang Hijau dan Asri di Kebun Raya Bogor

Mengunjungi tempat wisata ini, wisatawan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan biaya tiket masuk kebun raya bogor sebesar Rp. 9.500,00 per orang, mobil Rp. 15.000,00 dan motor Rp. 3.000,00 sudah bisa menikmati keindahan dan kesejukan Kebun Raya Bogor. Mengenai transportasi, wisatawan tidak usah hawatir, karena letaknya di tengah kota Bogor, banyak kendaraan umum yang melewatinya. Bisa menggunakan kereta api kemudian disambung dengan angkutan umum yang melewati tempat wisata ini.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dapat melalui tol dan keluar di pintu tol Bogor. Belok kanan menuju jalan Pajajaran kemudian di Tugu Kujang belok kiri menuju jalan Otto Iskandar Dinata. Dari sana, pintu gerbang Kebun Raya Bogor dengan gagah menyambut Anda. Selamat berwisata! (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment