Kekayaan Laut Indonesia di Seaworld Ancol



Seaworld Ancol merupakan akuarium air laut terbesar se-Asia Tenggara. Seaworld yang terletak di komplek Ancol, memiliki luas sekitar 3 hektar dengan bangunan utama mencapai 4.500 meter persegi. Seaworld Ancol merupakan tempat yang cocok bagi wisatawan untuk mengetahui kekayaan laut Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga pulau Rote.

Seaworld Ancol

Seaworld Ancol (foto:nutrisijiwa.com)

Siapapun tidak menyangkal, Indonesia adalah negara maritim dengan luas lautan mencapai dua pertiga dari total luas Indonesia. Indonesia dalam angka bisa dijabarkan sebagai berikut; Indonesia sebagai negara kepulauan dengan lebih dari 17.504 pulau, dengan rentang garis pantai mencapai 81.290 km dan luas lautan mencapai 5.800.000 km persegi. Indonesia yang membentang dari barat ke timur sudah tidak diragukan lagi memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah.

Seaworld Ancol memiliki peran penting sebab hadir sebagai wahana edukasi dan wisata tentang kekayaan laut Indonesia. Ibaratnya, untuk melihat keragaman budaya bangsa ini, datanglah ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), namun untuk menyaksikan keragaman kekayaan laut, Anda harus datang ke Seaworld Ancol.

Seaworld Ancol

Akuarium Hiu di Seaworld Ancol

Kekayaan Seaworld Ancol tidak perlu diragukan. Seaworld memiliki berbagai koleksi mulai dari biota air tawar, terdiri dari 22.000 ekor ikan, 28 reptil sampai biota air laut yang terdiri dari 5.180 ekor ikan, 79 avertebrata, 30 reptil dan 1 mamalia.

Hewan unik laut bisa Anda temukan di sini, sebut saja ikan duyung, gurita pasifik raksasa, kepiting laba-laba, hingga ikan nanas yang hidup di suhu yang sangat dingin. Kekayaan alam bawah laut ini lah yang menjadi magis bagi wisatawan untuk mengunjungi Seaworld Ancol.

Seaworld memiliki beberapa atraksi yang dibagi menjadi atraksi di akuarium utama, akuarium hiu, kolam sentuh, atraksi duyung, dan aquArapaima. Di akuarium utama, pengunjung dapat melihat ribuan spesies ikan laut yang ada di Indonesia. Ukuran akuarium utama ini juga tidak main-main, mencapai 6 x 24 meter yang berisi 5 juta liter air asin. Pantas saja jika akuarium ini dinahbiskan sebagai yang terbesar di Asia Tenggara.

Seaworld Acol

Lorong Antasena di Seaworld Acol

Pengalaman yang tidak boleh dilewatkan adalah ketika Anda berjalan di lorong bawah air atau lorong antasena. Panjang lorong ini sekitar 80 meter. Pengunjung tidak perlu berjalan melihat-lihat isi akuarium, lorong ini sudah dilengkapi alat otomatis seperti eskalator. Menariknya, lorong ini menggunakan kubah tembus pandang sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan bawah laut benar-benar dari bawah laut. Menarik bukan? Seakan-akan kita sedang ‘diperjalankan’ menuju alam bawah laut yang sarat dengan kekayaannya.

Selain terowongan bawah laut, Seaworld Ancol dilengkapi dengan berbagai fasilitas kelas dunia seperti aquacity, aquascape, swampland, lingsang, menyelam, terapi ikan, anjungan, perpustakaan, museum, restoran, pusat cinderamata, dan fasilitas umum seperti toilet, mushala, dan tempat parkir. Seaworld juga menyediakan fasilitas untuk acara pernikahan, pesta ulang tahun, maupun kegiatan gathering lainnya.

Momen yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi tempat wisata ini adalah pemberian makan di berbagai akuarium yang ada. Atraksi pemberian makan di akuarium utama dilakukan setiap pukul 11:00 wib dan 15:30 wib untuk hari kerja. Pemberian makan ikan hiu dilakukan pada pukul 14:00 wib untuk hari kerja dan pukul 15:00 wib untuk hari sabtu dan minggu. Jika Anda ingin melihat pengelola memberi makan ikan duyung, lihatlah pada pukul 09:15 wib, 11:30 wib, atau pukul 14:30 wib di hari kerja.

Tiket Seaworld Ancol

Untuk mengunjungi kawasan wisata ini, pengunjung akan dikenakan tiket sebesar Rp. 100.000 (Seratus ribu) untuk hari kerja dan hari libur. Jika datang secara rombongan (minimlah 25 orang), tiket lebih murah lagi menjadi Rp. 72.000 untuk publik di hari kerja. Sedangkan di hari libur dikenakan biaya sebesar Rp 76.500. Untuk pelajar, dikenakan biaya sebesar Rp. 56.000 di hari kerja. Adapun di hari libur, pelajar dikenakan biaya sebesar Rp. 63.000. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment