Kebun Binatang Bandung, Wisata Favorit Keluarga



Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu objek wisata favorit di Kota Kembang. Tempat ini acap kali menjadi tempat favorit wisata keluarga pada setiap akhir pekannya. Selain sebagai wahana rekreasi, wisata ke Kebun Binatang Bandung juga bisa menjadi wahana edukatif untuk menambah pengetahuan, khususnya tentang keanekaragaman fauna.

Kebun Binatang Bandung

Suasana Kebun Binatang Bandung Saat Ramai Pengunjung (foto:bandung.bisnis.com)

Sejarah Kebun Binatang Bandung bermula sejak tahun tahun 1930. Yup, pada tahun 1930 Kebun Binatang bandung didirikan, memiliki luas lahan sekitar 13,5 hektare dengan komposisi 18,25% untuk area ‘rumah’ hewan, 55,20% untuk area pertamanan, 4,7% untuk taman bermain dan kolam perahu, sekitar 2,4% untuk keperluan pengelolaan sampah dan sisanya digunakan untuk berbagai bangunan seperti masjid, jalan, kantor, akuarium dan sebagainya. (Baca Juga: Wisata Keluarga di Kebun Binatang Ragunan)

gambar Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung (foto:jotravelguide.com)

Kebun Binatang Bandung juga memiliki cukup banyak koleksi, sekitar 213 jenis  yang terdiri dari 79 jenis satwa yang dilindungi dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi, dari dalam atau luar negeri. Ditambah lagi koleksi satwa setiap harinya terus meningkat, baik karena berkembang biak atau pun didatangkan dari luar.

Biasanya, para pengunjung berkeliling, menelusuri sudut-sudut Kebun Binatang untuk melihat-lihat koleksi satwa yang sangat variatif. Bentuk topografinya yang bergelombang, menjadikan Kebun Binatang Bandung unik dan tidak membosankan saat berkeliling.

Pengunjung juga bisa mengenali nama hewan (termasuk bahasa latinnya), habitat serta makanannya dari identitas yang sudah ada di setiap kandang. Untuk beberapa hewan yang jinak, pengunjung diperbolehkan memberinya makanan secara langsung. Hal ini memberikan rasa berbeda, dibanding dengan hanya menontonnya saja.

Menariknya, Kebun Binatang Bandung tidak hanya menyediakan koleksi satwa. Ada taman yang cukup luas yang biasanya digunakan pengunjung menggelar tikar untuk  melepas lelah setelah berkeliling melihat koleksi satwa. Sambil membuka bekal yang dibawa, makan bersama keluarga di taman Kebun Bintang ini menjadi sangat menyenangkan. Ditambah dengan suasana yang terasa sejuk karena dipayungi pohon-pohon rindang yang usianya sudah ratusan tahun.

Kebun Binatang Bandung

Pengunjung Yang Sedang Menikmati Wahana Air di Kebun Binatang Bandung (foto:susankrisanti.wordpress.com)

Pengunjung juga bisa menikmati wahana bebek kayuh atau sepeda air mengelilingi kolam yang cukup luas. Untuk anak usia di bawah 10 tahun, Kebun Binatang Bandung juga menyediakan taman bermain anak yang berisi balon loncat, ayunan dan permainan lain seperti yang ada di taman kanak-kanak. Rekreasi ke Kebun Binatang Bandung nampaknya tidak akan sempurna tanpa menikmati tantangan flying fox. Menarik bukan?

Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan di Kebun Binatang Bandung dengan angel dan objek yang menarik. Pengunjung bisa leluasa berfoto bersama sanak keluarga dengan back ground keindahan panorama Kebun Binatang Bandung atau berpose sambil menunggang beberapa satwa seperti kuda, gajah atau pun jerapah dengan mengelilingi track yang sudah ditentukan.

Menuju Kebun Binatang Bandung

Untuk mengunjungi Kebun Binatang Bandung, pengunjung tidak akan kesulitan. Pasalnya lokasi Kebun Binatang Bandung berada di wilayah strategis, berdekatan dengan Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) atau lebih tepatnya di Jl. Kebun Binatang no. 6 Taman Sari, Kota Bandung. Pengunjung bisa masuk  melalui salah satu dari tiga pintu gerbang, tapi bagi yang membawa kendaraan disarankan memilih gerbang ketiga karena lokasinya cukup nyaman dan luas untuk parkir dibandingkan gerbang lainnya.

Selain lokasi yang mudah dijangkau, harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung yang relatif murah juga menjadi nilai lebih dari objek wisata ini, yaitu Rp 20.000/orang untuk usia di atas 3 tahun. Dengan beberapa keunggulan yang telah disebutkan, Kebun Binatang Bandung sangat layak untuk menjadi pilihan wisata keluarga atau pun study tour anda semua. Selamat berwisata! (ls)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment