Gunung Bunder, Wisata Alam Menarik di Bogor



Gunung Bunder merupakan tempat wisata di Bogor yang memiliki eksotisme luar biasa. Tidak kalah menarik dengan kawasan puncak yang selalu menjadi magnet bagi wisatawan luar kota terutama dari ibu kota. Gunung Bunder terletak di kecamatan Pamijahan, Bogor. Gunung Bunder berada di ketinggian 750-1.050 dpl (di atas permukaan laut).

Apa yang membuat Gunung Bunder menarik untuk dikunjungi? Panduanwisata.net akan memandu Anda menelisik siku-liku Gunung Bunder sebelum mengunjunginya langsung di sela-sela wisata Anda.

Gunung Bunder

Gerbang Masuk Kawasan Gunung Bunder

Sebagaimana dataran tinggi Bogor lainnya, Gunung Bunder terkenal dengan udaranya yang sejuk, pemandangan alam yang hijau, dan suasana yang sangat menentramkan. Karena itulah Gunung Bunder banyak dikunjungi wisatawan baik hanya untuk menikmati panorama alamnya, maupun berkemah dan menginap di sana. Inilah salah satu keunikan lain Gunung Bunder, terdapat bumi perkemahan yang sering digunakan berkemah oleh para pencinta alam.

Gunung Bunder

Suaasana Jalan Yang Rindang dan Sejuk d Kawasan Gunung Bunder Pasti Akan Membuat Anda Ingin Berlama-lama di Kawasan Ini

Bumi perkemahan di sini cukup eksotis sebab dikelilingi oleh pohon pinus. Hal ini menambah kesejukan alam selain memang udaranya yang benar-benar sejuk. Fasilitas perkemahan pun terhitung cukup lengkap terutama untuk kegiatan outbound dan kegiatan luar ruang lainnya. Jika Anda tinggal di sekitar Jabodetabek, tidak ada salahnya melakukan kegiatan outbound di Gunung Bunder ini.

Gunung Bunder

Salah Satu Tim Panduanwisata.net Saat Menungujungi Salah Satu Curug di Gunung Bunder

Tidak hanya udara sejuk dan rimbunnya hutan pinus yang akan didapatkan wisatawan, Gunung Bunder menawarkan panorama alam lain yaitu berupa air terjun yang dikenal masyarakat setempat dengan nama curug. Beberapa curug terdapat di sini, dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Namun yang jelas, berada di air terjun, udara segar bercampur bulir-bulir air yang beterbangan akan menerpa wajah Anda. Jika sudah demikian, tidak ada alasan untuk tidak menceburkan diri di segarnya air terjun.

Beberapa curug yang terdapat di gunung bunder di antaranya Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, dan Curug Seribu. Curug Cihurang letaknya sangat strategis karena tidak terlalu jauh dari jalan raya. Selain itu, terdapat kolam untuk berenang. Namun demikian, curug ini tidak terlalu tinggi. Jadi, jika ingin melihat curug yang lebih tinggi, mari kita kunjungi curug lainnya.

Curug lain yang lebih menarik untuk dikunjungi adalah Curug Seribu. Lokasi curug ini memang lebih jauh dari pintu masuk. Treck-nya pun cukup sulit. Oleh karena itu, jika ingin mengunjungi curug ini sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu seperti sepatu gunung, ransel dan beberapa kebutuhan penting seperti obat-obatan dan air mineral. Curug Seribu memang bisa dikatakan sebagai curug paling bagus dan tinggi. Wuih, kebanyang nggak gimana rasanya mandi di air terjun ini setelah capek melakukan perlajalanan? Dijamin, muantep.

Curug lain yang cukup moderat, artinya pemandangannya indah namun jaraknya tidak terlalu jauh, adalah Curug Cigamea. Jarak dari pintu masuk tidak terlalu jauh namun curug ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dibanding Curug Seribu. O ya, di sini sebetulnya terdapat dua curug, yang keduanya sama-sama menawan. Curug ini juga lebih ramai dibandingkan Curug Seribu.

Ada satu spot lain yang menarik untuk dikunjungi yaitu Kawah Ratu. Namun untuk menuju kawah ini, wisatawan harus melakukan trekking sejauh 14 km dari bumi perkemahan. Bagi wisatawan yang sudah siap, silahkan melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Bunder. O ya, untuk tiket dikenakan sangat terjangkau baik di pintu masuk maupun di beberapa curugnya. Fasilitas yang tersedia juga sudah lengkap seperti villa dan penginapan lain.

Menuju Gunung Bunder

Untuk menuju lokasi wisata ini dapat melalui tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Bogor Baranangsiang. Kemudian ambil kanan menuju kebun raya Bogor. Patokan untuk menuju Gunung Bunder adalah melewati kampus IPB Dramaga (Bukan IPB dekat kebun raya). Dari IPB Dramaga lurus terus menuju Cibanteng, Ciampea, kemudian belok kiri memasuki wilayah Gunung Bunder. Dari sana sudah banyak petunjuk jalan menuju Gunung Bunder.

Selamat berwisata!

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment