Gili Trawangan, Tempat Wisata yang Semakin Mendunia



Gili Trawangan semakin hari semakin populer di kalangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Terutama wisatawan mancanegara, mereka kini tidak hanya mengunjungi Bali sebagai tujuan wisata, tapi mereka pun banyak menikmati keindahan pantai di Lombok, salah satunya Gili Trawangan. Gili Trawangan yang masuk dalam kawasan Desa Gili Indah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, memang menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Apa saja yang dapat dinikmati dari kemolekan pantai ini? panduanwisata.net akan memandu Anda untuk mengetahui lebih jauh tempat wisata yang satu ini.

Pantai Gili Trawangan

Keindahan Pantai Gili Trawangan (foto:gt-tour-lombok.blogspot.com)

Well, bagi Anda yang hobi diving, inilah surga yang bisa dinikmati keindahan alam bawah lautnya. Gili Trawangan dikenal dengan alam bawah lautnya yang eksotis, indah tiada tara. Banyak spot diving yang ada di sekitar Gili Trawangan yang memiliki keunikan tersendiri, di antaranya Shark Point, Simons Reef, Coral Fan Garden, Deep Turbo, Trawangan Slope, Jack Point, Bounty Reef, dan masih banyak lagi. Tidak jarang, penyelam yang beruntung akan bertemu dengan ikan nemo atau ikan badut yang berenang bak seorang penari gemulai. Dengan air yang jernih berwarna kebiru-biruan, berbagai terumbu karang yang berwarna warni dapat disaksikan di kedalaman laut Gili Trawangan.

Terkait jasa penyedia diving, wisatawan tidak perlu hawatir sebab kebanyakan sudah memiliki lisensi internasional. Setiap operator biasanya memiliki spot unggulan yang ditawarkan kepada wisatawan. Bagi wisatawan yang tidak ingin menyelam, jangan hawatir sebab kemolekan alam bawah laut Gili Trawangan bisa disaksikan dari atas kapal dengan menyewa glass bootom boat atau dengan snorkeling (menyelam di permukaan).

Panta Gili Trawangan

Panta Gili Trawangan yang Terkenal Sangat Jernih (sumber foto: pantai.org)

Inilah kelebihan lain dari Gili Trawangan. Pulau ini memiliki pantai yang menghadap barat dan timur dengan jarak yang tidak terlalu jauh, bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Walhasil, Gili Trawangan sangat cocok untuk menikmati keindahan alam ketika sunrise dan sunset. Di sebelah barat pulau, terdapat sunset view yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari menjelang matahari terbenam. Di sini juga terdapat warung yang menjual minuman dan makanan ringan yang akan menemani waktu senja Anda yang indah.

Jika sedang beruntung, wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan kesenian bela diri tradisional suku Sasak yang bernama presean atau stick fighting. Kesenian ini biasanya dipertontonkan di sekitar area pasar seni Gili Trawangan. Kesenian khas Lombok ini diperagakan oleh dua orang petarung yang masing-masing membawa tongkat dan tameng yang terbuat dari kulit yang juga disebut Ende. Untuk memeriahkan suasana, pertunjukan ini biasanya diiringi dengan musik tradisional Lombok dan seorang komentator yang juga memeriahkan acara. Wisatawan yang berminat pun biasanya diizinkan untuk mengikuti kesenian ini.

Rute Menuju Gili Trawangan

Gili Trawangan

Giligili Fastboat, salah satu penyedia fastboat menuju gili trawangan (sumber foto: gilitrawangan.asia)

Rute menuju Gili Trawangan cukup mudah. Wisatawan bisa mengunjungi tempat ini melalui Bali atau melalui Lombok. Dari Bali, perjalanan dapat ditempuh dengan fast boat melalui pelabuhan Padang Bai atau pelabuhan fast boat lain yang jaraknya tidak terlalu jauh. Berkunjung ke Gili Trawangan melalui Bali tentu saja Anda dapat menikmat keindahan tempat wisata di Bali yang sudah sangat terkenal itu. (Baca Juga: Tempat Wisata di Bali Yang Wajib Dikungjungi)

Jika melalui Lombok, ada dua alternatif jalur yang bisa dilewati yaitu melalui pelabuhan Bangsal dan pelabuhan Teluk Kodek (Senggigi). Pelabuhan Bangsal merupakan jalur penyebrangan reguler bagi masyarakat sekitar menuju Gili Meno, Gili Air, maupun Gili Trawangan. Harus diakui, walaupun menyebrang melalui pelabuhan ini lebih murah, namun kurang aman dan nyaman bagi wisatawan. Pilihan selanjutnya adalah melalui pelabuhan Teluk Kodek. Melalui jalur ini, wisatawan dapat pula menyaksikan keindahan pantai senggigi. Kelebihan lainnya, jalur ini lebih aman bagi wisatawan dan merupakan jalur utama penyebrangan fast boat dari Bali yang menuju destinasi wisata yang ada di Lombok termasuk Gili Trawangan.

Mengunjungi Gili Trawangan, wisatawan dijamin tidak akan kecewa dengan panorama dan berbagai daya tariknya. Jika badan sudah merasa lelah, Anda dapat beristirahat di sekitar pantai sambil menyaksikan kokohnya gunung Agung di Bali dan gunung Rinjani di Lombok dari kejauhan. Jangan salah, kedua tempat tersebut juga menggoda untuk dikunjungi. Suatu saat, panduanwisata.net akan memandu Anda mengetahui destinasi wisata yang menarik di kedua tempat tersebut. Selamat berwisata! (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment