Gili Nanggu, Pulau Surga di Selat Lombok



Gili Nanggu merupakan salah satu pulau kecil di Lombok yang memiliki daya pikat yang tidak kalah dahsyat dibandingkan Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Gili Nanggu yang secara administratif berada di wilayah kecamatan Sekotong, Lombok Barat, dikenal memiliki keunggulan tertentu dibandingkan gili lain yang lebih memiliki nama.

Gili Nanggu

Gili Nanggu (foto:ugamatravelumroh.com)

Tidak seperti tiga gili sebelumnya yang telah terukir namanya di jagat pariwisata dunia, Gili Nanggu terhitung pulau yang masih ‘perawan’ dan belum banyak dijamah wisatawan.

Jangan mengira di gili ini ada kendaraan. Gili ini benar-benar masih ‘virgin’ karena tidak tersentuh dengan polusi udara sama sekali. Bahkan penjual asongan pun tidak akan Anda temukan di sini.

Gili Nanggu yang berada di selat Lombok ini memiliki keunikan berupa pasir pantai yang sangat bersih. Pasir pantai yang berwarna putih ini harus diakui lebih bersih dan lebih halus dibandingkan dengan pasir pantai di tempat lain. Belum lagi pantainya yang berwarna biru dan ombaknya yang tenang, begitu menggoda untuk dielaborasi sambil dihayati bahwa semua itu adalah wujud nyata kreasi Tuhan di bumi Nusantara.

Gili Nanggu

Gili Nanggu (foto:lokasiwisata.info)

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pantai seindah Gili Nanggu. Anda dapat menceburkan diri di birunya laut, atau memandangi keindahannya sambil menelusuri pulau yang tidak seberapa luas ini. Suasana Gili Nanggu juga lebih sunyi dibandingkan Gili Trawangan maupun Gili Meno. Namun itulah ternyata yang membuat wisatawan memiliki privasi lebih. Walhasil, mereka yang tengah berbulan madu akan sangat cocok berkunjung ke gili ini.

Snorkeling adalah aktivitas yang wajib dilakukan ketika mengunjungi Gili Nanggu. Tidak terlalu jauh dari bibir pantai, Anda sudah dapat menikmati keindahan alam bawah laut Gili Nanggu. Nikmati keindahan karangnya dan warna-warni ikan yang muncul-tenggelam di antara karang-karang.

Gili Nanggu

Snorkeling di Gili Nanggu (foto: trekkingrinjani.blogspot.com)

Ketika menyewa peralatan snorkeling, jangan lupa juga membeli roti di dalam botol yang biasanya dijual oleh penyewa peralatan. Roti ini akan sangat berguna untuk memancing ikan keluar. Siap-siap saja Anda dikerubungi ikan-ikan indah nan menggemaskan.

Gili Nanggu mempunyai dua titik utama untuk melakukan snorkeling. Pertama, di sisi timur pulau yang merupakan tempat ikan-ikan indah berkumpul dan bermain-main. Kedua, sisi selatan yang memiliki keunggulan berupa karangnya yang berwarna-warni dan sangat indah.

Snorkeling dapat dilakukan dari pagi hingga sore. Namun akan lebih menyenangkan jika melakukannya di siang hari saat matahari berada di pucuk cakrawala. Pada saat itu, arus dan angin laut tidak terlalu kencang. Selain itu cahaya matahari yang menembus birunya laut sangat bagus jika Anda ingin mengabadikan eksotisme bawah laut Gili Naggu di balik lensa.

Gili Nanggu

Pelepasa Penyu di Gili Nanggu (foto:gilinanggu.com)

Aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah menyaksikan panorama sunset dan sunrise. Jika sudah demikian, siapkan saja kamera Anda untuk membidik panorama yang eksotis. Jika sedang beruntung, Anda dapat menyaksikan proses pelepasan penyu ke lepas pantai. Di gili ini terdapat penangkaran penyu yang terbuka untuk umum.

Dalam hal fasilitas, pengelola gili sudah menyediakan fasilitas penginapan dengan konsep modern. Berbagai fasilitas pendukung juga disediakan seperti wahana watersports, jogging trek, dan perlengkapan diving serta snorkeling bagi wisatawan yang menginap di resort ini. Fasilitas yang tersedia sebanding dengan harga sewanya yang cukup mahal.

Menuju Gili Nanggu

Cukup mudah menuju lokasi wisata eksotis ini. Jika datang dari Mataram, Anda dapat melalui Pelabuhan Lembar, selanjutnya menggunakan perahu atau speedboat menuju Gili Nanggu. Jika Anda datang dari Bandara Internasional Lombok (BIL) dapat melalui rute Sekotong. Dari sana menyebrang menggunakan perahu atau speedboat sekitar 15 menit perjalanan. Selamat berwisata! (SK)

Share this post:

Related Posts

2 Comments

  1. ahook_ says:

    Yuhuu… masukka kedalam daftar aku deh.. tempat wisata yang kudu didatangi…

    @ahook_
    husinpeng.blogpspot.com

  2. mayang says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda , menurut saya pariwisata Gili sangatlah menarik untuk dikunjungi.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di Priwisata Indonesia

Leave a Comment