Daftar Tempat Wisata di Jogja Paling Lengkap



Tempat wisata di Jogja memiliki keindahan sebagaimana reputasi nama Jogjakarta dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Mengunjungi kota yang pernah menjadi Ibu Kota Ad Interim bagi Indonesia ini rasanya selalu mengguratkan kisah yang tidak ada habisnya. Daerah istimewa ini juga dari sisi wisata memiliki tempat wisata yang sangat lengkap.

Kali ini, panduanwisata.net akan mencoba mengurai tempat wisata di Jogja dari mulai wisata belanja, wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Dalam edisi kali ini, kami melihat tempat wisata di Jogja dari ketinggian pesawat, artinya kami membahasnya secara sangat umum. Semoga di lain kesempatan kami dapat membedahnya secara rinci bagi Anda para pembaca panduanwisata.net yang setia.

Wisata Belanja

Wisata belanja merupakan salah satu aktifitas yang paling menarik di Jogjakarta. Ada beberapa tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi untuk melakukan wisata belanja seperti Malioboro, Pasar Bringharjo, sentra kain tenun, pusat kerajinan perak kotagede, kerajinan gerabah kasongan, kerajinan kulit manding, sentra souvenir pernikahan, pusat kerajinan serat tumbuhan, kerajinan tas anyaman, dan pusat oleh-oleh khas Jogja.

Malioboro Salah Satu Tempat Wisata di Jogjakarta

Malioboro Salah Satu Tempat Wisata di Jogjakarta (foto:tempatwisatamu.com)

Wisata Alam

Tempat wisata di Jogja sangat beragam, salah satunya adalah yang berupa alam. Berikut adalah beberapa tempat wisata alam yang dapat Anda kunjungi untuk melakukan aktivitas wisata Anda; Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Siung, Pantai Depok, Pantai Kwaru, Pantai Indrayati, Puncak Kaliurang, Puncak ketep, Goa Selarong, Goa Cireme, Agrowisata Salak Pondoh, Hutan Wisata Wanagama, dan Arung Jeram Sungai Elo.

Pantai Indrayati

Pantai Indrayati (foto:indoturs.com)

Wisata Sejarah

Wisata sejarah di Jogja memiliki posisi yang cukup baik di mata wisatawan. Sebab didukung oleh ketersediaan peninggalan sejarah yang masih terawat dengan baik. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Jogja yang berupa wisata sejarah; Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Monumen Jogja Kembali (Monjali), Candi Prambanan, Candi Borobudur, Taman Sari, Museum Batik, Museum Sonobudoyo, Museum Gunung Merapi, Museum Ulen Sentanu, Museum Keraton, Museum Affandi, Candi Boko, Candi Kalasan

Tempat Wisata di Jogjakarta

Pengunjung Sedang Berfoto Di Bagian Atas Candi Borobudur Yang Merupakan Salah Satu Tempat Wisata di Jogjakarta

Wisata Kuliner

Mengunjungi sebuah tempat wisata rasanya tidak afdhal kalau tidak mencoba kuliner khas daerah tersebut. Untuk itu, panduanwisata.net memberikan Anda beberapa pilihan kuliner khas Jogja yang dapat Anda nikmati. Berkunjung ke Jogja, cobalah beberapa kuliner berikut; bakmi Jawa, Gudeg, soto Kadipiro, soto sawah, oseng-oseng mercon, mangut lele (sayur lele), dan brongkos atau jamu tradisional yang sehat dan alami.

Wisata Air Terjun

Tempat wisata di Jogja tidak hanya terdiri dari sejarah, alam, kuliner atau wisata belanja. Tapi juga terdapat beberapa air terjun yang layak untuk dikunjungi seperti; air terjun Gedangan, air terju Goa Cireme, air terjun Tlogomuncar, air terjun Sri Gethuk, air terjun Parangtritis, air terjun Jogan, air terjun Sidoharjo, curug Nglinggo, dan grojogan Watu Jonggol.

Wisata Keluarga

Ada beberapa tempat wisata keluarga di Jogja yang menarik untuk dikunjungi seperti kebun binatang Gembiraloka, alun-alun kidul, taman pintar, taman pelangi, bukit bintang, kids fun, gumuk pasir di pantai Samas dan Parangtritis. Wisata keluarga selalu menjadi tempat yang menyenangkan untuk mengisi waktu Anda bersama keluarga.

Itulah tempat wisata di Jogja yang dapat Anda kunjungi. Anda dapat menentukan tempat wisata mana yang akan dikunjungi. Kami juga tidak menutup kemungkinan ada tempat wisata yang belum dimasukkan. Yang jelas, Jogja tidak pernah kehabisan kata untuk bercerita tentang keindahan dan pesona wisatanya. Selamat berwisata! (SK)

Share this post:

Related Posts

One Comment

  1. Arjo says:

    Sangat banyak sekali destinasi wisata di Yogyakarta..ijin menambahkan :
    Arung Jeram Sungai Progo Bawah, Rute Baru arung jeram Jogja..:)

Leave a Comment