Daftar Pantai Lombok Paling Unik



Pantai Lombok merupakan salah satu andalan wisata di pulau yang terletak di kepulauan Sunda kecil atau Nusa Tenggara. Secara administratif, Lombok terdiri dari empat kabupaten dan satu kotamadya, yaitu kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara dan kotamadya Mataram. Keindahan pantai merupakan anugrah bagi pulau dengan luas sekitar 5.500 km persegi ini.

Sejumlah pantai sudah memiliki nama di mata wisatawan, namun sejumlah lainnya masih belum dikenal. Dalam kesempatan ini, panduanwisata.net akan menelusuri pantai-pantai Lombok yang sangat layak kunjung, unik, namun belum tersohor seperti pantai lain.

Pantai Mawun

Pantai Mawun adalah salah satu pantai Lombok yang sangat layak untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, warna lautnya berwarna biru dan berpasir putih. Pantai ini memiliki sebuah bukit yang seringkali didaki oleh para pengunjung. Dari bukit ini, pengunjung dapat menyaksikan pantai Mawun terbentang dengan keindahannya.

pantai lombok

Pantai Mawun (foto:tualangindonesia.blogspot.com)

Pantai Selong Belanak

Pantai Lombok

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak adalah pantai Lombok lain yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya dekat dari Pantai Mawun dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Cukup beberapa menit saja, Anda sudah bisa sampai di pantai ini. Pantai yang terletak di wilayah Lombok Tengah ini, memiliki eksotisme yang tidak kalah menarik dari pantai sebelumnya.

Pantai Selong Belanak memiliki bibir pantai yang landai dan cukup luas. Kondisi ini seringkali dijadikan sarana oleh wisatawan untuk bermain bola atau melakukan kegiatan olahraga lain. Jika Anda ingin menuju pantai ini, dapat menempuh perjalan sekitar satu sampai dua jam dari kota Mataram. Kondisi jalannya memang belum terlalu bagus. Namun pemandangan pantainya, tidak kalah bagus.

Pantai Segar

Pantai Segar sangat cocok sebagai tempat wisata. Namanya selaras dengan keindahannya. Pantai Lombok ini berada di sebelah timur Pantai Kuta, Lombok Tengah. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan Pantai Senggigi yang sudah sangat populer, warna lautnya berwarna biru kehijauan, debur ombaknya tidak terlalu besar dan pasir pantainya berwarna putih. Memandangi keelokan Pantai Segar terasa sangat sempurna bila disaksikan dari ketinggian bukti yang mengelilingi sekitar pantai ini.

Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk merupakan kawasan wisata pantai Lombok yang masih terdapat di wilayah Lombok Tengah. Yang sangat menarik dari pantai ini, selain keindahannya adalah ombaknya yang sangat cocok untuk melakukan surfing. Pantai ini memiliki lima spot surfing dari tingkat pemula hingga advance. Sepanjang bulan Oktober hingga April, di mana ketinggian ombak mencapai 4-6 meter, wisatawan mancanegara berbondong-bondong mengunjungi pantai cantik ini untuk menjajal kemampuannya berselancar ria.

Pantai Tanjung A’an

Pantai Tanjung A’an adalah pantai Lombok lain yang memiliki keunikan tersendiri. Mengunjungi pantai ini, cobalah bertelanjang kaki dan berjalan-jalan di bibir pantai. Anda akan merasakan tekstur pasir yang seperti merica. Ya, karena pasirnya yang seperti merica itu lah masyarakat sekitar menyebutnya pantai pasir merica. Pantai ini memang belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan, namun bukan berarti tidak menawarkan keindahan. Pantai ini sama indahnya dengan pantai lain di Lombok.

Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko, ini lah pantai yang menjadi surga bagi para pemancing. Pantai yang terletak di kawasan Batu Putih, kecamatan Sekotong, Lombok Barat, ini memiliki beberapa spot memancing yang sangat sayang untuk dilewatkan. Cobalah untuk berlayar sambil menyiapkan mata kail Anda, ikan tuna berukuran besar akan menyambut petualangan Anda. Jika sudah demikian, tidak ada alasan lagi kecuali menyemplungkan pancingan, sambil berharap-harap cemas umpan Anda akan segera disambar ikan.

Itulah beberapa pantai Lombok yang sangat menawan dan unik dengan berbagai kelebihannya. Jangan lupa kunjungi juga pantai-pantai yang sudah tersohor seperti Pantai Gili Nanggu, Gili Air, Gili Trawangan, Pantai Kuta Lombok ataupun Pantai Senggigi. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment