Cantiknya Kawah Putih Bandung



Kawah Putih Bandung adalah lokasi wisata yang terletak di selatan Bandung dimana lokasinya masuk ke dalam wilayah Kab. Bandung. Terletak di kawasan Ciwidey, kawah putih berbentuk danau yang merupakan hasil letusan gunung Patuha.

Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung

Para ahli mengatakan, kawah ini terbentuk akibat sebuah letusan besar yang terjadi sekitar abad ke-10 atau ke-12. Namun sayang, keindahan kawah ini baru terendus pada abad akhir abad ke-18. Wajar saja, karena masyarakat sekitar menganggap kawasan ini sebagai tempat yang sangat keramat bahkan menganggapnya angker. Jangankan manusia, burung saja tidak ada yang melewati kawasan ini. Kalaupun ada, burung tersebut mati.

Hingga akhirnya, mitos tersebut buyar oleh seorang warga Belanda yang menaiki puncak gunung Patuha. Ia penasaran mengapa tidak ada burung yang melewati kawasan tersebut. Rasa penasarannya bertambah besar ketika masyarakat setempat menyebutnya tempat keramat. Alangkah terkejutnya ia, ketika mencapai puncak gunung Patuha, ia melihat sebuah kawah yang sangat indah dengan warna putih kehijauan-hijauan.

Udara yang segar merupakan keunggulan yang ditawarkan kawah putih kepada wisatawan. Selain itu, tanah di sekitar kawah putih ternyata berwarna putih, berbentuk tanah kapur yang bercampur dengan belerang. Adapun warna airnya, putih kehijau-hijauan. Bahkan warnanya lebih terlihat putih di pagi hari, dan hijau toska pada siang hari. Inilah keindahan kawah putih Bandung, udaranya yang segar, warna kawahnya yang putih, kadang tertutupi kabut yang tipis, membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat wisata ini.

Di sekitar kawah tumbuh pohon-pohon yang tidak berdaun. Hal ini menjadi keunikan tersendiri dan menjadi pemanis bagi keberadaan kawah. Menengok ke sebelah utara danau, di sana terdapat tebing kapur yang kokoh, warna putihnya menjadi pelangkap bagi keindahan kawah. Mengunjungi kawasan wisata ini disarankan menggunakan masker agar bau belerang tidak terlalu menyengat hidung. (Baca Juga: Tangkuban Perahu, Ikon Wisata Masyarakat Sunda)

Kawah Putih Bandung

Pohon Yang Tumbuh Tanpa Daun Disekitar Kawah Putih Bandung (foto oleh: wisma bhayu)

Sambil menikmati keindahan kawah, wisatawan dapat mengabadikan kegiatannya di balik lensa, foto-foto. Banyak juga pengunjung yang datang ke salah satu tempat wisata di Bandung paling favorit ini dengan melakukan pra-wedding, melukis, membuat video clip atau film.

Ingin sedikit tantangan, Anda bisa berkuda atau menjelajahi kawasan kawah putih dengan berjalan kaki. Soalnya, selain kawah, di sini juga terdapat Goa yang konon peninggalan orang-orang Belanda, atau dikenal dengan nama Goa Belanda. Kawah putih Bandung dibuka untuk wisatawan dari pukul delapan pagi hingga pukul lima sore.

Wisatawan yang akan berkunjung ke kawah putih Bandung tidak usah hawatir soal penginapan. Wisatawan dapat menemukan beberapa penginapan sejenak sebelum memasuki kawasan kawah putih. Tidak jauh. Wisatawan dapat menentukan sendiri penginapan yang akan digunakan, tergantung budget yang dimiliki.

Menuju Kawah Putih

Mengunjungi lokasi wisata ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa keluar di pintu tol Kopo. Setelah itu, belok kanan menuju Jl. Kopo-Soreang. Tiba di Soreang, teruskan perjalanan menuju Ciwidey, hingga akhirnya tiba di kawasan kawah putih.

Anda juga bisa mengunjungi kawah putih menggunakan kendaraan umum. Jika Anda datang dari luar kota, atau daerah sekitar Bandung, patokan utama untuk menuju kawah putih adalah terminal Lewi Panjang. Dari terminal Anda bisa menggunakan bis atau mobil colt L 300 tujuan Lewi Panjang-Terminal Ciwidey. Setelah sampai di terminal Ciwidey, dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota (angkot) berwarna kuning tujuan Ciwidey-Situ Patenggang. Minta sama supir diturunkan di pintu gerbang kawah putih.

Karena jaraknya yang masih cukup jauh, dari pintu gerbang perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan khusus yang namanya ontang anting. Kendaraan ini akan mengantar Anda dari pintu gerbang menuju lokasi kawah. Selanjutnya, silahkan nikmati keindahan kawah putih sepuasnya. Selamat berwisata! (SK)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment