Batagor, Sajian Nikmat Wisata Kuliner Bandung



Wisata Kuliner Bandung cukup beragam. Selain rasanya yang dikenal nikmat, kuliner Bandung selalu memiliki keunikan. Bandung yang dikenal dengan inovasi dan kreatifitasnya, juga menular pada kuliner. Jangan heran, jika suatu kali mengunjungi kota kembang, di lain kesempatan sudah menjamur kuliner lain yang tidak kalah unik, menarik, dan tentu saja rasanya nikmat. Dijamin menggoyang lidah.

Wisata Kuliner Bandung

Batagor (foto:geokuliner.com)

Sajian panduanwisata.net kali ini khusus mengenai makanan khas Bandung yang sudah sangat dikenal yaitu Batagor alias Baso Tahu Goreng. Inilah salah satu tujuan wisata kuliner Bandung yang harus dinikmati. Tidak sah datang ke Bandung, jika tidak mencoba makanan yang satu ini. Makanan paling populer di kota kembang ini, ibaratnya, bisa ditemukan di setiap gang. Banyak sekali penjual yang menjualnya. Dari kelas emperan hingga kelas restauran menjual makanan khas Bandung ini.

Dari sekian banyak penjual batagor, ada beberapa tempat yang sudah masyhur ke seantero negeri. Bukan apa-apa, memang tempat-tempat tersebut dikenal luas karena rasanya yang lain dari yang lain. Batagor mana saja yang paling menarik dikunjungi? Yu kita intip satu persatu. (Baca Juga: Serunya Wisata Belanja di Cibaduyut)

Batagor Yunus

Batagor Yunus (foto:seratour.info)

Batagor Yunus

Batagor Yunus adalah batagor paling ternama di kota kembang. Tidak heran Batagor Yunus selalu menjadi buruan wisatawan yang ingin menikmati gurihnya wisata kuliner Bandung. Batagor Yunus dikenal dengan cita rasanya bumbu kacangnya yang pedas.

Namun bagi yang tidak suka pedas, ada juga bumbu kacang yang pas bagi mereka. Keunikan lain dari batagor Yunus adalah tidak menggunakan pangsit untuk somaynya. Sehingga somay di sini disebut cireng alias aci (tepung) digoreng. Karena memang bahannya hanya dari tepung kanji dengan campuran ikan.

Jika Anda ingin datang dan mencoba seabrek menu di Batagor Yunus, datanglah pada pukul 08:00 wib s/d 21:00 wib. Dengan harga 1.700/potong, tempat wisata kuliner Bandung yang terletak di Jl. Kopo No. 68 Bandung ini, selalu dipadati oleh pengunjung. Letaknya sangat strategis, dekat dengan terminal Leuwi Panjang. Jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan angkot Kebonkalapa-Leuwi Panjang dan angkot jurusan Soreang berwarna hijau.

Batagor Ihsan

Batagor Ihsan (foto:seratour.info)

Batagor H. Isan

Batagor H. Isan juga dikenal dengan rasanya yang enak. Sebagai salah satu wisata kuliner Bandung paling diminati, batagor H. Isan dikenal dengan bumbu kacangnya.

Di sini, batagor disajikan dengan tidak dipotong-potong. Justru ini menarik, karena cara makannya dengan menyelupkan batagor tersebut ke dalam bumbu kacang. Batagor H. Isan terletak di Jl. Bojongloa No. 38 Bandung dan di Jl. Cikawao No. 27A. Harga yang ditawarkan berkisar antara 1.500 s/d 8.500.

Jika ingin berkunjung ke kedai ini, datanglah pada pukul 08:00 wib s/d 19:00 wib. Jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan bus Damri tujuan Leuwipanjang – Dago, Leuwipanjang – Cicaheum, dan Leuwipanjang – Ledeng. Berhenti di Jl. Astana Anyar, kemudian naik angkot Cikudapateuh – Ciroyom atau Cibiru – Elang.

Batagor Riri

Batagor Riri (foto:seratour.info)

Batagor Riri

Batagor Riri adalah salah satu tempat wisata kuliner Bandung yang juga menarik untuk dikunjungi. Selain batagor, kedai ini menjual makanan lain seperti siomay, mie, bubur ayam, dan aneka minuman jus. Tapi tetap, kuliner andalannya adalah batagor. Harga batagor yang dikenakan sekitar Rp. 8.000 per biji.

Jika Anda ingin mencoba sajian nikmat Batagor Riri, datanglah ke Jl. Burangrang No. 41 Bandung. Bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan angkot Cicadas-Elang. Jam buka kedai ini dari pukul 09:00 wib s/d 20:00 wib.

Batagor Darto

Batagor Darto

Batagor Darto (foto:seratour.info)

Batagor Darto merupakan kedai batagor yang banyak dikunjungi pengunjung termasuk oleh kalangan selebriti Bandung. Jelas, Batagor Darto banyk dikunjungi karena rasanya yang nikmat. Sudah berdiri sejak tahun 1980-an, batagor andalan di kedai ini adalah batagor kuah dengan campuran ceker ayam. Tapi memang, untuk wisatawan luar Bandung biasanya memesan batagor dengan bumbu kacang.

Di kedai yang terletak di Jl. Simpang Dago no. 200 Bandung, batagor dijual seharga Rp. 2.500/potong. Cukup murah. Transportasi umum yang melewati tempat ini di antaranya angkot Sadangserang – Caringin, Kebonkalapa – Dago, Riung Bandung – Dago, dan Stasiun – Dago.

Itulah wisata kuliner Bandung berupa batagor yang dikenal lezat dan menggoyang lidah. Jika Anda belum pernah mencoba batagor kuah, cobalah memesannya. Setiap penjual, biasanya menyediakan menu batagor kuah. Dijamin nikmat. Selamat berwisata! (sk)

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment